Walau Sering Dipakai Seleb, Jam Rolex Palsu Bikin Miskin. Ini Buktinya

Jam tangan rolex

Harga jam tangan Rolex memang mahal, begitu pun dengan versi palsunya yang beredar di pasaran. Tapi, herannya masih ada aja yang mau beli.

Bukan cuma masyarakat biasa, artis-artis di Indonesia banyak yang kedapatan memakai Rolex versi KW alias palsu. Karena harga aslinya terlalu mahal, beli yang palsu tapi mirip kayaknya gak masalah.

Tapi jangan salah lho, jam tangan palsu itu bisa menimbulkan masalah di kemudian hari.

Jam tangan rolex
Jam tangan rolex palsu yang dipakai Barbie Kurmalasari (Instagram/@hermes_selebritii)

Akun Instagram Hermes Selebriti belum lama ini telah mengunggah foto Barbie Kumalasari yang tengah mengenakan Rolex palsu. Tentu saja, posting-an itu justru menuai banyak komentar netizen.

Pengin tahu kerugian apa yang kita dapat dengan membeli jam Rolex palsu? Berikut, ulasannya:

1. Harga jam tangan Rolex palsu sampai Rp 7 jutaan

Jam tangan rolex
Jam tangan rolex harga palsunya sampai Rp 7 jutaan (Shutterstock)

Dalam dunia jam tangan, barang palsu itu punya beberapa kategori. Kalau di tas tentu ada KW satu, dua, tiga dan super bukan? Lalu di dunia sneakers ada istilah unauthorized, premium, atau grade ori.

Tapi kalau di jam tangan, ada istilah KW, grade AAA, hingga ultimate clone 1:1. Khusus untuk ultimate clone yang kabarnya sudah 1:1 dengan yang asli, ternyata masih terdiri dari beberapa versi.

Versi itu dikategorikan berdasarkan pabrikan pembuat jam tangannya. Sebut saja ada yang Noob V7, Noob V8, V9, dan ada juga yang ZF Factory.

Harganya juga beragam, kalau yang di bawah Rp 1 juta tentu bentuknya asal-asalan. Harga Rp 3 juta, udah hampir mirip tapi finishing-nya masih ketara palsu, lantas gimana dengan yang Rp 7 juta?

Menurut review yang dilakukan beberapa Youtuber asing, suara detak dari jam tangan ini jauh lebih cepat.

Gerak jarum detiknya juga berbeda dengan yang asli karena lebih tersentak-sentak, maklum aja mesinnya beda. Dan terkadang, font tulisan di dial Rolex palsu juga berbeda dengan yang asli.

Sekilas, memang gak ada bedanya tapi kalau dibandingkan langsung di sebelah Rolex asli ya pasti ketahuan.  

2. Gak ada tempat servisnya

Jam tangan rolex
Jam tangan rolex palsu gak ada tempat servisnya (Shutterstock)

Bayangkan deh, udah beli jam tangan Rolex palsu yang mahal dan gak lama kemudian jamnya rusak. Atau ketika sudah beli tiba-tiba ada rusak. Gimana kalau kejadiannya begitu?

Mau gak mau, seandainya ada garansi, garansi itu berasal dari toko tempat kamu membeli. Mana mungkin bisa diservis di outlet Rolex milik Irwan Mussry.

Lantas, apa kabar jika kamu beli online? Apakah kamu harus mengirimnya dengan paket ke penjualnya?

Lalu apa yang bakal terjadi kalau ternyata toko tempat kamu membeli jam tangan ini tutup atau bangkrut? Apa gak rugi tuh?

Baca juga: Keturunan Sultan Cirebon, Ini Fakta Crazy Rich Raden Reza Pramadia yang Punya Ferrari

3. Ketahanannya diragukan

Jam tangan rolex
Jam tangan rolex (Shutterstock)

Salah satu keunggulan jam Rolex asli adalah ketahanannya yang sangat kuat. Sebagai jam tangan Rp 100 jutaan, Rolex juga terkenal dengan sifatnya yang badak alias gak ringkih.

Rolex juga merupakan jam tangan yang minim perawatan, kalau dipakai setiap hari mesinnya pasti terus nyala dan berputar. Pelumasnya tentu cepat kering.

Itu sebabnya, gak sedikit yang bilang kalau jam tangan ini bisa diwariskan ke anak cucu. Karena ketika pemiliknya wafat, jam tangan itu tetap akan nyala.

Lantas, gimana dengan Rolex palsu? Tentunya gak ada yang bisa menjamin ketahanan jam ini mengingat quality control-nya juga gak ada.

Jika mesin mati total, mau diservis di mana pun tentu sulit. Ujung-ujungnya beli jam baru lagi kan.

Itulah tiga alasan kenapa kamu lebih disarankan untuk tidak membeli jam tangan Rolex palsu. Lagian juga kalau ketahuan pakai palsu pasti malunya gak karuan bukan? Mending jam tangan yang lebih murah tapi asli dong.

Jam tangan palsu kerap dibeli kolektor jam tangan mahal juga. Tapi, fungsinya sebagai perbandingan sebelum mereka membeli jam tangan aslinya.

Ketika feel yang didapat sudah cocok dengan jam tangan palsu tersebut, mereka bakal beli aslinya. So, masih mau beli palsu? (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →