Gak Butuh Modal Gede! Ini 5 Jenis Investasi Paling Cocok Buat Freelancer

Kini udah tersedia banyak pilihan jenis investasi yang bisa kamu pilih untuk membuat tabunganmu semakin bertambah.

Sayangnya masih banyak orang yang menganggap kalau investasi itu butuh modal gede dan hanya cocok buat mereka yang punya penghasilan besar.

Padahal itu sama sekali gak benar lho. Pasalnya, kini udah banyak banget jenis investasi yang modalnya kecil, bahkan para pekerja freelance pun bisa terjun ke investasi.

Ya, seiring perkembangan zaman, memang banyak orang yang memilih pekerjaan sebagai freelance terutama kaum millennial.

Sebenarnya sih sah-sah aja, toh gak melanggar hukum juga. Apalagi, pekerjaan freelance itu menawarkan banyak keuntungan, seperti:

  • Bebas kerja di mana dan kapan pun.
  • Bisa mengambil banyak kerjaan sekaligus.
  • Gak terikat dengan peraturan kantor yang kaku.
  • Gak keluar duit lebih buat ongkos dan makan siang.
  • Bisa cuti kapan aja.

Tapi di balik segudang keuntungannya itu, para pekerja freelance lebih rentan mengalami masa depan suram. Lah kok bisa?

Ya, salah satunya lantaran gak adanya pungutan wajib menyangkut pensiun seperti salah satunya BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu, mereka juga gak punya jaminan setiap bulan bakal dapat uang seperti gaji.

Karena itu buat kamu para pekerja freelance sebaiknya memiliki investasi agar masa depanmu lebih terjamin. Apa saja kira-kira jenis investasi yang cocok untuk kamu para freelancer? Berikut ini lima di antaranya:

1. Reksadana

Reksadana. (Shutterstock)
Reksadana. (Shutterstock)

Reksadana merupakan salah satu instrumen investasi yang kini banyak dilirik orang. Selain modalnya gak gede yaitu dimulai dari Rp 100 ribu, keuntungan yang didapatkan pun cukup menggiurkan lho.

Gak cuma itu aja, reksadana juga salah satu investasi yang minim risiko buat pemula dan investor bermodal kecil. Para investor bermodal kecil ini ya salah satunya adalah freelancer.

Uang yang kamu investasikan ke reksadana juga akan dikelola oleh manajer investasi yang sudah ahli di bidangnya. Jadi, kamu hanya perlu duduk anteng di rumah dan menunggu uangmu beranak pinak.

2. Emas

Investasi emas. (Shutterstock)
Investasi emas. (Shutterstock)

Investasi emas juga menjadi pilihan banyak orang untuk investasi. Terlebih, kini udah tersedia tabungan emas yang merupakan salah satu program besutan Pegadaian agar para masyarakat menengah ke bawah juga bisa terjun ke investasi.

Modal yang diperlukan pun juga gak gede lho, kamu hanya perlu merogoh bujet kurang dari Rp 10 ribu untuk bisa memiliki investasi emas seberat 0.01 gram.

Selain itu, investasi emas juga minim akan risiko dan terbilang stabil karena jenis investasi yang satu ini tidak akan tergerus oleh inflasi layaknya mata uang kertas.

3. Dolar

Investasi Dolar. (Shutterstock)
Investasi Dolar. (Shutterstock)

Rupiah sering letoy di depan dolar? Kondisi tersebut bisa kamu manfaatkan untuk meraup pundi-pundi rupiah dengan cara investasi mata uang asing. Caranya, beli saat nilai dolar turun dan jual saat nilainya naik.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Apalagi, dolar juga selalu naik setiap tahunnya. Selain itu duit dolar juga bisa ditabung maupun didepositokan agar lebih aman.

 

4. Deposito

Deposito. (Shutterstock)
Deposito. (Shutterstock)

Menabung itu bagus, tapi bunga tabungan terlalu sedikit untuk disebut sebagai investasi. Jadi, alternatifnya ya deposito.

Cara kerjanya pun mirip menabung, yaitu setor duit ke bank untuk disimpan. Tapi kamu gak bisa mengambilnya sesuka hati karena terikat dengan perjanjian periode deposito. Ya, sebagai gantinya, bunganya lebih gede ketimbang menabung biasa.

5. Saham

Investasi saham. (Shutterstock)
Investasi saham. (Shutterstock)

Investasi saham sebenarnya bisa kamu lakukan lewat reksadana. Tapi kalau kamu mau terjun langsung ke investasi ini ya monggo. Hasil yang didapatkan pun juga lebih besar ketimbang reksadana.

Tapi untuk terjun ke jenis investasi ini, kamu perlu paham betul aturan bermainnya. Karena kalau salah-salah yang ada kamu bangkrut.

Nah, itu dia lima jenis investasi yang cocok untuk para pekerja freelance. Daripada pas tua kamu malah pusing mikirin keuangan yang morat-marit, mending miliki lima atau beberapa jenis investasi di atas dari sekarang.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →