Jangan Cuma Buat Isi Waktu, Ini Cara Memanfaatkan Hobi Buat Menambah Pundi-Pundi

cara memanfaatkan hobi

Punya hobi itu menyenangkan. Kebayang kalau dalam hidup kita gak punya hobi? Pasti boring banget.

Makanya, hobi itu penting sebagai salah satu obat stres. Sudah seminggu dihajar banyak kerjaan di kantor, weekend gitu-gitu aja. Kok kayaknya menderita banget hidup kita.

[Baca: Tips Bahagia di Tempat Kerja: 5 Tanda Kamu Kurang Piknik]

Hobi bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang. Karena itu, umumnya hobi berkaitan dengan kegiatan yang menyenangkan, misalnya berkebun, masak, dan berolahraga.

Tapi, buat yang punya gagasan bisnis, hobi bisa lebih dibikin bermanfaat. Gak hanya menjadi ajang mengisi waktu luang, hobi bisa mendatangkan rezeki!

Gimana ceritanya hobi bisa diolah jadi ladang meraup uang? Mau tahu cara memanfaatkan hobi menjadi usaha? Yuk, lompat ke daftar di bawah ini:

1. Amati hobi

Langkah pertama, amati hobi yang betul-betul kita sukai. Bukan lumayan suka atau malah terpaksa suka.

Lihat baik-baik peluang bisnis yang bisa ditarik dari hobi itu. Dengan memastikan hobi tersebut kita sukai, nantinya usaha juga bakal enak digeluti.

Misalnya suka masak. Bisa saja bikin usaha katering. Tapi masakannya itu-itu saja. Jadi, bisa bosan kalau hobi itu bukan sekadar masak.

 

cara memanfaatkan hobi

Ikut bazaar dan festival bisa jadi ajang ampuh loh!

Buat yang suka nyoba bikin beragam masakan, mungkin lebih cocok buka restoran. Sebab, menunya bakal lebih banyak dan bisa di-update secara berkala.

Gak bakal bosan deh di dapur terus. Apalagi kalau pelanggan datang terus-menerus.

[Baca: 10 Peluang Bisnis Rumahan dengan Modal Rp 5 Juta]

2. Prospek gak?

Orang bisa punya lebih dari satu hobi yang disukai. Tapi, kalau sudah soal bisnis, kita mesti menentukan pilihan mana hobi yang bakal disulap jadi usaha.

Bandingkan satu persatu hobi itu. Hobi yang direkomendasikan untuk dijadikan usaha adalah yang punya nilai jual lebih banyak.

Misalnya hobi main futsal dan nge-band. Hitung dengan teliti, kira-kira gimana prospek bisnis buka lapangan futsal dibanding studio band.

Perhatikan pasar masing-masing bisnis. Lihat pesaingnya, apakah banyak atau sedikit. Jangan lupa hitung besar-kecilnya modal, butuh pinjaman atau gak.

Di langkah ini mulai butuh keseriusan lebih karena udah masuk perkara modal. Berkonsultasi dengan pihak lain adalah pilihan yang bagus untuk menentukan hobi yang kira-kira berprospek sebagai bisnis.

[Baca: Yang Bilang Ngembangin Usaha Susah, Pasti Belum Kenal Kredit Usaha Rakyat tanpa Agunan]

3. Bangun identitas

Dalam dunia bisnis, identitas bisnis adalah segalanya. Dalam hal ini, identitas adalah merek. Bangun merek ini sekuat mungkin biar tertanam di masyarakat.

cara memanfaatkan hobi

Sosmed jangan cuma dijadiin buat nyampah status. Gunakan juga buat membangun identitas!

Caranya macam-macam. Di antaranya aktif di media sosial Facebook, Twitter, Instagram, dan lain-lain. Sebisa mungkin rutin bikin acara promosi buat narik pelanggan.

Jangan lupa selalu kasih tanggapan jika pelanggan menanyakan sesuatu. Demikian juga soal keluhan. Jangan sampai cuek, ya. Bisa-bisa dianggap gak memperhatikan pelanggan, terus pada kabur.

Identitas ini nantinya berguna buat membangun komunitas pelanggan. Yang buka usaha warung kopi, misalnya, bisa jadi warkopnya sering dipakai meeting pelanggan tertentu kalau dianggap nyaman dan tentu saja enak sajiannya.

4. Buka pikiran

Pebisnis harus selalu memutar otak untuk menemukan ide baru. Sementara itu, ide bisa datang dari mana saja dan kapan saja.

Jadi, kita mesti selalu siap membuka pikiran. Ide ini berguna buat mengembangkan usaha. Siapa tahu bisa bikin dua usaha dari dua hobi sekaligus?

Misalnya suka bola dan kopi. Buka deh kafe yang rutin bikin acara nonbar alias nonton bareng pertandingan sepak bola.

Pastinya pelanggan jadi bertambah. Tapi kalau bisa jangan hanya nyiarin pertandingan klub tertentu, biar gak dianggap sebagai markas suporter klub tersebut.

Kalau sudah muncul anggapan itu, bisa berabe. Nanti suporter klub lain jadi gak mau datang ke kafe gara-gara anggapan itu. Artinya, peluang mendulang uang jadi berkurang.

cara memanfaatkan hobi

Punya waktu luang jangan cuma digunakan buat shopping! Manfaatkan juga buat cari duit

Hobi yang dipandang sebagai pengisi waktu belaka ternyata bisa kan dipakai buat memupuk dana. Bahkan bisa jadi penghasilan dari hobi ini melampaui gaji karyawan.

Apalagi bisa jadi bos buat diri sendiri. Gimana, tertarik?

[Baca: 4 Langkah Mangkus Mewujudkan Mimpi Menjadi Bos di Kantor]

Image credit:

  • http://cdn.klimg.com/vemale.com/headline/650×325/2014/10/zhafira-kreativitas-dan-hobi-fashion-bisa-menjadi-usaha-yang-menguntungkan.jpg
  • http://cdn.klimg.com/newshub.id/news/2015/10/07/22038/664xauto-bukan-sekedar-hobi-kini-blogging-bisa-menjadi-profesi-menguntungkan-151007h.jpg
  • http://jambiindependent.com/foto_berita/2015/09/09/jambiindependent_com_8_shopping.jpg
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →