Jangan Remehkan Uang Receh. Ini 5 Alasan Kamu Gak Boleh Ngeremehin Uang Receh

jangan remehkan uang receh thumb

Jangan remehkan kekuatan uang receh. Mungkin dari nilai nominalnya sering dianggap sebelah mata, padahal kalau terkumpul menjadi satu nilainya bisa membuat mata terbelalak. Bukan itu saja, duit recehan bisa juga membuat seseorang terseret ke ranah hukum lho!

 

Kok bisa? Biar enggak penasaran, lanjutkan bacanya. Berikut ini ada lima hal yang menjadi bukti sudah sepatutnya jangan meremehkan duit recehan. Apa saja itu?

 

1.Bisa bikin masuk penjara

Gara-gara duit recehan entah berbentuk logam atau kertas yang nominalnya kecil, seseorang bisa terancam mendekam di bui lho! Mungkin nilainya tak seberapa tapi bagaimana pun duit recehan adalah alat pembayaran yang sah di negeri ini.

 

Sekadar mengingatkan, tahun lalu pernah ada kejadian menghebohkan di mana teller suatu bank di Talaud, Sulawesi Utara, menolak transaksi nasabahnya dengan uang logam. Lantaran kesal, nasabah itu menuliskan kejadian itu di sosial media. Kemudian itu meluas menjadi berita sampai dikomentari pihak Bank Indonesia.

 

jangan-remehkan-uang-receh-1

Masih mau ngeremehin uang receh? Bukan gak mungkin sel penjara dingin menanti loh! 

 

 

Penolakan terhadap uang recehan itu ada konsekuensi hukumnya lho! Mereka yang menolak transaksi dengan duit recehan yang merupakan alat pembayaran yang sah bisa dipenjara.

 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Ini tertuang dalam UU No 7/2011 tentang Mata Uang. Dalam pasal 33 ayat 1 ditegaskan orang yang menolak uang rupiah bisa dipidana kurungan setahun. Nah, Sampai hari ini uang logam rupiah masih dipergunakan sebagai alat pembayaran yang sah di negeri ini.

 

Jadi jangan main-main sama duit recehan kalau enggak mau menginap di hotel prodeo.

 

2. Simbol dukungan

Kalau yang ini berkaitan dengan aksi-aksi yang menyimbolkan simpati. Ingat aksi ‘Koin Peduli Prita’ atau ‘Koin Cinta Bilqis”? Uang recehan itu ternyata bisa menggerakan ribuan orang yang bersimpati terhadap seseorang atau kelompok yang tertimpa musibah.

 

Dari sini bisa tergambar jelas, sekeping koin atau uang recehan bisa begitu bermanfaat bagi orang lain. Bahkan jika dikumpulkan secara massal, nilai uang recehan itu bisa berjumlah besar. Contoh, aksi Koin Peduli Prita bisa mengumpulkan recehan senilai Rp 160 juta. Luar biasa besar kan?

 

jangan remehkan uang receh

Gak cuma bisa buat beli permen di warung, uang receh bisa membantu sesama yang sedang membutuhkan loh!

 

 

3. Benda koleksi bernilai tinggi

Ada duit koin pecahan Rp 100, Rp 500, atau pun Rp 1.000 di kantong mungkin tak terasa berharga. Paling buat jaga-jaga kalau ada pengamen lewat atau pencari sumbangan. Cuma pernahkah terpikir kalau di masa depan duit pecahan kecil itu nilainya bisa berkali-kali lipat?

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

 

Itu bisa terjadi jika koin itu dinyatakan tak berlaku lagi dan menjadi barang langka. Pendek kata, duit recehan itu masuk golongan uang kuno. Dengan status uang kuno, nilainya bisa tinggi karena kelangkaannya.

 

Lantaran ada pasarnya alias permintaan uang kuno yang banyak, akhirnya bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. Mereka yang dulunya kolektor uang kuno memanfaatkan momentum ini dengan menjual uang koleksinya.

 

Uang recehan yang beredar saat ini keniscayaan ke depannya bakal menjadi benda buruan kolektor yang nilainya berkali-kali lipat. Serius ini.

 

jangan remehkan uang receh

Koleksi uang receh juga bisa jadi bernilai tinggi loh, gak percaya? Coba aja sendiri

 

 

4.Alat mencapai tujuan keuangan

Siapa sangka tujuan finansial seseorang bisa terealisasi berkat uang recehan? Ini benaran fakta. Sudah banyak yang mencoba menjadikan uang pecahan kecil, terutama koin, untuk mencapai tujuan keuangan di masa depan.

 

[Baca: Tanpa Tujuan Keuangan Bakal Sia-sia dalam Berinvestasi]

 

 

Contohnya, tujuan keuangan setahun lagi adalah punya sepeda gunung. Nah, demi mencapai tujuan itu, uang recehan bisa jadi mediumnya. Dengan menabung lewat duit recehan selama setahun, kalau dikumpulkan nilainya bisa setara dengan harga sepeda gunung yang diidamkan.

 

Lagi pula, menabung dengan duit recehan tak berasa berat dibanding menyisihkan uang dengan nilai nominal yang besar. Misalnya Rp 100 ribu. Ayo coba berat mana menabung duit koin Rp 1.000 per hari atau Rp 100 ribu?

 

jangan remehkan uang receh

Uang receh kalau dikumpulin lama-lama juga bisa satu truk kan! 

 

 

5.Media mendidik anak

Duit recehan bermanfaat pula sebagai media pembelajaran keuangan kepada anak. Selain melatih perhitungan penjumlahan dan pengurangan, mengenalkan duit recehan kepada anak turut membantunya menghargai uang kecil.

 

[Baca: Moms, Ini Jurus Mudah Didik Si Kecil Seputar Keuangan]

 

 

Selanjutnya, uang recehan yang dimiliki anak diarahkan untuk ditabung. Awali dengan celengan, lalu jika sudah penuh bisa ditabung ke bank. Dengan begitu, anak akan memahami nilai uang sejak dini yang bisa membantunya mengatur keuangan di hari esok.

 

jangan remehkan uang recehBeliin celengan yang lucu-lucu buat anak biar mereka seneng nabung ya

 

 

Nah, jelas kan kalau duit recehan itu juga menyembunyikan kekuatan yang besar. Jadi, jangan remehkan uang receh yang diterima sebagai kembalian. Sebaiknya siapkan wadah untuk mengumpulkan uang recehan. Karena dengan berjalannya waktu, siapa tahu itu jadi harta karun yang tak terduga.

 

 

 

Image Credit:

  • http://cdn.klimg.com/merdeka.com/resized/670×670/i/w/news/2012/04/24/30146/996×498/demi-kata-maaf-pria-ini-dipenjara-15-tahun.jpg
  • http://media.viva.co.id/thumbs2/2009/12/08/81333_logo_koin_peduli_prita_mulyasari_663_498.jpg
  • https://suaratangsel.com/wp-content/uploads/2015/07/800px-BLW_Saucy_Roman_Tokens-01-660×330.jpg
  • https://sastraharta25.files.wordpress.com/2015/09/kricik.jpg
  • http://panel.mustangcorps.com/admin/fl/upload/files/17menabung.jpg
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →