Jarang Terekspos, Becky Tumewu Ternyata Makin Sukses dengan Bisnis Ini

becky tumewu

becky tumewu

Siapa sih yang gak kenal sama Ruth Ludwina Rebecca alias Becky Tumewu? Presenter kondang ini memang udah mulai jarang terlihat di layar kaca, tapi siapa sangka dia ternyata makin sukses lho dengan bisnisnya.

Buat kamu yang belum tahu, Becky punya bisnis bersama Erwin Parengkuan yang sudah berjalan lebih dari 10 tahun. Namanya adalah TALKINC. 

Bisa dibilang TALKINC-ah yang menyumbang kesuksesan Becky selain aktif menjadi host di berbagai acara besar.

Ingin tahu sekilas fakta mengenai TALKINC? Yuk simak ulasannya.

Baca juga: Sempat Dilarang Jadi Desainer, Begini Lika-liku Karier Robby Tumewu

1. Sedang ultah ke-12

becky tumewu dan erwin parengkuan
Becky Tumewu dan Erwin Parengkuan. (MoneySmart.id/Aulia Akbar)

TALKINC adalah sebuah lembaga pelatihan komunikasi dan public speaking terkemuka di Indonesia. Gak heran kalau lembaga yang satu ini memang jadi top of mind bagi banyak perusahaan, instansi pemerintahan, atau BUMN di negara ini yang membutuhkan jasa pelatihan komunikasi.

Tentu saja, nama Becky Tumewu dan Erwin Parengkuan memang sangat menjual. So, gak heran kalau klien mereka luar biasa banyak.

TALKINC sendiri menyediakan dua jenis pelatihan. Yang pertama adalah kelas reguler yang sudah meluluskan 7 ribu peserta. Lalu ada juga kelas in house.

Tidak terlalu mengejutkan, pasalnya TALKINC sendiri sudah berdiri sejak 12 tahun yang lalu. Bahkan, Erwin mengatakan kalau cikal bakalnya sudah ada sejak tahun 2004. 

Baca juga: Ingin Seperti Mario Teguh dan Merry Riana, Ini 7 Tips Menjadi Motivator Sukses

2. Dimulai dari satu orang karyawan

becky tumewu dan erwin parengkuan
Becky Tumewu dan Erwin Parengkuan. (MoneySmart.id/Aulia Akbar)

“Kami mendirikan ini (TALKINC) berawal dari hal kecil yaitu keinginan untuk berbagi. Mulai dari satu staf saja, kini sudah ada 20 staf,” ujar Erwin Parengkuan dalam Selebrasi 12 Tahun TALKINC, di Fook Yew, Grand Indonesia, 26 November 2019.

Satu sosok yang menginspirasi Erwin dan Becky mendirikan TALKINC adalah Barack Obama. Sebagai mantan orang nomor satu di Negeri Paman Sam, Obama memang berbeda dari sosok presiden-presiden pendahulunya.

Hal itu tentu menginspirasi banyak petinggi perusahaan atau instansi negara yang ingin tampil bak Obama. Nah, peluang ini kerap dimanfaatkan oleh TALKINC untuk cari cuan.

“Banyak sekali permasalahan komunikasi antar-generasi, TALKINC akan jadi jembatan untuk mengatasi masalah ini. Kami pun memproduksi banyak modul komunikasi yang update, karena kunci dari segala komunikasi adalah saling mengenali siapa yang kita hadapi dan saling berempati serta menghargai,” ujar Becky Tumewu.

Baca juga: Ira Koesno, Mantan Akuntan yang Sering Jadi Moderator Debat Pilpres

3. Ingin jadi institut komunikasi

becky tumewu
Dalam sebuah acara. (Instagram/@becktum)

Saat ini, TALKINC memang hanya sebatas penyedia kursus. Seiring dengan berjalannya waktu, TALKINC tentunya ingin berkembang jadi makin besar, dan mereka pun punya ambisi yang lebih besar dari sebelumnya.

“Kami akan terus bergerak dan bertumbuh. Kalau sekarang ini kursus, kita ingin jadi sekolah formal seperti institut komunikasi,” papar Erwin.

Erwin menambahkan, saat ini TALKINC sendiri sudah punya banyak tim profesional yang bakal bertindak selaku mentor atau tim pengajar. Mereka semua gak cuma jago dalam public speaking lho, ada yang jago content writing, psikologi, dan lainnya.

4. Ultah 12 tahun gak cuma selebrasi

becky tumewu
Pernah bekerja bersama Ditjen Imigrasi. (Instagram/
@becktum)

Ketika menginjak usianya yang ke 12 tahun, TALKINC gak hanya melakukan selebrasi. Mereka justru meluncurkan kampanye “Change from within, let’s take action!” Apa maksudnya?

Ternyata, TALKINC mengajak kita untuk peduli lingkungan dengan lebih memperhatikan penggunaan sampah plastik yang berbahaya terhadap lingkungan. Di Galeri Indonesia Kaya, 26 November 2019, TALKINC mengundang para pejuang lingkungan seperti Chitra Subyakto, Tiza Mafira, hingga Nadine Chandrawinata untuk memberikan paparan mengenai isu sampah plastik yang cukup berbahaya di Indonesia.

Wuih ternyata ini nih yang jadi salah satu kesibukan Becky belakangan ini. Inspiratif banget ya, bisa memanfaatkan bakat dan kemampuan jadi ladang usaha. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis