3 Jenis Pinjaman Berikut Syarat Pegadaian Terlengkap

syarat pinjaman di Pegadaian

Kalau selama ini orang bakal memilih bank sebagai tempat meminjam uang, tapi kini kamu juga udah bisa mengajukan pinjaman di Pegadaian lho. Jenis pinjaman di sini beragam. Prosesnya pun cepat dan mudah.

Ya, selain tempat buat menjaminkan barang dan membeli emas, Pegadaian kini juga hadir buat memberikan solusi kepada masyarakat. Pegadaian secara resmi memiliki izin buat memberikan pembiayaan kepada masyarakat yang membutuhkan dana cepat.

Program pinjaman tersebut tentu aja bisa membantu masyarakat buat memulai atau mengembangkan usaha. Asalkan tetap memenuhi syarat yang sudah ditentukan oleh Pegadaian ya.

Seperti yang dilansir dari situs resmi Pegadaian, berikut tiga jenis pinjaman dan syarat masing-masing disertai cara meminjam uang di Pegadaian.

1. KCA (Kredit Cepat Aman)

KCA adalah jenis pinjaman yang paling populer di Pegadaian. Seperti namanya, pinjaman yang satu ini merupakan solusi yang tepat buat masyarakat yang pengin mendapatkan pinjaman secara mudah, cepat, dan juga aman.

KCA adalah kredit dengan sistem gadai yang diberikan kepada semua golongan nasabah, baik buat kebutuhan konsumtif maupun produktif.

Sebagai cara meminjam uang di KCA Pegadaian ini, kamu hanya perlu memenuhi syarat datang ke kantor Pegadaian sambil membawa agunan, seperti perhiasan emas, laptop, handphone, atau barang elektronik lainnya.

Jumlah pinjaman dimulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 500 juta. Pencairan uang dapat dilakukan hanya dalam waktu 15 menit.

Jangka waktu pinjamannya maksimal empat bulan dan dapat diperpanjang dengan cara mengangsur sebagian uang pinjaman.

Syarat dari Pegadaian

  • Fotokopi kartu identitas diri yang masih berlaku seperti KTP, SIM, atau paspor.
  • Menyerahkan agunan. Jika pengin menjaminkan kendaraan bermotor maka kamu diharuskan buat membawa BPKB dan juga STNK asli.
  • Nasabah menandatangani Surat Bukti Kredit (SBK).

2. KRASIDA (Kredit Gadai Sistem Angsuran)

Terkadang kamu membutuhkan dana yang gak sedikit, seperti biaya masuk perguruan tinggi, renovasi rumah, atau biaya pernikahan.

Nah, sering kali banyak orang yang kebingungan gimana mendapatkan pinjaman dalam jumlah yang besar. Kini kamu gak perlu khawatir karena Pegadaian memiliki fasilitas buat memenuhi kebutuhan kamu itu, namanya KRASIDA (Kredit Gadai Sistem Angsuran).

Syarat dari Pegadaian

  • Kartu identitas diri seperti KTP.
  • Kartu Keluarga.
  • Menyerahkan agunan atau jaminan seperti emas atau kendaraan bermotor lengkap dengan STNK, BPKB, serta faktur pembelian.

Keuntungan dari jenis pinjaman KRASIDA

  • Pinjaman mencapai 95 persen dari nilai taksiran angsuran.
  • Waktu pinjaman mulai dari 6, 12, 24 hingga 36 bulan.
  • Angsuran setiap bulan tetap.
  • Pelunasan dapat dilakukan sewaktu-waktu.
  • Pinjaman mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 250 juta.

3. Kreasi

Pegadaian juga memiliki jenis pinjaman yang ditujukan buat kamu yang pengin mengembangkan bisnis, namanya Kreasi.

Kreasi memberikan pinjaman dengan sistem fidusia. Dalam sistem ini barang yang dijadikan jaminan atau agunan hanya surat-surat kendaraan bermotor seperti BPKB asli, fotokopi STNK dan faktur pembelian. Jadi, kendaraannya sendiri masih tetap bisa kamu gunakan.

Namun, buat mengajukan pinjaman Kreasi ini, kamu harus penuhi syarat memiliki usaha yang masuk ke dalam kriteria Pegadaian, salah satunya adalah usaha telah berjalan minimal selama satu tahun.

Syarat dari Pegadaian

  • Identitas diri seperti KTP.
  • Kartu Keluarga.
  • Surat nikah bagi yang udah menikah.
  • Dokumen kepemilikan kendaraan seperti BPKB asli, STNK, dan faktur pembelian atau Bukti Pemilik Hak Tempat Berjualan (BPHTB).

Proses pinjamannya terbilang mudah dan cepat. Kamu bisa mendapatkan pinjaman cukup besar, mulai dari Rp1 juta hingga Rp200 juta.

Itulah tiga jenis pinjaman yang bisa kamu dapatkan sekaligus syarat dari Pegadaian. Buat informasi lebih lanjut mengenai cara meminjam uang di Pegadaian, silakan mendatangi langsung kantor cabangnya atau menghubungi call center di 1500569.

Solusi masalah keuanganmu selama ini ada di asuransi

Krisis ekonomi gak cuma melanda negara, kita sendiri juga berisiko mengalami krisis ekonomi pribadi. Ada banyak faktor yang bisa membuat kita mengalami krisis ekonomi secara mendadak, misalnya:

  • Mengalami sakit keras, jadi harus berobat di rumah sakit. Tagihannya ternyata mahal dan menguras tabungan.
  • Mengalami kecelakaan lalulintas sehingga harus beristirahat beberapa bulan. Tidak ada pemasukan untuk keluarga.
  • Toko yang selama ini menjadi andalan pemasukan sehari-hari ludes karena terkena rembetan kebakaran dari rumah sebelah.

Risiko-risiko semacam ini yang membuat kita tekor seketika, bukan? Nah solusinya adalah dengan menjadi nasabah asuransi. Berkat manfaat asuransi, kita bisa terhindar dari pengeluaran yang berlebihan semacam kasus-kasus di atas.

Bagaimana bisa? Semuanya memungkinkan karena perusahaan asuransi yang menanggung kerugian kita. Ada berbagai produk asuransi yang kita bisa pilih, antara lain:

Lalu bagaimana cara mendapatkan perlindungan asuransi? Kamu bisa konsultasikan kebutuhan finansialmu untuk mendapatkan referensi kepada puluhan perusahaan asuransi di Indonesia, hanya di Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →