4 Profesi yang Ngasih Kesempatan Plesiran ke Luar Negeri Gratis

Jalan-jalan ke luar negeri udah menjadi keinginan hampir semua orang. Siapa sih yang gak pengin merasakan suasana yang berbeda. Tapi buat mewujudkannya bukanlah hal yang murah dan mudah. Bisa sih kamu mewujudkannya dengan gratis, caranya terjun ke jenis pekerjaan yang memungkinkanmu buat jalan-jalan ke luar negeri.

Di zaman saat ini, udah banyak pekerjaan yang memungkinkan kamu buat melakukan tugas ke luar negeri. Kalau dulu sih mungkin satu-satunya cara adalah mendapatkan beasiswa kuliah.

Tapi mendapatkan tugas ke luar negeri itu bukanlah hal yang sepele. Sebuah perusahaan pastinya bakal memilih orang-orang yang berkompeten dan mumpuni buat menjalankan tugas berat tersebut. Jangan kamu kira tugas ke luar negeri hanya jalan-jalan aja, tapi ada tanggung jawab yang melekat. Jalan-jalan gratis hanya sebagai bonus aja.

Berikut ini adalah jenis pekerjaan di Indoenesia yang kerap memberi karyawannya tugas ke luar negeri. Semoga aja bikin kamu termotivasi dan berminat untuk menekuninya.

Baca juga: 5 Posisi Pekerjaan yang Gak Terlalu Dibutuhkan di Kantor Startup

1. Pilot

Menjadi pilot merupakan pekerjaan yang menyenangkan nih pasalnya kamu bisa jalan-jalan ke luar negeri, (Ilustrasi/Shutterstock).

Pilot pesawat merupakan salah satu jenis pekerjaan yang enak dan menantang. Gimana gak kerjaannya jalan-jalan melulu, tapi penuh risiko yang besar.

Seorang pilot memiliki tugas buat mengantarkan penumpang, dari satu bandara ke bandara lainnya. Gak hanya dari satu kota ke kota lainnya, tapi juga ke antar negara. Di Indonesia sendiri udah banyak maskapai penerbangan milik putra bangsa yang menyediakan layanan penerbangan rute ke luar negeri, sebut aja Garuda Indonesia, Lion Air, dan lain-lain.

Kalau kamu udah menjadi pilot yang mumpuni, kesempatan buat menerbangan kapal terbang ke luar negeri bakal semakin besar. Rata-rata sih mesti ada beberapa syarat yang dipenuhi seorang pilot terlebih dahulu buat bisa menjalankan tugas tersebut.

Sementara itu, gak semua orang bisa bersekolah pilot. Pasalnya, di Indonesia sendiri sekolah pilot itu termasuk yang paling mahal. Rata-rata biaya yang perlu dikeluarkan buat menempuh pendidikan ini aja bisa mencapai lebih dari Rp 500 juta.

Persyaratannya pun gak mudah, kamu mesti memiliki tinggi badan yang mencukupi, umumnya minimal 160 cm, lolos tes kesehatan, dan juga memiliki kemampuan bahasa Inggris di atas standar.

Ada banyak sekolah pilot di Indonesia yang bisa kamu jadikan pijakan, ada Sekolah Tinggi Ilmu Penerbangan Curug, Bali International Flight Academy, Deraya, dan masih banyak lagi.

Meski buat  terjun ke jenis pekerjaan ini terbilang sangat mahal, tapi gaji yang didapat pun juga gak main-main. Lebih besar ketimbang gaji kantoran biasanya deh.

Baca juga: Waspada! Pekerjaan Ini Nantinya Udah Gak Pakai Tenaga Manusia Lagi, Digantikan Robot

2. Pramugara dan Pramugari

Memutuskan buat menjadi pramugari dan pramugara kamu bisa jalan-jalan ke luar ngeri lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gak cuma pilot, tentunya juga pembantu mereka di pesawat yaitu pramugari dan pramugara juga ikut ketimpa enaknya jalan-jalan ke luar negeri. Kurang enak apa coba, kerja dibayar sambil plesiran ke negeri orang.

Rata-rata memang awak kabin pesawat yang habis menempuh perjalanan ke luar negeri akan mendapatkan waktu istirahat minimal satu hari. Nah, momen tersebut biasanya digunakan buat jalan-jalan di negara tujuan, rugi dong kalau cuma buat tiduran aja di hotel.

Tapi gak semua pramugari atau pramugara bisa merasakan penerbangan ke luar negeri. Penugasan tersebut adalah kewenangan atasan mereka. Dan rata-rata sih kalau di maskapai di Indonesia, mereka yang udah senior dan jam terbang banyak memiliki kesempatan lebih besar buat menikmati rute internasional. Jadi buat yang junior, sabar-sabar aja deh, nanti juga mendapatkan giliran kok, asalkan belum resign aja.

Sementara buat bisa menjadi pramugari atau pramugara, kamu harus memenuhi beberapa persyaratan dulu. Di antaranya adalah kondisi fisik yang sehat dan ideal, jago berbahasa Inggris, siap menghadapi jam kerja yang fleksibel, dan siap jauh dari keluarga.

Baca juga: Biar Gak Dikatain Anti-sosial! Ini 6 Langkah Seimbangkan Pekerjaan dan Personal

3. Kru Kapal Pesiar

Menjadi kru kapal pesiar salah satu pekerjaan yang bisa menikmati jalan-jalan ke luar negeri, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kru kapal pesiar kini udah menjadi salah jenis pekerjaan impian di Indonesia. Bagaimana gak, kamu bisa menjelajah ke luar negeri mengarungi lautan dan digaji dengan mata uang asing.

Pekerjaan ini umumnya diminati oleh para laki-laki dengan posisi yang beragam. Mulai dari housekeeping, koki, hingga nahkoda. Soal pengeluaran buat makan dan lain-lain biasanya juga sudah ditanggung oleh pihak kapal.

Makan kamu akan terjamin dari pagi hingga makan malam. Kemudian ada juga fasilitas mewah seperti gym, kolam renang, yang bisa kamu gunakan ketika hari libur. Buat menjadi kru kapal ini kamu mesti memenuhi persyaratan salah satunya adalah mahir berbahasa Inggris, dan juga lulus tahap pelatihan.

Karena kapal pesiar pada umumnya memiliki penumpang yang tediri dari berbagai asal negara. Jadi standar pelayanan kamu mesti disesuaikan dengan standar internasional.

Walaupun kerjanya enak, selalu ada konsekuensi yang mengintai mereka. Seperti tahan mabuk laut, mudah beradaptasi, dan yang paling utama adalah jauh dari keluarga. Ya menjadi kru kapal pesiar berarti udah berkomitmen buat hidup di lautan untuk waktu yang lama. Kesempatan buat bertemu keluarga pun paling hanya ketika mendapatkan jatah libur panjang saja.

4. Jurnalis

jadi jurnalis salah satu pekerjaan yang asyik karena kamu bisa lho ke luar negeri ketika mendapatkan tugas liputan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Beberapa media-media besar di Indonesia memungkinkan para jurnalisnya buat melaksanakan tugas hingga ke luar negeri. Gak cuma setahun sekali, bahkan ada aja tawaran ke luar setiap bulannya. Tapi mungkin kesempatan ini digilir oleh perusahaan sehingga semua jurnalis bakal dapat jatah buat merasakan liputan ke luar negeri

Kesempatan ini diberikan guna keperluan peliputan beberapa kunjungan kenegaraan. Misalnya ada studi banding pejabat pemerintahan, atau kunjungan kepresidenan ke negara-negara sahabat. Jadwalnya pun gak bisa sembarangan, kamu mesti mengikuti jadwal pihak yang mengundangmu buat plesiran. Jadi tujuannya memang bukan buat jalan-jalan melainkan membuat karya jurnalistik.

Tapi biasanya, jurnalis yang mendapatkan tugas ini haruslah yang memiliki kemampuan berbahasa asing yang mumpuni. Kan percuma misalnya kamu diajak ke luar negeri, ke pertemuan internasional, tapi kamu gak bisa bahasa Inggris, yang ada nanti malah merepotkan orang lain.

Syarat buat terjun ke dunia jurnalistik pun mudah, syaratnya hanya memiliki keahlian menuliskan fakta dan merangkainya menjadi sebuah cerita dan berita yang apik untuk dibaca.

Kini jenis pekerjaan yang satu ini gak tertutup hanya buat lulusan jurnalistik aja, bagi kamu yang memiliki background pendidikan lainnya bisa saja terjun ke dunia ini.

Nah itu tadi 4 jenis pekerjaan yang bisa memberikan kamu kesempatan ke luar negeri gratis bahkan di bayar. Tapi ingat, semua itu bisa didapatkan kalau kamu memang berkompeten dan layak buat diberi tugas tersebut. Kalau kemampuan kamu biasa-biasa saja, meskipun kamu udah terjun ke pekerjaan di atas, kayaknya susah juga buat dapetin plesiran gratis. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →