Banyak Dicari! Jadi Social Media Specialist Kamu Mesti Miliki Keahlian-keahlian Ini!

Di era digital seperti sekarang ini, jenis pekerjaan memang makin beragam dan dinamis lho. Salah satunya profesi yang kini makin banyak diminati oleh kaum milenial adalah social media specialist. 

Sepuluh tahun lalu, social media specialist memang bukan jenis pekerjaan yang populer seperti sekarang ini. Berkembangnya startup besutan anak muda Indonesia maupun asing, lowongan pekerjaan social media specialist kini semakin banyak dibutuhkan dan diburu oleh fresh graduate atau yang berpengalaman. 

Apalagi sekarang ini yang namanya era digital tengah berkembang pesat sekali di Indonesia. Seperti dikutip dari Karir.com, Kamis, (9/1), profesi sebagai social media specialist mesti memiliki keahlian-keahlian berikut buat menunjang pekerjaannya. 

Nah kamu yang berminat buat menjalani profesi ini ada baiknya nih membaca artikel berikut. Keahlian-keahlian apa saja sih yang mesti dimiliki oleh seorang social media specialist? Yuk baca selengkapnya di bawah ini. 

Baca juga: 4 Profesi Seru dan Paling Menjanjikan untuk Kamu Generasi Milenial

Sebagai social media specialist mesti memiliki kemampuan storytelling

social media specialist
Storytelling yang baik bakal menunjang kamu sebagai anak social media specialist nih, (Ilustrasi/Shutterstock).

Storytelling merupakan salah satu keahlian yang mesti dimiliki oleh seorang social media specialist. Kemampuan bercerita yang baik sangat dibutuhkan nih bagi kamu yang pengin menekuni profesi ini. 

Setiap harinya kamu bakal posting buat kepentingan social media perusahaan dan setiap caption mesti memiliki nilai untuk pengikut atau followers. Kemampuan ini bisa kamu asah dengan sering membaca referensi bacaan. 

Setiap bacaan yang kamu baca tentunya bakal membantu kamu dalam menuangkan cerita dalam sebuah rangkaian kalimat. Semakin banyak referensi yang kamu baca, tentunya nanti gaya bahasa dan tulisanmu juga bakal bervariasi. 

Jangan lupa kamu juga mesti bandingkan setiap produk atau industri yang ada. Dengan begitu kamu bakal mengetahui nih apa yang disukai oleh audience saat melihat dan membaca postinganmu. 

Baca juga: Bahasa Asing yang Perlu Dipelajari Selain Inggris, Agar Cepat Dapat Pekerjaan!

Copywriting 

social media specialist
Copywriting salah satu keahlian yang mesti kamu miliki juga nih, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nah di poin kedua ini, kamu juga mesti memiliki keahlian dalam copywriting. Pasalnya nih audience bakal memiliki nilai konsentrasi yang sangat singkat sekali saat membaca postingan di media sosial. 

Maka dari itu kamu mesti pandai lho gimana caranya merangkai kalimat buat caption postingan. Setidaknya kamu bisa menarik perhatian mereka hanya dalam waktu kurang dari 5 detik lho! 

Buat memiliki kemampuan copywriting kamu memang perlu waktu buat belajar dan itu tidak mudah lho! Tapi jangan khawatir lho saat ini sudah banyak sekali tempat buat pelatihan yang bisa kamu datangi buat mempelajari teknik copywriting. 

Baca juga: Duh, 15 Jenis Pekerjaan Ini Diprediksi Bakal Punah 25 Tahun Lagi

Menganalisa data

social media specialist
Kamu juga mesti memiliki keahlian dalam mengolah atau menganalisa data, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sebagai social media specialist kamu juga mesti memiliki keahlian dalam megolah data. Pasalnya nih pekerjaan ini kamu mau gak mau harus berurusan dengan data. 

Saat melakoni profesi ini kamu kamu bakal bermain dengan strategi. Strategi konten memang sangat diperlukan nih bagi yang mau melakoni profesi ini. Menentukan konten mana yang bagus buat diangkat, kamu mau gak mau mesti menggunakan data. 

Impression, engagement, UV (unique views) dan sebagainya merupakan pengolahan data soal post yang kamu unggah. Gak usah khawatir buat mempelajari angka-angka ini sangat mudah. 

Memiliki keahlian dalam desain grafis

social media specialist
Memiliki keahlian desain grafis sebuah nilai plus lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Selain berkutat dengan tulisan yang memiliki nilai storytelling dan strategi, seorang social media specialist terkadang juga mesti berurusan dengan desain. 

Kemampuan kamu dalam melihat grafis memang sangat diperlukan. Di situ “taste” kamu soal postingan bakal terasah dan bikin feeds atau post media sosial kantor mu semakin ciamik!

Gak ada salahnya juga nih kamu juga menguasai dan belajar salah satu software desain. Hal ini ini memang sangat diperlukan tim desain kamu gak masuk, jadi permasalahan bisa di selesaikan sendiri. 

Nah itu lho deretan keahlian yang mesti dimiliki oleh seorang social media specialist. Buat yang pengin melamar posisi ini yuk dari sekarang asah keahlian-keahlian di atas, selamat mencoba! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).