5 Ide Bisnis Jelang Idul Adha yang Bisa Menghasilkan Banyak Uang

idul adha

Hari Raya Idul Adha 2020 akan  jatuh pada akhir Juli mendatang. Jadi kurang lebihnya sekitar beberapa minggu lagi, seluruh umat muslim bakal merayakan hari raya yang identik dengan pemotongan hewan kurban baik kambing, sapi hingga domba. Bahkan saat perayaan Idul Adha bakal banyak bisnis musiman yang menghasilkan uang.

Nah, menjelang Idul Adha sebenarnya banyak sekali peluang usaha yang bisa kamu coba lho. Ya, beramal sembari menghasilkan uang tentu gak jadi masalah bukan?

Selain itu, mengingat bisnis musiman ini selalu berulang setiap tahun, jadi gak ada salahnya kalau kamu mempersiapkan modal dari jauh-jauh hari. Dengan begitu, bisnis yang kamu jalankan pun bisa berjalan mulus saat di hari raya.

Gak berbeda dengan momen Idul Fitri yang bisa mendatangkan rezeki berlimpah, Idul Adha pun juga demikian. Jika jeli melihat peluang bisnis, maka bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah yang lumayan mengisi tabunganmu.

Penasaran apa saja ide bisnis yang bisa kamu jalankan dan dijamin bikin kamu kaya raya? Berikut lima di antaranya:

1. Jual hewan kurban

Jual hewan kurban menjadi ide bisnis paling menguntungkan. Namun buat menjalankan bisnis yang satu ini membutuhkan modal yang cukup besar.

Nah, buat kamu yang gak memiliki cukup dana buat langsung membeli beberapa ekor hewan kurban. Kamu bisa lho beternak sendiri. Tapi butuh kesabaran yang ekstra.

Selain itu, kamu juga bisa bekerja sama dengan para peternak hewan kurban buat menjualnya secara online yang memang kini semua sudah serba digital.

Cari peternakan yang memiliki hewan ternak sehat. Karena syarat hewan kurban itu gak boleh sakit, cacat maupun dalam masa melahirkan. Jadi, harus benar-benar sehat dan layak.

Jadi istilah kamu itu sebagai broker atau orang yang memasarkan hewan kurban. Kamu bisa menawarkan hewan kurban jualanmu ke teman dekat, saudara maupun tetangga.

2. Peralatan sate

Hari raya ini juga identik dengan pemotongan hewan kurban dan tentu aja melakukan bakar-bakaran alias menyatai. Kamu bisa banget nih memulai bisnis peralatan sate karena memang pastinya bakal banyak diburu.

Kamu bisa menjual panggangan sate, tusuk sate, kipas, hingga berbagai jenis arang. Untuk pemasarannya bisa melalui sosial media baik Facebook atau Instagram atau menawarkan langsung ke kerabat terdekat.

3. Jual bumbu masak siap pakai

Selain sate, banyak orang yang kerap mengolah daging kambing maupun sapi menjadi menu makanan menggiurkan, seperti sop maupun gulai.

Memanfaatkan kesempatan tersebut, kamu bisa banget lho menyediakan bumbu masak siap pakai buat berbagai olahan daging, seperti sate, tongseng, gulai dan sebagainya.

Kebanyakan ibu rumah tangga gak mau ambil pusing membuat bumbu sendiri sehingga ide berjualan bumbu masak siap pakai dijamin bakal laris manis.

4. Jasa masak daging kurban

Kamu jago memasak? Yuk, gunakan keahlian kamu buat meraup pundi-pundi rupiah jelang Idul Adha 2019 ini yaitu dengan menawarkan jasa masak daging kurban.

Pasalnya, gak semua orang dapat memasak olahan daging kurban dengan baik. Seperti diketahui kalau kambing itu memiliki aroma khas. Jadi kalau gak tepat mengolahnya maka hasilnya pun akan kurang lezat.

Itulah mengapa gak sedikit orang yang mencari jasa masak daging kurban. Selain gak perlu repot di dapur, hasil makanannya pun akan lebih lezat jika diolah dengan benar.

5. Perlengkapan ibadah dan baju muslim

Serupa dengan Hari Raya Idul Fitri saat Idul Adha gak sedikit masyarakat yang ingin menggunakan pakaian atau perlengkapan ibadah yang baru.

Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut buat menghasilkan uang. Karena setelah Salat Ied di masjid, banyak yang langsung berkeliling silaturahmi ke tetangga. Itulah mengapa baju muslim seperti baju koko, gamis, mukena, peci, sarung, hingga kaftan pasti banyak dicari jelang Idul Adha.

Itu dia lima ide bisnis menjelang Idul Adha yang dijamin laris manis dan bikin tabungan kamu menggendut. Gak ada salahnya kamu ajak saudara atau teman buat menjalankan ide bisnis di atas, tertarik mencobanya?