Gak Usah Pusing Pikirin Modal Usaha Kalau Bisa Dapat dari Kredit Ini

Modal yang dikeluarkan

Siapa bilang ambil kredit cuma buat keperluan yang sifatnya darurat? Faktanya nih ada lho jenis-jenis kredit yang emang disediakan khusus buat mereka yang butuh modal usaha. Dan kredit-kredit tersebut bisa kamu temukan dengan mudah di bank.

Seperti yang kamu tahu, modal usaha adalah faktor kunci yang menentukan usaha itu bisa jalan atau gak sama sekali. Makanya cukup banyak orang yang awalnya berniat buka usaha, tapi malah gak jadi gara-gara modalnya pas-pasan.

Untungnya, sekarang ini kurangnya modal bukan lagi kendala yang harus dipusingkan. Sebab dengan mengajukan kredit, kamu bisa mendapat modal yang cukup buat merintis usaha impianmu.

Nah, berikut ini adalah jenis-jenis kredit yang bisa diandalkan banget sebagai modal usaha. Apa aja? Ini dia daftarnya.

1. Kredit tanpa agunan atau KTA

Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Dari jenis-jenis kredit yang disediakan bank, kredit tanpa agunan atau KTA menjadi pilihan modal usaha yang gak ribet. Kamu gak perlu menjaminkan apapun buat dapat kredit ini.

Soal bunga, gak usah khawatir. Ada KTA yang menawarkan bunga kurang dari satu persen lho per bulannya. Jangka waktu pinjamannya yang ditawarkan juga gak tanggung-tanggung lamanya. Kamu bisa mengajukan kredit dengan tenor hingga 180 bulan.

Syarat mengajukan KTA terbilang mudah. Kamu cukup menunjukkan KTP, NPWP, rekening 3 bulan terakhir, slip gaji, dan gak ketinggalan mengisi formulir aplikasi pengajuan kredit.

2. Kredit usaha rakyat atau KUR

pinjaman-bri
Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI (fajarsumatera)

Jenis kredit yang satu ini hadir sebagai salah satu program pemerintah dalam membantu para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM. Seperti yang udah disinggung sebelumnya, modal menjadi satu dari banyak masalah dalam menjalankan usaha.

Demi keberlangsungan UMKM, Pemerintah bikin program kredit usaha rakyat atau KUR yang dapat diakses di bank-bank pemerintah. Plafon KUR ditawarkan hingga Rp 500 juta dengan tenor selama 6 tahun.

Bunga yang dipatok KUR cukup terjangkau. Malahan lebih terjangkau ketimbang KTA, yaitu 7 persen per tahun atau 0,58 persen per bulan.

Pemerintah menyalurkan KUR di bank-bank yang berstatus BUMN, yaitu Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN.

3. Kredit multiguna

Kredit multiguna. (Shutterstock)
Kredit multiguna. (Shutterstock)

Walaupun di bank orang-orang lebih memilih mengajukan KTA, bukan berarti kredit multiguna itu gak bisa jadi pilihan buat modal usaha lho ya. Asal tahu aja nih, proses pengajuan kredit multiguna ini lebih cepat lho ketimbang KTA.

Kenapa bisa gitu? Sebab dalam proses pengajuan KTA, ada yang namanya pengecekan kolektibilitas kredit. Bank dapat mengambil keputusan buat menyetujui atau menolak kredit dengan melihat kolektibilitas kreditnya.

Lain cerita kalau kamu mengajukan kredit multiguna. Prosesnya jelas lebih cepat ketimbang proses KTA. Sebab jaminan yang kamu berikan bikin kreditur mau mengucurkan dananya buat kamu pinjam.

Gak cuma itu. Dana kucuran kredit multiguna lebih besar ketimbang KTA. Kamu bisa ajukan pinjaman hingga Rp 5 miliar. Lebih besar bukan daripada KTA?

Bunganya pun juga kompetitif. Kamu bisa dapat kucuran dana dengan bunga 5 persen. Lebih kecil dibandingkan bunga KTA.

4. Kredit investasi

Jenis kredit ini emang difokuskan sebagai modal usaha yang nantinya bisa digunakan buat perluasan usaha.

Jenis kredit ini emang difokuskan sebagai modal usaha yang nantinya bisa digunakan buat perluasan usaha atau pembelian alat-alat produksi.

Plafon yang ditawarkan kredit investasi lumayan tinggi dari Rp 100 juta – Rp 10 miliar. Jangka waktu pinjaman atau tenornya pun juga panjang lho. Kamu bisa mendapat kredit dengan tenor hingga 15 tahun.

Bunga yang dipatok kredit investasi cukup kompetitif. Rata-rata bunga yang dikenakan di bawah 10 persen per tahun.

5. Dana tunai kartu kredit

Tarik tunai dari kartu kredit.

Punya kartu kredit? Gak ada salahnya dimanfaatkan buat mengajukan dana tunai kartu kredit. Emang sih dana tunai kartu kredit ini gak sepopuler jenis-jenis kredit lainnya. Namun, prosesnya yang cepat bikin dana ini bisa diandalkan banget saat butuh dana cepat.

Kamu bisa dapat kucuran dana dari fitur dana tunai kartu kredit ini dari Rp 1 juta – Rp 200 juta. Besarnya bunga yang ditetapkan tergantung tenor yang dipilih.

Ada yang kasih bunga 0 persen kalau debiturnya pilih tenor singkat. Ada juga yang kasih bunga 1 persen seandainya debitur memilih tenor singkat.

Itu tadi jenis-jenis kredit yang bisa dijadikan modal usaha. Ngomong-ngomong soal modal usaha, udah tentukan pilihan belum yang mana kamu ajukan nantinya?

Asalkan kamu memenuhi syarat dan ketentuannya, dijamin deh pengajuanmu disetujui. Semoga diterima ya pengajuannya! (Editor: Winda Destiana Putri).

 

View this post on Instagram

 

Lagi cari modal buat usaha kamu? Coba ikutin tips-tips ini deh! ? . . . #moneysmartid #financialcoach #tips #modal #usaha

A post shared by MoneySmart.ID (@moneysmartid) on Sep 6, 2018 at 3:03am PDT