Jangan Sampai Tertipu! Waspadai Lima Penipuan Berkedok Investasi

Investasi merupakan salah satu cara paling tepat untuk mengamankan finansial sekaligus membuat kekayaanmu semakin beranak pinak. Meski demikian, bukan berarti kamu bisa asal dalam memilih investasi, bisa-bisa terjangkit penipuan berkedok investasi. 

Ditambah lagi kini sudah banyak tersedia jenis investasi dengan modal kecil tetapi dapat memberikan keuntungan yang besar, contohnya saja reksadana maupun logam mulia.

Sayangnya hal itu dimanfaatkan oleh oknum yang tak bertanggung jawab untuk mengeruk keuntungan besar. Niatnya mau untung malah jadi buntung kalau kamu gak teliti.

Karena itu, buat kamu yang sedang berencana ingin menanamkan uang dalam bentuk investasi, perlu meningkatkan kewaspadaan.

Yuk simak lima penipuan berkedok investasi di Indonesia seperti berikut ini:

1. Investasi HYIP (High Yield Investment Programs)

Investasi

Saat akan investasi, ternyata pihak penyedia investasi memberikan iming-iming keuntungan hingga 20 persen setiap bulan.

Alasannya, uang kamu akan diinvestasikan ke dalam bisnis batu bara, minyak dan lainnya. Penawaran tersebut ternyata banyak membuat orang tergiur dan akhirnya berinvestasi.

Karena minimnya informasi, banyak orang yang menjadi korban penipuan. Karena itu kalau kamu mendapatkan penawaran seperti di atas, maka harus ekstra hati-hati. Jangan sampai terkena penipuan berkedok investasi bodong.

2. Skema ponzi

Skema Ponzi (Ilustrasi)

Skema ponzi pertama kali dikenalkan oleh Charles Ponzi di tahun 1903. Kemudian kembali mencuat karena sosok Bernard L Madoff.

Jadi, skema ini menawarkan pembayaran yang sangat besar, salah satunya adalah jaminan hasil investasi sebesar 20 persen per bulan. Syaratnya cukup mudah, yaitu calon investor hanya perlu memperkenalkan penawaran investasi kepada calon investor baru.

Nah, modus penipuan Ponzi kembali ditawarkan via website, email dan media sosial. Jadi hati-hati, jangan sampai terkena penipuan berkedok investasi bodong.

3. Investasi emas palsu

Waspada investasi emas palsu (Iustrasi)

Penipuan investasi emas juga kini banyak terjadi. Calon investor akan diminta untuk menyetorkan sejumlah uang yang kemudian akan diberikan emas batangan. Setelah itu, calon investor diminta untuk membeli emas tersebut dengan harga yang lebih tinggi dari pasaran.

Janjinya adalah emas yang kamu beli akan dibeli lagi dengan harga yang jauh lebih tinggi. Tapi janji tinggal janji, sang pemilik perusahaan kabur membawa uangmu ditambah keaslian emas batangan pun gak terjamin.

Niat mau dapat untung malah jadinya buntung karena kena tipu. Apes banget kan kalau seperti itu. Oleh karenanya, disarankan agar kamu membeli emas batangan di tempat yang aman seperti Antam atau Pegadaian.

4. Menggandakan dollar

 

Hati-hati penggandaan dolar palsu. (Ilustrasi)

Penipuan menggandakan mata uang asing sebenarnya bisa dibilang jenis penipuan yang paling primitif dan bodoh. Sayangnya, masih banyak saja orang yang tertipu.

Kita akan diyakinkan oleh seseorang yang mendemonstrasikan kemampuan menggandakan dollar AS. Nyatanya, uang yang digandakan itu palsu. Nah, setelah kita terbuai, mereka akan meminta kita menggandakan dollar AS yang kita miliki.

Untuk menghindari hal tersebut, lebih baik kamu membuka tabungan dollar yang memang ditawarkan oleh bank. Sudah pasti aman dan terjamin.

5. Penipuan Agrobisnis

Waspada penipuan investasi lahan. (Ilustrasi)

Jenis penipuan lainnya yang berkedok investasi dan sering terjadi di Indonesia adalah penipuan agrobisnis. Apa itu maksudnya?

Jadi, calon investor akan diminta untuk menginvestasikan sejumlah uang. Setelah itu, akan diberikan surat kepemilikan atas lahan. Nah, lahan tersebut niscaya akan ditanami pohon jati atau tanaman tertentu.

Keuntungan yang ditawarkan adalah hasil dari penjualan tanaman tersebut akan diberikan kepada si investor. Tetapi yang terjadi adalah surat kepemilikannya palsu dan uangmu malah dibawa kabur. Kamu pun hanya bisa gigit jari karena kehilangan uang.

Nah, itu dia lima jenis penipuan berkedok investasi yang marak terjadi di Indonesia. Sebenarnya, investasi itu penting banget lho tapi jangan sembarangan memilihnya. 

Kamu harus mempelajari dan disarankan untuk membelinya di tempat yang terpercaya. Dan tidak tergiur dengan keuntungan besar yang diluar nalar. So, be a smart and wise customer ya! Jangan sampai angan-angan mendapatkan hasil investasi besar, malah dapat penipuan berkedok investasi, alias investasi bodong.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →