Jangan Gegabah Ambil Program Cicilan 0 % Kalau Belum Baca Ini!

belanja online di shopee

Setiap mendekati hari raya Idul Fitri, situs belanja online mulai banjir promo. Seperti Shopee, e-commerce yang digemari masyarakat Indonesia pun tidak mau ketinggalan meraup keuntungan dari momen ini. 

Tapi sering kali promo yang ditawarkan gak pas dengan kondisi kantong. Terlebih jika tunjangan hari raya (THR) belum keluar. Alhasil, kita hanya melongo melihat diskon belanja sliweran di platform belanja online tersebut. Nah, untungnya demi memuaskan konsumennya Shopee Indonesia mengeluarkan cara cicilan di Shopee PayLater.

Memanfaatkan tren Paylater

Apa itu Shopee Paylater? Cara cicilan di Shopee Paylater ini memberi kemudahan untuk pengguna aktif aplikasi belanja online dengan bentuk pinjaman instan dan bunga yang minim. Cara cicilan di Shopee tanpa kartu kredit ini memberikan pinjaman langsung kepada penggunanya. Sistem pembayaran semacam ini adalah cara baru dalam melengkapi beberapa jenis pembayaran yang sudah ada di Shopee, seperti transfer bank dan kartu kredit.

Namun agak berbeda dengan metode pembayaran keluaran Shopee sebelumnya, Shopeepay, yang bisa aktif secara otomatis. Shopee Paylater saat ini hanya bisa dipakai untuk pengguna aktif Shopee yang dianggap memenuhi syarat saja. Jadi, kalau kamu pengguna baru situs belanja online keluaran Singapura ini, ya belum bisa berharap banyak untuk menggunakan fitur ini.

Meski begitu, belanja menggunakan Shopee Paylater hanya bisa digunakan untuk produk tertentu juga, misalnya produk fashion, kebutuhan rumah tangga, makanan, elektronik, dan sebagainya. Sedangkan untuk layanan pembelian pulsa, voucher, dan tagihan belum bisa menggunakan fitur ini.

Keuntungan pakai Shopee Paylater

belanja online dengan mudah

Seperti dijelaskan sebelumnya, tidak semua pengguna situs belanja online Shopee bisa mengajukan pinjaman di Shopee Paylater. Hanya konsumen aktif yang sering menggunakan Shopee untuk berbelanja saja yang bisa mendapat fitur ini. Atau, minimal tingkat loyalitas kamu di Shopee sudah ada di level Gold. Kalau status Shopee Loyalti kamu sudah mencapai Gold member, so pasti fitur ini langsung muncul sendiri.

Selain itu, masih ada persyaratan lain agar bisa menikmati fitur ini, yaitu:

  • Akun Shopee kamu harus sudah terdaftar dan terverifikasi.
  • Akun Shopee sudah berusia tiga bulan.
  • Update aplikasi Shopee terbaru.
  • Akun Shopee sering digunakan untuk bertransaksi.

Selain kemudahan pembayaran, ada beberapa keuntungan bagi pengguna aktif yang memakai metode pembayaran bayar nanti dari Shopee ini. Nah, berikut kemudahan dan keuntungan yang bisa kamu dapat dari Shopee Paylater.

1. Pengajuannya gak ribet

Gak seperti aplikasi pay later lain, di Shopee Paylater, semakin sering kamu berbelanja di Shopee maka otomatis kamu bisa mengajukan pinjaman. Kalau kamu orangnya konsumtif, sudah pasti deh limit kredit kamu di Shopee Paylater makin besar juga. 

Buat kamu yang newbie di Shopee tapi ingin menggunakan fitur ini, coba deh sering manfaatkan diskon atau promo yang sering diberikan Shopee, seperti free ongkir. Gak perlu barang mahal lho biar kamu bisa kejar level Gold. Cukup beli barang-barang yang murah meriah saja sudah terhitung sebagai transaksi belanja kamu. 

Nah, kalau sudah muncul fitur Shopee Paylater, langsung aktivasi. Eits, jangan lupa gunakan KTP dan foto selfie yang oke ya. Kalau kamu beruntung, bisa lho dapat limit hingga Rp6 juta! Wow, kan!

2. Proses pembayaran cepat

Keuntungan lain dari metode bayar belakangan ala Shopee ini adalah proses pembayarannya yang cepat. Biasanya di fitur pay later lain, proses pembayaran harus dicek terlebih dulu oleh pihak penyedia belanja online. Tapi di Shopee Paylater, proses pembayaran bisa langsung dilakukan oleh seller. Jadi, hanya dalam hitungan detik saja orderan kamu bisa langsung diproses oleh penjual.

3. Bunga dan denda keterlambatan rendah

Di fitur terbarunya ini Shopee Indonesia mengeklaim bahwa platformnya memberikan bunga yang lebih rendah, yaitu mulai dari 0-2,9 persen. Tapi perlu diketahui, bunga 0% hanya berlaku untuk pembayaran dalam jangka waktu satu bulan saja. Sedangkan untuk jangka waktu lama, ada bunga pinjaman namun tidak terlalu besar. 

Lalu bagaimana dengan denda keterlambatan pembayaran? Untuk ini, Shopee memberikan denda 0,1 persen per harinya. Meski terbilang kecil, namun kalau kamu terus menunda pembayaran, maka angka tersebut akan semakin membesar sebagaimana dendanya dihitung tiap satu hari keterlambatan.

4. Limit pinjaman besar

Buat kamu yang baru mengaktivasi Shopee Paylater, otomatis kamu mendapat limit kredit sebesar Rp750 ribu. Kamu bisa menaikkan limit pinjaman satu kali menjadi Rp1,8 juta. Masih kurang juga? Kamu bisa terus berbelanja untuk menaikkan batas kredit. Semakin sering kamu berbelanja, maka semakin besar peluang kamu mendapat limit kredit yang besar.

5. Kemudahan membayar tagihan

Shopee memberi kemudahan dengan tiga cara bayar cicilan di Shopee, yaitu lewat Shopeepay, Indomaret atau i.Saku, dan melalui transfer bank konvensional. Hanya saja bank yang tersedia untuk proses pembayaran tagihan baru ada empat, yaitu BCA, BNI, BRI, dan Mandiri.

Tertarik ingin mencoba? Nah, sebelumnya perhatikan dulu jenis cicilan yang ada di Shopee Paylater ini. Yuk, diperhatikan agar tidak salah langkah.

Pilihan Cicilan di Shopee Paylater Penjelasan
Cicilan bayar 1 bulan tanpa bunga Jenis cicilan ini adalah tidak ada bunga dengan pembayaran sekali bayar. Jadi jika kamu mengambil kredit Rp200 ribu di bulan Mei, maka tagihan di bulan Juni kamu harus membayar langsung Rp200 ribu. 

Makanya cicilan jenis ini tidak dikenai bunga karena dibayar penuh tanpa dicicil. Meski tidak ada bunga, tapi kamu tetap dikenai biaya administrasi atau biaya penanganan (1% dari nilai transaksi – syarat dan ketentuan berubah sewaktu-waktu)

Shopee Paylater 2 bulan Buat kamu yang berat untuk jenis cicilan 1 bulan, mungkin cicilan Shopee Paylater 2 bulan bisa jadi solusi. 

Tapi kamu juga harus siap dengan adanya bunga dari jenis ini sebesar 2,95% per bulannya. 

Contoh, kamu mengambil kredit Shopee Paylater sebesar Rp1 juta, maka cicilan per bulan menjadi Rp500 ribu plus bunga 2,9% ditambah biaya penanganan di awal transaksi.

Shopee Paylater 3 bulan Nah, untuk jenis ini cicilan dibayar selama tiga bulan dengan bunga 2,95% dari nilai pinjaman. Ditambah biaya penanganan di awal transaksi.

Tips belanja online supaya tetap hemat

tips belanja di shopee

Kartu kredit virtual seperti Shopee Paylater yang menjanjikan bunga 0% sering kali membuat penggunanya tergoda. Ditambah lagi nilai kepraktisan berbelanja di e-commerce yang banjir promo diskon, flash sale, atau pembelian secara komunal sehingga menjadi lebih murah. Tapi, kamu tetap harus memperhatian beberapa poin berikut agar tetap hemat berbelanja walau dengan bunga 0%. 

1. Riset sebelum beli

Sebelum kamu klik check out dan proses pembayaran di situs belanja online, sebaiknya ricek dulu barang apa yang mau kamu beli. Pastikan dulu, apakah barang ini tingkat urgensinya tinggi. Setelah itu cek kredibilitas toko yang menjual barang tersebut, apakah tepercaya atau tidak. 

2. Survei banyak toko

Kalau kamu sudah yakin dengan barang yang kamu inginkan, survei lagi toko yang menjual barang yang sama. Biasanya tiap toko punya harga berbeda untuk jenis barang yang sama. Pilih toko dengan harga murah dan tepercaya. 

3. Pahami metode cicilan 0%

Prinsip dasar dari promo cicilan adalah membeli barang tertentu tanpa bunga tambahan. Jadi kalau kamu membeli handphone seharga Rp3 juta dan mengambil tenor cicilan selama 3 bulan, maka beban tagihan yang kamu bayarkan adalah Rp1 juta setiap bulannya. 

4. Pastikan limit kredit cukup

Memastikan limit kreditmu cukup untuk membeli barang yang kamu inginkan adalah poin yang kadang diabaikan. Kebiasaan ini nyatanya berakibat buruk karena membuat kita menjadi boros dan tidak peduli dengan bujet bulanan. 

Selain itu, jangan lupa bahwa ada denda over limit. Denda ini diberikan jika kita telah bertransaksi di atas jumlah yang disepakati dalam limit kredit masing-masing. 

5. Bayar cicilan tepat waktu

Agar tidak terkena denda, sebaiknya kamu harus ingat jumlah tagihan dan tanggal jatuh tempo. Pasang reminder di handphone-mu untuk menghindari keterlambatan pembayaran.

Metode pay later belakangan ini memang tengah booming. Fitur ini seperti menjadi solusi baru bagi kamu yang ingin berbelanja cepat tapi punya keterbatasan bujet. 

Pay later dapat dipakai untuk kebutuhan harian, seperti belanja online, jalan-jalan bahkan untuk membayar transportasi online. Tidak salah jika julukan kartu kredit virtual jadi julukan yang tepat untuk pay later sebab memang fungsinya mirip dengan kartu kredit konvensional.

Meski begitu, kamu tetap harus mempertimbangkan risiko dari penggunaan fitur pay later ini. Karena, sama dengan berhutang menggunakan kartu kredit, ada bunga atau biaya tambahan dari metode pembayaran ini.  Dan setiap penyedia fitur ini, memiliki tingkat bunga dan aturan pembayaran yang berbeda.