Ada Seharga Rp 26 Miliar, Ini 15 Jenis Ikan Koi Termahal yang Berasal dari Jepang

Jenis-Ikan-Koi-yang-Termahal-dan-Terindah-dari-Jepang-Shutterstock.

Apa aja jenis-jenis ikan koi termahal dan paling dicari saat ini? Ikan koi populer berkat keindahan warna-warna yang melekat di sisiknya. Warna-warna yang ada pada tubuh ikan ini menentukan harga jualnya.

Gak tanggung-tanggung, harga jenis ikan koi yang diberi nama S Legend bisa mencapai 203 juta yen atau sekitar Rp 26 miliar. Ikan koi ini terjual dalam sebuah acara Lelang Koi tahunan yang diadakan Sakai Fish Farm di Hiroshima, Jepang pada 4 Oktober 2018.

Itu baru satu contoh mahalnya harga ikan koi. Namun, pernah gak bertanya-tanya kenapa ikan koi bisa begitu mahal harganya? Apa aja jenis-jenis ikan koi termahal yang dijual saat ini? 

Buat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Lifepal telah bikin ulasan seputar ikan koi dan jenis-jenisnya. Penasaran dengan informasinya, berikut ini ulasannya.

Ada di Jepang sejak 1700-an, ikan koi kini disukai banyak orang di dunia

Ikan koi adalah salah satu jenis ikan mas atau ikan karper. Kata “koi” yang berasal dari bahasa Jepang memiliki arti kasih sayang atau cinta. Karena itu, koi diperkenalkan sebagai simbol cinta dan persahabatan di Jepang.

Ikan koi menurut muasalnya pertama kali dibudidayakan di Jepang pada tahun 1700-an. Para petani di Jepang membiakkan ikan koi buat memperoleh jenis ikan karper baru dengan warna dan pola yang berbeda.

Ikan yang punya nama ilmiah Cyprinus rubrofuscus ini benar-benar dibiakkan secara serius di Jepang. Dalam kultur masyarakat Jepang, koi lebih dari sekadar simbol persahabatan. Masyarakat Jepang telah menganggap ikan koi lambang keberuntungan, kemakmuran, dan nasib baik. Bahkan, ikan koi disebut-sebut memberi manfaat spiritual.

Ikan koi pun mulai mendapat perhatian orang-orang di dunia ketika salah satu jenisnya diberikan ke Kaisar Jepang sebagai hadiah pada tahun 1914 buat menghiasi parit istana Kaisar Hirohito. Informasi keindahan koi kemudian menyebar dan menarik banyak orang di dunia.

Jenis-jenis ikan koi yang dibiakkan dan diperjualbelikan

Pembiakan yang dilakukan demi mendapatkan warna dan pola yang berbeda rupanya menghasilkan beberapa jenis ikan koi. Setiap jenis ikan koi diberi nama berdasarkan ciri-ciri yang melekat di tubuhnya.

Berikut ini adalah daftar jenis koi yang telah diklasifikasikan dan diperjualbelikan saat ini sebagaimana yang dikutip dari Kodama Koi Farm.

Jenis ikan koi Klasifikasi
Asagi Jenis koi ini punya ciri tubuh biru atau nila. Warna merah di pangkal sirip dada yang disebut Motoaka.
Bekko Jenis koi ini bercirikan warna hitam dan putih. Gak ada warna melekat pada ikan koi ini meski berasal dari jenis Taisho Sanke.
Doitsu Jenis koi ini disebut ikan karper Jerman yang gak punya sisik. Namun, ada juga jenis yang punya sisik pada punggungnya. 
Ginrin  Kalau jenis ikan koi ini bercirikan sisik yang berbentuk berlian di tubuhnya. Terus sisiknya dapat bersinar saat ditimpa cahaya.
Goshiki Jenis ini mulai dihasilkan tahun 1918 dengan membiakkan Asagi dan Kohaku. Selain merah, muncul juga warna hitam, biru, dan abu-abu.
Hirenaga Jenis ini dijuluki kupu-kupu air dan dikenal karena siripnya yang anggun. Ditambah dengan sirip dan ekornya yang panjang.
Kawarimono Bukan koi metalik yang dibiakkan dari banyak jenis ikan koi.
Kikokuryu Jenis ikan koi dengan kulit platinum mengilap dan sirip dengan warna sumi (sejenis tinta hitam di Jepang).
Kohaku Ikan koi jenis yang satu ini paling mencolok dengan pola warna merah pada kulitnya.
Koromo Koi ini memiliki pola berwarna merah yang indah pada kulit putihnya ditambah dengan pola biru nila.
Ogon Jenis koi indentik dengan warna emas hingga perak yang menyelimuti seluruh tubuhnya dan bersinar indah di kolam.
Platinum Koi jenis ini bisa tumbuh jumbo dengan kemilau logam yang terpancar dari tubuh mereka.
Showa Koi ini tampak indah karena warna putih, merah, dan hitam yang ada pada seluruh tubuh ikan ini.
Shusui Jenis koi versi Asagi dan Doitsu yang dibiakkan pada awal 1900-an oleh Yoshigoro Akiyama.
Taisho Sanke Jenis koi ini adalah pengembangan dari Kohaku pada tahun 1918. Jenis ini disebut juga Taisho Sanshoku yang bercirikan warna putih, merah, dan hitam.
Tancho Jenis ini begitu disukai di Jepang karena alasan mirip bendera Jepang. Nama Tancho pada ikan ini bernamakan keberuntungan, cinta, dan umur panjang.
Utsurimono Jenis ini terdiri dari beberapa macam, yaitu berwarna sumi (hitam), hi (merah), shiro (putih), dan ki (kuning).

Kenapa harga ikan koi bisa begitu mahal? Ini alasannya

Keindahan ikan koi menjadi daya tarik bagi banyak orang buat memilikinya. Gak heran kalau ada orang yang berani membayar mahal demi mendapatkan jenis koi tertentu karena segi estetisnya yang gak ditemukan pada jenis koi lainnya.

Keindahan yang terdapat pada ikan koi ditentukan beberapa faktor yang menjadi ukuran tingginya nilai koi itu sendiri. Berikut ini adalah faktor-faktor yang jadi alasan kenapa ikan koi bisa sangat mahal.

1. Nilai keindahan koi terletak pada warnanya yang membuat harganya sangat tinggi

Dalam setiap perlombaan, ikan koi biasanya dinilai dengan mempertimbangkan kesehatan kulit, ukuran, bentuk tubuh, hingga seberapa anggun gerakan ikan tersebut di dalam air. Namun, penentuan nilai dari seekor koi ternyata terletak pada warna dan pola sesuai dengan jenisnya.

Dari semua jenis koi yang ada, cuma tiga jenis yang unggul dalam perlombaan seperti yang diungkap Business Insider, yaitu Kohaku, Sanke, dan Showa. Satu hal yang harus diingat, semakin menarik penampilan seekor koi maka semakin tinggi peminatnya.

2. Perawatan ikan koi menghabiskan biaya yang gak sedikit

Walaupun koi itu merupakan salah satu jenis ikan mas, bukan berarti memeliharanya gak menghabiskan biaya yang sedikit. Ini masih ditambah dengan pembiakannya yang gak mudah. 

Rata-rata koi yang berasal dari Jepang punya penampilan yang lebih menarik dan indah karena pembiakan dan pemeliharaannya dilakukan secara serius. Udah gitu orang-orang Jepang menetapkan standar tinggi terhadap koi yang mereka biakkan.

3. Butuh waktu hingga bertahun-tahun buat menghasilkan koi yang cantik

Besarnya biaya yang dikeluarkan buat membiakkan sekaligus memelihara koi juga bergantung pada lamanya pemeliharaan koi tersebut. Buat menghasilkan koi yang sesuai standar, dibutuhkan waktu yang gak singkat. Biasanya waktu bisa bertahun-tahun, bahkan puluhan tahun.

Daftar harga ikan koi yang dijual secara online dari termurah hingga termahal

Jenis ikan Koi
Ikan Koi (Shutterstock).

Seperti yang dijelaskan di atas, perbedaan jenis ikan koi menentukan harga jual dari ikan itu sendiri. Kini mendapatkan koi bukanlah perkara sulit sebab ikan ini bisa dibeli secara online dari Jepang. Berikut ini adalah daftar harga ikan koi seperti yang bersumber dari Kodama Koi Farm.

Jenis ikan koi Harga jual
Asagi US$ 115 – US$ 3.000
Bekko US$ 95 – US$ 1.800
Doitsu US$ 100 – US$ 5.000
Ginrin  US$ 150 – US$ 3.500
Goshiki US$ 150 – US$ 3.000
Hirenaga US$ 80 – US$ 4.500
Kikokuryu US$ 75 – US$ 1.500
Kohaku US$ 70 – US$ 15.000
Koromo US$ 400
Ogon US$ 100 – US$ 3.000
Platinum US$ 80 – US$ 1.500
Showa US$ 200 – US$ 7.700
Shusui US$ 75 – US$ 4.500
Taisho Sanke US$ 50 – US$ 3.500
Tancho US$ 75 – US$ 8.000

Nah, itu tadi informasi seputar jenis-jenis ikan koi, harga jualnya, dan alasan kenapa harganya bisa sangat mahal. Semoga bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →