Jangan Ajuin KPR Sebelum Punya 4 Hal Ini

Jangan Ajuin KPR

Semua orang yang punya uang, pasti mau punya rumah tapi semua orang belum tentu kuat ngadepin proses kepemilikan rumah lewat KPR. Di satu sisi KPR memang meringankan beban, tapi di sisi lain banyak beban berat yang harus kamu pikul.

Yang namanya rumah ya sudah pasti harganya mahal, biaya pertanggungan juga besar. Kecuali kamu beli rumah burung atau rumah kelinci baru deh itu nggak butuh KPR hehehe.

jangan ajuin KPR
Nah kalau beli rumah yang ini buat apa pake KPR (rumah burung/Pixabay)

Mekanisme kreditnya pun beda, nggak kayak kredit mobil atau motor. Kamu harus ingat ya meski sudah punya uang, jangan ajuin KPR kalau belum punya 4 hal ini:

1. Jangan ajuin KPR kalau belum mampu bedakan kebutuhan dan keinginan

Kebutuhan pokok manusia ya “sandang, pangan, dan papan.” Papan diartikan sebagai rumah. Tapi kalau kamu masih belum bisa membedakan kebutuhan dan keinginan, lebih baik jangan ajuin KPR.

Kenapa? Tanyakan ini pada diri kamu, apa yang menjadi prioritasmu saat ini? Sudah siap mengeluarkan banyak uang untuk KPR? Masih sering jor-joran dalam urusan gaya hidup?

jangan ajuin kpr
Hayo, siapa nih yang belom bisa bedain mana kebutuhan dan keinginan? (Ilustrasi kebutuhan dan keinginan/Ramble Surplus)

Jor-joran dalam gaya hidup atau hal konsumtif menandakan kalau kamu belum bisa membedakan kebutuhan dan keinginan. Ubah dulu mindsetmu dalam mengelola keuangan, baru deh ajuin KPR.

2. Jangan ajuin KPR kalau belum punya target dalam hidup

Umur sekarang 27 tahun, mau nikah tahun depan. Di usia 33 tahun sudah harus punya rumah buat tempat tinggal istri dan anak. Sembari nyicil rumah, nanti rumahnya mau dijadiin kos-kosan buat nambah penghasilan.

Itulah yang namanya target hidup. Semua serba tertata: kapan mau nikah, punya rumah, dan bahkan kapan punya usaha. Punya duit banyak belum tentu punya target kehidupan yang baik.

Selalu bingung kalau ditanya masalah cita-cita beberapa tahun ke depan. Paling ujung-ujungnya ya jawab, “jalanin ajalah hidup udah diatur.”

Coba deh proyeksikan dulu, 5 tahun ke depan kamu mau jadi apa atau mau punya apa. Buat target untuk pencapaian karir, kesehatan, keluarga, penghasilan, keuangan, kesenangan, dan spiritual.

Kok harus mencakup kesenangan dan spiritual sih? Ya iya dong, hidup kan kudu seimbang. Semua kebutuhan harus terpenuhi. Cita-cita atau impian itu penting, tanpa hal itu kamu sama aja kayak hidup tanpa tujuan. 

Punya rumah sendiri pastinya adalah impian. Dan impian harus ada target kapan tercapainya. Kamu mau punya rumah? Di usia berapa kamu mau ajuin KPR? Apa sudah siap?

3. Jangan ajuin KPR kalau belum mampu atur utang

Gaji gede sih tapi numpang lewat doang nih buat bayar cicilan. kok bisa ya?

Ternyata ada cicilan mobil masih empat tahun lagi. Terus kadang cicilan kartu kredit juga gede banget.

Punya utang maupun cicilan itu idealnya nggak lebih dari 30% atau 40% total gaji. Kamu kan butuh duit buat hidup, sama buat investasi juga.

jangan ajuin KPR
Dengan adanya KPR, utang kamu berarti nambah. Kalau sebelum ajuin KPR aja utangnya udah banyak yang ada kamu nggak bisa nabung (ilustrasi utang/Fiscaltimes)

Dengan adanya KPR sudah pasti ada tambahan utang yang harus kamu bayar. Apakah total cicilan saat ini ditambah cicilan KPR itu masih di bawah 40% gajimu?

kalau emang total utang masih 40%, dikurangin dulu aja. Nggak usah beli-beli gadget, atau sepatu diskonan. Setidaknya, lunasin dulu utang kartu kredit semuanya. Kalau utang makin berkurang, makin gede kesempatan untuk mengajukan KPR.

4. Jangan ajuin KPR kalau belum paham apa itu KPR

Nggak paham seluk beluk KPR tapi nekat ngajuin gara-gara lihat teman beli rumah? Mending nggak usah ajuin sekarang bos.

KPR itu bukan cuma sebatas bayar DP, cicil 20 tahun terus lunas. Udah paham belum sama biaya-biaya tak terduga yang bakal muncul saat kamu mau kredit rumah?

Pelajarin dulu sampai paham, baru ajuin KPR-nya. Jangan gampang terbuai juga sama marketing properti.

Ngajuin KPR memang penuh pertimbangan. Selain butuh dana yang besar, butuh pula kemampuan pengelolaan uang yang baik

Harga rumah memang selalu naik, tapi bukan berarti kamu harus nyiksa diri dengan mengurangi kebutuhan pangan. Mulai sekarang, yuk kita telaah kesehatan keuangan kita sebelum ajuin KPR.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Tak Kenal Maka Tak Sayang, Kenalan Dulu Yuk Sama Kredit Pemilikan Rumah (KPR)]

[Baca: Sebelum Mengambil KPR, Ketahui Dulu Cara Menghitung BPHTB]

[Baca: Berani Mencicil KPR Mulai Usia 20-an Kenapa Gak? Asal Bisa Disiplin Lakuin Hal-hal Di Bawah Ini]

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →