Jangan Jatuh ke Jurang Utang Kartu Kredit, Perhatikan 4 Hal Ini!

utang kartu kredit

Gak ada seorang pun yang mau jatuh ke jurang. Apalagi jurang utang kartu kredit.

 

Kartu kredit ini ibarat gunung yang menjanjikan keindahan tiada tara di puncaknya. Dalam perjalanan menuju puncak, kita juga bisa nikmati keelokan pemandangan di kanan-kiri.

 

Tapi, ada jurang utang membentang di sepanjang sisi jalur cakep itu. Kalau sampai kita salah melangkah, jeblos, bye-bye.

 

Makanya, harus cermat saat menggunakan kartu kredit. Soalnya jurang utang kartu kredit bisa lebih menyiksa ketimbang jurang betulan.

 

Duit tabungan bisa abis buat bayar utang kartu kartu kredit. Belum lagi kalau sampai harus ada penyitaan aset. Bisa stresss.

 

[Baca: Stress Terlilit Utang Bank? Jangan Panik, Begini Opsi Penyelesaiannya]

 

Sedikitnya ada 4 hal yang harus diperhatikan biar gak jatuh ke jurang utang kartu kredit, yaitu:


1. Tetapkan bujet

utang kartu kredit

Kartu kredit jangan asal dipakai ya. Tetapkan bujet biar lebih nyaman

 

 

Harap diingat, kartu kredit bukanlah dana cadangan. Fungsi utama kartu kredit adalah alat pembayaran. Kalau kartu kredit dikuras sampai mentok limit, ada risiko yang mengancam.

 

  1. Tagihan bakal membengkak.
  2. Bisa terjadi overlimit, sehingga kita terkena biaya tambahan. Kalau kartu kreditnya gak ada fitur overlimit, bakal repot saat butuh kartu itu lantaran limit udah mentok.

 

Jadi, kita harus tetapkan bujet, mau dipakai berapa persen dari limit kartu. Misalnya limit Rp 10 juta, tetapin deh bujet Rp 6 juta. Setelah ditetapin, patuhi bujet ini biar gak sia-sia belaka.


2. Pahami aturannya

Memakai kartu kredit berarti setuju sama peraturannya. Jadi, perhatikan segala hal yang diatur di dalamnya, terutama bunga dan biaya-biaya lainnya.

 

utang kartu kredit

Dalam dunia apapun nggak ada yang namanya bebas aturan main, termasuk perbankan

 

 

Ini yang sering jadi masalah. Udah buru-buru makai kartu kredit tanpa mengetahui syarat dan ketentuannya.

 

Udah begitu, pas ada masalah terus marah-marah. Protes ke bank, curhat ke temen, bilang kena jebakan utang kartu kredit. Padahal dia sendiri yang gak baca peraturan dengan teliti.

 

Salah satu yang harus dilakukan adalah biasakan bayar tagihan penuh, bukan minimum. Kalau bayar minimum, berarti siap bayar kekurangan plus bunganya dalam tagihan bulan depan.

 

Pahami pula aturan tarik tunai pakai kartu kredit. Berapa biayanya. Juga biaya tahunan alias annual fee, yang biasanya digratiskan setahun doang. Setelah itu, bayar.

 

[Baca: 9 Prinsip yang Jadi Pegangan agar Memilih Kartu Kredit dengan Bijak]


3. Teliti tagihan

Pas datang tagihan, cek satu per satu tulisan di sana. Jangan kayak robot. Terima tagihan, lihat nominalnya, bayar. 

 

utang kartu kredit

Jurus saat menerima tagihan kartu kredit: Pahami, cermati, bayar

 

 

Kalau cara kerjanya gitu, bisa-bisa rugi sendiri pas ada kekeliruan dalam tagihan. Orang bank juga manusia, bisa bikin kesalahan.

 

Karena itu, cermati tagihan dengan saksama. Bayarlah yang memang semestinya dibayar.Rugi dong disuruh bayar sesuatu yang gak kita nikmati.

 

 

[Baca: Tagihan Bulanan Kartu Kredit: Angka-Angka Itu Maksudnya Apa Sih?]


4. Jangan kabur

Nasib orang gak bisa ditebak. Kalau lagi apes dan keperosok jurang utang kartu kredit, jangan kabur. Sebaliknya, terbukalah.

 

utang kartu kredit

Apapun masalahnya, jangan kabur ya

 

 

Bank juga akan terbuka kok nerima nasabah yang bermasalah pembayaran tagihan kartu kreditnya. Berkonsultasilah dengan bank, enaknya gimana.

 

Bank bisa saja ngurangin tagihan setelah ada konsultasi. Tapi kalau kamu justru kabur, bank gak akan kasih ampun. Utang itu akan terus mengejarmu.

 

 

Kartu kredit diciptakan buat membantu masyarakat dalam bertransaksi. Tapi penggunaan kartu kredit harus bijak dan tepat. Bukan malah disalahgunakan atau kitanya yang gagal paham.

 

Kita sebagai pemegang kartu kredit jangan sampai cuma mengambil manfaatnya doang. Aturan mainnya mutlak harus dipahami, kecuali mau terpeleset dan jatuh ke jurang utang kartu kredit.

 

 

 

Image credit:

  • https://www.futuready.com/images/article/large/thinkstockphotos-482611770.jpg
  • http://photo.kontan.co.id/photo/2011/12/26/1563809809p.jpg
  • http://www.cleo.co.id/img/images_tiny/3460.jpg
  • http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/medias/641789/big/kabur-rumah-140220b.jpg
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →