6 Tips Jadi Pengusaha Sukses Ala Bos Coto Makassar Beromzet Rp 1,5 Miliar

Wirausahawan Sukses

Wirausahawan Sukses

Ingin jadi wirausahawan sukses? Tenang saja, kamu pasti bisa kok. Asal mau kerja keras dan berguru dengan orang yang tepat.

Menurut pemilik dari Rumah Makan Marannu, Christian Yudhi (Samson), ada beberapa hal yang kiranya harus diperhatikan ketika kamu sudah mantap berwirausaha.

Buat kamu yang belum tahu tentang Rumah Makan Marannu, resto penjual Coto Makassar dan Konro di Kelapa Gading ini punya omzet Rp 1,5 miliar sebulan lho. Itu masih di satu cabang, belum termasuk di Bandung dan Dewi Sartika, Jakarta Timur.

Mau tahu lebih lanjut? Yuk simak ulasannya yuk.

1. Jangan lupa orang sekitar kita

Wirausahawan Sukses
Samson bersama Financial Planner MoneySmart, Aulia Akbar (Ardi Mandiri/MoneySmart)

“Dunia memang berkembang, teknologi juga berkembang, cuma jangan karena semua perkembangan ini kita jadi melupakan orang-orang di sekeliling kita. Kita gak akan tahu, kesempatan ini bisa datang dari mereka, dari si A, si B, atau si C,” Jelas pria berusia 33 tahun ini.

Intinya, networking itu penting dijaga jika kita ingin jadi wirausahawan sukses. Jangan lantas kita melupakan orang-orang yang ada di sekeliling kita. Karena bisa jadi, merekalah yang akan membantu kita di kemudian hari.

2. Jangan panjat sosial

Wirausahawan Sukses
Christian Yudhi (Instagram).

“Ada banyak sekali orang kompeten tapi gaya hidup biasa-biasa saja, malah kadang ada yang maunya keren banyak gaya tapi gak ada isinya,” terang Samson.

Samson bercerita sedikit tentang pengalamannya dalam menjalin kemitraan dengan banyak pengusaha. Suatu saat, ada temannya yang bercerita bahwa gak jarang mereka menemukan seseorang yang mengenakan jam tangan, sepatu, atau pakaian mahal tapi semuanya zonk, karena dirinya sama sekali gak kompeten dalam bisnis.

“Banyak banget yang kayak gitu (yang panjat sosial). Tapi suatu waktu ada cerita dari teman saya juga, yang deal dalam transaksi usai ditraktir nasi padang. Wah, yang itu malah proyeknya top banget,” lanjutnya.

Samson menegaskan bahwa sikap memang harus dijaga. Kesederhanaan dalam “sikap” itu memang gak banyak orang yang punya. Jadilah wirausahawan sukses, jangan cuma jadi wirausahawan “yang kelihatannya” sukses ya. 

3. Gak butuh Lamborghini

Wirausahawan Sukses
Christian Yudhi (Instagram).

Ketika ditanya soal omzetnya yang mencapai Rp 1,5 miliar, tentu saja uang sebesar itu jika ditabung dalam beberapa bulan bisa ditukar dengan Lamborghini. Setuju gak? Tapi Samson sama sekali gak tertarik sama itu.

“Kita gak perlu Lamborghini lah,” ujarnya sambil bercanda. 

Intinya ya balik lagi ke poin nomor dua. Panjat sosial demi terlihat “wah” itu bukanlah suatu hal yang bijak. Balik lagi, kesederhanaan dalam sikap itu memang penting.

4. Jualan itu gak ada ilmu pasti

Wirausahawan Sukses
Christian Yudhi (Instagram).

“Ilmu pasti itu gak akan bisa pasti lain sama bensin hahaha. Suka duka dalam jualan ini panjang, kadang kita sudah siap jualan, karyawan sudah siap, bumbu oke, ternyata tamunya lagi gak mood, makanan itu jadi gak enak. Bisa juga tamunya happy, tapi makanan kita kurang enak, mereka jadi kecewa, atau bisa juga makanan oke, tamu happy, pelayanan karyawan gak sopan, pokoknya ada aja lah,” ujarnya.

Tantangan bisnis kuliner itu memang sangat berat. Permasalahan seperti ini tentu bakal ada, dan tentunya ini sangat menguji nyali para wirausahawan.

Samson mengingatkan kembali bahwa gak ada yang “gak mungkin gak terjadi” dalam bisnis. 

5. Rezeki udah ada yang ngatur

Wirausahawan Sukses
Christian Yudhi (Instagram).

“Tetangga kita juga ada yang jual menu serta produk yang sama. Tapi ajaran orangtua kita begini aja, percaya rezeki gak kemana. Kalau itu milik kita, gak akan jadi milik orang lain,” papar pria yang kini menjabat sebagai Bendahara Umum HIPMI Jakarta Utara ini.

“Yang Maha Kuasa itu gak mungkin memberi rezeki cuma di satu tempat atau satu orang atau satu perusahaan, kenapa kita sepi pada hari ini? Mungkin Yang Maha Kuasa sedang bagi rezeki di bagian daerah Jakarta Barat. Jakarta Utara sepi-sepi sedikitlah, nanti utara dan barat udah rame, dibagilah untuk wilayah timur, ya kita pikir gitu saja rotasinya. Intinya ya pandai-pandai bersyukur,” tambahnya.

Rezeki sudah ada yang ngatur pokoknya, gak usah ngoyo atau mikirin kompetitor. Mending fokus ke bisnis sendiri. 

6. Lindungi diri dengan asuransi dan jangan lupa investasi

Wirausahawan Sukses
Christian Yudhi (Instagram).

Sebagai wirausahawan sukses, Samson gak lantas lupa dengan investasi demi masa depan. Tujuannya adalah agar dirinya gak memberatkan anak cucunya dalam finansial.

Oleh karena itulah pria yang sempat mendirikan koperasi simpan pinjam ini memiliki lima asuransi unit link! Wow, banyak banget!

“Kebetulan gini, orang tua ngajarin investasi properti. Selain di properti saya kebetulan banyak di asuransi yang punya fitur investasi juga. Ambil saja deh itung-itung nabung untuk jangka panjang,” imbuhnya.

Itulah deretan tips dari bos Rumah Makan Marannu bisa kamu terapkan bila ingin jadi wirausahawan sukses. Semoga bermanfaat ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis