Ada yang Dirakit Selama 4 Tahun dan Seharga Rp 339M! Ini 5 Jam Saku Termahal di Dunia

jam saku

Hari ini mungkin kepopuleran jam saku di dunia gak terlalu banyak yang mencari karena fungsinya yang udah terbilang kuno. Namun, karena hal itu juga harga barang mungil tersebut bisa mencapai ratusan miliar, bahkan mengalahkan harga sebuah mobil sport.

Pada saat pertama kali dibuat sekitar abad ke-15 sampai abad ke-16, benda kecil yang satu ini khusus dibuat hanya untuk para pria yang berasal dari golongan tertentu karena harganya dibuat sangat mahal. Selain kegunaannya sebagai penunjuk waktu, jam ini juga berguna untuk penunjang penampilan kaum Adam ketika menghadiri acara penting di depan umum.

Barulah di sekitar abad ke-18, jam saku mulai menjadi tren dan banyak orang yang menggunakannya sebagai simbol status. Sebagian orang juga menggunakannya sebagai pengganti perhiasan karena mulai muncul desain yang memanfaatkan berlian.

Sebagai informasi, karakter film Sherlock Holmes yang bertugas sebagai detektif juga identik dengan benda yang satu ini karena digambarkan selalu membawanya kemanapun berada.

Nah, daripada berpanjang lebar lagi mending kita simak langsung aja nih daftar jam saku termahal di dunia, mengutip dari Money Inc.

Baca juga: Di Atas Rp 2,5 M, Ini Koleksi Jam Tangan Fitri Salhuteru Sahabat Nikita Mirzani

5. Patek Philippe Star Caliber 2000 – Rp 56 miliaran

jam saku
Patek Philippe Star Caliber 2000. (Money.inc)

Di urutan kelima, jam saku yang dibuat oleh Patek Philippe bernama Star Caliber 2000. Merek yang satu ini berasal dari Jenewa, Swiss dan udah berdiri semenjak tahun 1839 atau berumur sekitar 180 tahun lamanya.

Sesuai dengan namanya, produk yang satu ini diluncurkan dalam rangka menyambut millenium yang baru tahun 2000 lalu. Selain itu, proses pembuatannya sendiri membutuhkan presisi karena terdiri dari puluhan hingga ratusan part yang terpisah di mesinnya.

Pantes aja harganya terbilang sangat fantastis. Bahkan, buat orang yang pengin mengoleksinya harus menyiapkan uang sebesar US$ 4 juta atau setara Rp 56 miliaran per unitnya.

Baca juga: Senilai Rp 700 Jutaan, Ini 3 Jam Tangan Rolex Jadul Putra Hotma Sitompoel

4. Jam saku Breguet Antique Number 2667 – Rp 66 miliaran

jam saku
Breguet Antique Number 2667. (Money.inc)

Selanjutnya, ada Breguet Antique Number 2667. Merek Breguet sendiri pertama berdiri pada tahun 1775 lalu di  L’Abbaye, Swiss oleh Abraham-Louis Breguet.

Salah satu kelebihan dari jam yang satu ini adalah karena menggunakan material pilihan yang berkualitas premium. Yang bikin berbeda adalah Breguet Antique Number 2667 ini menggunakan sistem 2 pergerakan di mana merek lain hanya menggunakan 1 pergerakan aja.

Alhasil, dalam sebuah lelang, Breguet Antique Number 2667 berhasil dijual dengan harga mencapai US$ 4,7 juta atau setara Rp 66 miliaran. Kamu tertarik untuk membelinya?

Baca juga: Nilainya Ratusan Juta Rupiah! Ini Koleksi Jam Tangan Mewah Milik Ferry Irawan

3. Patek Philippe Caliber 89 – Rp 85 miliaran

jam saku
Patek Philippe Caliber 89. (Money.inc)

Masuk ke urutan 3 besar ada merek Patek Philippe lagi yang sebelumnya menyumbangkan nama Star Caliber 2000. Namun, kali ini tipe yang meraih predikat termahal adalah Caliber 89.

Salah satu alasan kenapa Patek Philippe Caliber 89 masuk dalam jajaran jam termahal adalah karena proses pembuatannya yang paling sulit dan memiliki kompleksitas yang amat tinggi. Faktor lainnya yang membuat produk ini berharga selangit adalah karena dibuat untuk merayakan ulang tahun brand Patek Philippe ke-150.

Pada saat pelelangan, harga Patek Philippe Caliber 89 berhasil menyentuh angka US$ 6 juta atau setara Rp 85 miliaran.

2. Breguet Grande Complication Marie-Antoinette Number 160 – Rp 140 miliaran

jam saku
Breguet Grande Complication Marie Antoinette. (Money.inc)

Di posisi runner up ada jam saku buatan Breguet lagi bernama Grande Complication Marie-Antoinette Number 160. Ini merupakan replika dari jam yang dimiliki oleh Ratu Perancis terakhir sebelum terjadinya Revolusi Perancis tahun 1792.

Keunikan jam ini bisa dilihat dari desainnya yang gak biasa dari jam lainnya karena berwarna transparan sehingga bisa terlihat bentuk mesin yang berada di dalamnya.

Harga Grande Complication Marie-Antoinette Number 160 sendiri ditaksir mencapai US$ 10 juta atau setara Rp 140 miliaran.

1.  Patek Philippe Henry Graves Supercomplication – Rp 339 miliaran

jam saku
Patek Philippe The Henry Graves. (Money.inc)

Berada di urutan nomor 1 jam saku termahal di dunia, Patek Philippe Henry Graves Supercomplication bisa ditebus dengan mahar sekitar US$ 11 juta atau setara Rp 155 miliaran.

Proses pembuatannya sendiri kurang lebih memakan waktu sekitar 4 tahun hingga selesai oleh Patek Philippe. Hal tersebut karena bahan yang digunakan merupakan material khusus seperti emas 18 karat dan material kualitas nomor wahid lainnya.

Walaupun sempat dijual seharga Rp 155 miliar, namun pada tahun 2014 Patek Philippe Henry Graves Supercomplication berhasil memecahkan rekornya sendiri dengan berhasil terjual dengan harga US$ 24 juta atau setara Rp 339 miliaran.

Nah itulah sedikit informasi tentang jam saku termahal di dunia. Dari kelima desain tersebut mana nih yang paling kamu sukai? (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →