Seharga Rumah, Ini Jam Tangan Mewah Seleb dan Politisi Terkenal Indonesia

jam tangan mahal

Bisa memakai jam tangan mahal memang kerap dianggap sebagai kebanggaan buat segelintir orang. Pasalnya, jam gak lagi semata-mata berfungsi sebagai penunjuk waktu atau aksesoris pelengkap fashion. Banyak yang menganggap, mewahnya jam tangan sebagai simbol status sosial!

Makin mahal harga jam tangan, tentu dianggap makin tajir alias kaya-raya si pemakainya. Selain itu, sebagian pemakai jam tangan mahal nan mewah juga bukan orang sembarangan.

Kalau bukan pengusaha, tentu dia adalah artis papan atas atau memang penggemar, bahkan kolektor jam. Politisi juga jarang ada yang berani pakai jam tangan mewah lho, karena kalau ketahuan urusannya bisa repot. Soalnya, bisa-bisa dikira barang gratifikasi nih.

Faktor penentu mahalnya sebuah jam juga beragam. Bukan hanya karena merek, material yang kuat dan desain yang berkelas menjadikan sebuah jam tangan dibanderol dengan harga tinggi.

Penasaran sama jam-jam mewahnya para selebriti di Indonesia? Mari kita cari tahu di bawah ini.

Baca juga: Ini Lho Deretan Jam Tangan yang Cuma Bisa Dipakai Orang Kaya Aja!

1. Nagita Slavina

jam tangan mahal
Itu dia jam tangan mahalnya Nagita (RANSVLOG/Youtube)

Baru-baru aja nih Nagita kepergok mengenakan jam tangan mahal saat berkunjung ke rumah nenek sang suami, Raffi Ahmad. Nagita yang lagi duduk di Lamborghini Aventador terlihat mengenakan jam tangan Audemars Piguet Royal Oak 33mm Ladies Two Tone, seharga US$ 20.500 atau setara dengan Rp 295 juta.

Jam tangan ini mesinnya masih menggunakan baterai. Material dasar untuk casenya terbuat dari emas 18 karat dan stainless steel. Selain itu, jam ini juga dihiasi dengan berlian! Keren yah.

Baca juga: Seharga Rp 1 Jutaan! 7 Jam Tangan Ini Terlihat Seperti Ratusan Juta Rupiah

2. Ayu Ting Ting

jam tangan mahal
Jam tangan Ayu Ting Ting (Instagram Ting Ting Closet)

Jam tangannya Nagita emang mahal, tapi ternyata Ayu Ting Ting pakai yang harganya lebih mahal lho. Kabar mengenai jam tangan Ayu Ting Ting juga heboh di media pada awal Juli 2018.

Sejatinya, jam tangan pelantun lagu berjudul Alamat Palsu ini mereknya sama dengan Nagita yaitu Audemars Piguet. Tapi, Ayu membeli yang tipe 18k Frosted White Gold seharga US$ 47.000 yang kalau dirupiahkan setara dengan Rp 651 juta!

Baca juga: 8 Brand Jam Tangan Trendi Buatan Lokal, Harganya di Bawah Rp 500 Ribu

3. Princess Syahrini

jam tangan mahal
Syahrini (Tribunnews)

Princess Syahrini memang pernah dikabarkan punya koleksi jam tangan yang harganya mencapai Rp 60 miliar. Pada tahun 2017, dia pernah kedapatan mengenakan sebuah jam tangan yang harganya mencapai Rp 20 miliar, tapi jangan salah sempat juga dikabarkan bahwa harganya sampai Rp 50 miliar lho!

Jam itu adalah Rolex Oyster Cosmograph Paul NewMan 6263.

Apa sih yang spesial dari jam tangan ini?

Jam tangan ini adalah jam tangan klasik yang sudah dirilis tahun 1969 silam. Jam tangan ini dirancang sebagai bentuk penghormatan bagi mendiang aktor kawakan sekaligus pembalap Paul NewMan.

Yang jelas, jam tangan ini mesinnya otomatis alias gak pakai baterai dan punya nilai sejarah. Makanya harga mahal.

4. Raffi Ahmad

jam tangan mahal
jam tangan Raffi (Brilio)

Mobilnya keren, jam tangannya juga pasti keren dan mahal. Salah satu koleksi jam tangan Raffi Ahmad adalah Richard Mille RM052-01, yang harganya US$ 595.000 atau setara dengan Rp 8,5 miliar.

Bentuk jam tangan ini memang nyentrik banget, udah gitu di tengah dialnya ada ornamen tengkorak. Jam tangan ini gak diproduksi massal. Material dasarnya juga benar-benar berkelas, yakni perpaduan alloy, titanium, dan vanadium. Walaupun beberapa orang menganggap desainnya agak norak, tapi gak sedikit juga yang suka.

Mesin jam tangan ini manual, alias harus diputar dulu baru nyala hingga 48 jam.

5. Anggun

jam tangan mahal
Jam Tangan Anggun (Merdeka)

Penyanyi Indonesia yang juga ngetop di luar negeri ini, punya jam tangan mahal yang desainnya juga unik. Jam tangan itu bermerek Audemars Piguet, sama seperti jamnya Nagita dan Ayu. Tapi yang dimiliki Anggun adalah seri Bracelet Montre Cramet de Bal Diamond Watch.

Kalau diperhatikan, jam tangan ini sekilas kayak gelang berlian. Harganya mencapai US$ 1,1 juta atau seharga Rp 16 miliar.

Mesin jam tangan ini otomatis alias gak pakai baterai. Selain dihiasi berlian, material jam tangan ini juga mengandung emas putih 18 karat.

6. Hotman Paris Hutapea

jam tangan mahal
Blink-blinknya Hotman Paris (TVOne/KapanLagi)

Hotman Paris punya banyak Rolex, nah salah satunya yang cukup jadi pusat perhatian adalah Rolex Yachmaster II 18K. Jam ini warnanya emas, sementara itu bezelnya yang terbuat dari keramik berwarna biru, dan dialnya berwarna putih.

Material emasnya jelas merupakan emas 18 karat. Jam tangan mahal ini didesain khusus untuk para penggemar olahraga air. Mesinnya otomatis dan harganya mencapai US$ 43.550 atau kurang lebih Rp 628 juta.

Jam yang satu ini juga udah langka di pasaran lho. Dan biasanya, Rolex itu semakin lawas semakin mahal. Hmm, udah kayak barang investasi aja.

7. Hary Tanoesudibjo

jam tangan mahal
Hary Tanoe (Kompas)

Sebagai pengusaha sukses sekaligus orang terkaya urutan ke-31 di Indonesia, Hary Tanoesoedibjo juga sering terlihat mengenakan jam tangan mewah. Tapi harganya emang gak semahal jamnya Nagita apalagi Syahrini.

Ketua Partai Perindo ini mengenakan jam tangan mahal Panerai PAM 425 Radiomir SLC yang harganya Rp 104 juta. Jam ini pun sering dijual bekas di angka Rp 70 jutaan.

Lain dengan jam-jam mewah milik artis, jam tangan ini sejatinya adalah jam tangan Angkatan Laut Italia tahun 1936. Tampilannya cukup sederhana, tapi mewah. Diameternya yang besar juga membuat pemakai jam tangan ini terlihat gagah.

8. Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY)

jam tangan mahal
Soesilo Bambang Yudhoyono (Tempo)

Mantan Presiden Indonesia ini juga punya jam tangan mahal lho. Tapi walaupun mahal, jam tangan merek Omega milik SBY ini tergolong jam tangan mewah yang terjangkau harganya.

Pak SBY tampaknya tergolong old school dalam urusan memilih jam tangan. Walau badannya tinggi besar, dia justru lebih suka memilih jam berdiameter kecil. Jam itu adalah Omega Constellation (Connie) yang harganya US$ 1.700 atau Rp 24 jutaan.

9. Iko Uwais

jam tangan mahal
Iko Uwais (Merdeka)

Iko Uwais terlihat mengenakan jam tangan mahal di film The Raid yang pertama. Logis dong kalau kita berpikir jam tangan itu hanya properti film. Namun Iko pun akhirnya tertangkap mengenakan jam yang sama ketika diwawancarai media. Jangan-jangan Iko memang sudah jadi brand ambassador jam itu.

Jam yang dikenakan Iko adalah HAMILTON Khaki Aviation X-Mach Automatic Chronograph. Secara visual, jam seharga US$ 2.045 atau Rp 29 jutaan ini memang sesuai dengan kepribadian Iko.

Jam ini mengadopsi desain jam pilot pesawat tempur. Warna hitamnya jelas menambah kesan gagah dan elegan sehingga pas kalau dipadukan dengan busana resmi maupun casual.

Itulah deretan selebriti dan tokoh terkenal di Indonesia dan jam tangan mewahnya. Coba perhatikan deh, dari nama-nama tersebut, yang memakai jam tangan luar biasa mahal adalah mereka yang bekerja di dunia hiburan. Pengusaha atau mantan presiden sekalipun lebih memilih jam tangan yang harganya setara, bahkan melebihi harga rumah. Filosofinya: wong cuma buat penunjuk waktu kok.

Kalau dipikir-pikir sih, orang-orang terkaya di dunia juga gitu kok. Bill Gates pun pakai jam tangan seharga Rp 150 ribu aja padahal dia orang terkaya nomor dua di dunia. Sedangkan Mark Zuckerberg yang merupakan orang terkaya nomor lima di dunia malah gak pernah pakai jam tangan.

Mereka tentu bisa beli jam tangan mahal yang harganya lebih fantastis dari Syahrini. Tapi bisa jadi sih mereka berpikir, kalau duitnya dibelikan jam tangan mahal, kekayaan mereka berkurang dong.