7 Jenis Pekerjaan buat Penyuka Olahraga, Gajinya Ada yang Sampai Miliaran Rupiah

pria bersetelan push up di ruang gym

Waktu zaman sekolah, mungkin pelajaran olahraga menjadi saat yang paling ditunggu-tunggu oleh sebagian besar siswa. Kalau ditekuni, pelajaran yang satu jadi pondasi ilmu untuk melakoni beberapa jenis pekerjaan yang bisa menghasilkan gaji lumayan banyak lho.

Yap kamu gak salah denger, meskipun banyak orang menjalani olahraga sebagai hobi, terdapat potensi yang terpendam buat kamu untuk menjadikan olahraga sebagai mata pencaharian.

Bahkan beberapa dari profesi tersebut bisa menghasilkan uang hingga ratusan juta rupiah jika sukses. Mending kita lihat langsung aja yuk jenis pekerjaan buat kamu yang suka berolahraga berikut ini.

1. Atlet nasional

pelari wanita
Hebat pastinya kalau bisa menembus Olimpiade. (Shutterstock)

Jenis pekerjaan pertama yang bisa kamu coba adalah sebagai atlet nasional. Ini pastinya menjadi cita-cita banyak orang untuk bisa mengharumkan Indonesia di kancah internasional, apalagi kalau kamu bisa menembus ajang Olimpiade.

Ada banyak cabang yang bisa kamu coba mulai dari atletik, angkat besi sampai renang. Tinggal sesuaikan aja sama kemampuan yang kamu miliki.

Untuk honornya sendiri, atlet nasional mendapatkan kurang lebih Rp 8 jutaan untuk skala regional dan bisa mencapai Rp 15 juta apabila tampil di ajang internasional. Itu belum termasuk hadiah uang yang bisa kamu dapatkan saat memenangkan kompetisi.

2. Pelatih cabang olahraga

pelatih sepak bola
Bisa juga jadi pelatih olahraga. (Shutterstock)

Selain menjadi atlet nasional, kamu juga bisa memilih jenis pekerjaan sebagai pelatih cabang olahraga. Gak sedikit atlet yang udah memasuki masa pensiun melanjutkan kariernya sebagai pelatih. Salah satu alasannya adalah karena masih pengin berkontribusi kepada bangsa.

Sebetulnya, gak harus jadi atlet dulu sih. Kamu tetap bisa menjadi pelatih meskipun gak menyandang status mantan atlet. Selama kamu memiliki skill dan prestasi yang bisa dibanggakan maka pintu untuk menjadi pelatih tetap terbuka.

Untuk kisaran gajinya sendiri bervariasi mulai dari Rp 5 jutaan hingga miliaran rupiah seperti yang didapatkan pelatih timnas sepak bola Indonesia Shin Tae Yong. 

3. Instruktur fitness

instruktur fitness sedang melatih
Pahami dulu berbagai hal tentang gym dan latihan kebugaran. (Shutterstock)

Ketiga, kamu bisa menjadi instruktur fitness. Enaknya menjadi instruktur olahraga adalah kamu bisa menyesuaikan waktu untuk melakukan pekerjaan.

Selain itu kamu juga gak terikat dengan kontrak tertentu yang mengharuskan kamu menuntaskan tugas. Gaji yang diberikan juga gak tentu, biasanya dibayar per kedatangan. Kisarannya sekitar Rp 250 ribuan hingga Rp 2 jutaan per kedatangan.

4. Penulis buku

perempuan menulis di depan rak buku
Menulis buku-buku tentang olahraga juga menghasilkan. (Shutterstock)

Walaupun gak memiliki korelasi secara langsung, tetapi menjadi penulis buku adalah jenis pekerjaan yang masih mungkin untuk kamu lakukan.

Konten seputar olahraga yang kamu tulis juga bisa bermacam-macam, bisa mengenai pengalaman diri sendiri ataupun cerita inspiratif dari orang di sekitar kamu.

Untuk gajinya sendiri mulai dari Rp 4 jutaan hingga Rp 7 jutaan untuk level pemula. Namun ada juga yang mendapatkan royalti penjualan sesuai dengan jumlah buku yang udah dibuat. 

5. Wasit

wasit sepakbola membawa kartu, bola dan peluit
Gak melulu jadi atlet, jadi wasit juga menjanjikan. (Shutterstock)

Jenis pekerjaan kelima yang bisa kamu coba adalah menjadi wasit di cabang olahraga tertentu. Sebagai orang yang suka olahraga pasti kamu mengetahui tentang peraturan dasar dari olahraga tersebut, jadi kelebihan tersebut bisa dimanfaatkan menjadi mata pencaharian.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Banyak cabang olahraga yang bisa kamu coba mulai dari bola basket, sepak bola, bulu tangkis hingga tenis.

Untuk gajinya sendiri berkisar Rp 5 jutaan hingga Rp 10 jutaan untuk tingkat pemula dengan jam terbang minim.

6. Reporter olahraga

reporter olahraga
Harus mengasah kemampuan buat menulis laporan berita olahraga yang bagus. (Shutterstock)

Sebagai orang yang gemar berolahraga, umumnya orang mengetahui seluk beluk informasi tentang dunianya tersebut. Contohnya seperti dunia sepak bola.

Dengan pengetahuan kamu tersebut bisa dimanfaatkan menjadi sebuah tulisan yang bisa dibaca banyak orang. Hanya aja kamu perlu sedikit adaptasi untuk bisa menulis agar bisa menjadi reporter olahraga yang handal.

Jenis pekerjaan yang satu ini memiliki gaji sekitar Rp 4 jutaan hingga Rp 6 jutaan untuk level pemula.

7. Pemandu atraksi olahraga

olahraga arung jeram
Jadi pemandu atraksi arung jeram juga bisa. (Shutterstock)

Terakhir, kamu bisa mencoba menjadi pemandu atraksi olahraga, lho kok bisa? Kalau kamu suka olahraga pasti memiliki kondisi fisik yang baik dan prima. Begitupun dengan pemandu atraksi olahraga, jenis pekerjaan yang satu ini membutuhkan hal tersebut agar para pengunjung merasa aman ketika mencoba permainan di tempat rekreasi.

Beberapa contoh profesi semacam ini yang bisa kamu coba adalah pemandu arung jeram, panjat tebing dan lifeguard di kolam renang.

Upah yang bisa kamu dapatkan mulai dari Rp 4 jutaan hingga Rp 10 jutaan tergantung berbagai faktor.

Nah itulah 6 jenis pekerjaan yang bisa kamu coba apabila suka berolahraga. Dari keenam profesi tersebut, mana kira-kira yang paling cocok sama kepribadian kamu? (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →