10 Jenis Profesi Ini Sering Terima Uang Tip, Bisa Dapat Jutaan!

Jenis Profesi yang Sering Terima Uang Tip

Mendapat gaji bulanan yang kecil, maka beberapa jenis profesi berikut ini sangat mengandalkan uang tip sebagai penghasilan tambahannya. Besaran uang tip yang gak menentu membuat mereka harus memberikan pelayanan ekstra bagi pelanggan.

Disebut kecil karena gaji perbulan yang diterima bisa saja di bawah upah minimum provinsi (UMP). Meski pas-pasan, mereka tetap semangat mencari nafkah untuk keluarganya.

Penasaran pengin tahu jenis profesi yang dimaksud? Yuk, cari tahu di sini:

1. Montir Bengkel Umum

Montir Bengkel Umum
Montir Bengkel Umum

Jenis profesi ini seringkali menerima gaji di bawah UMP. Meski mereka juga menerima upah harian yang besarannya Rp 20 ribuan atau uang lembur, tetap saja itu masih belum bisa menutup pengeluaran. 

Karena itu, mereka sering menerima tip usai menyervis mobil atau motor milik pelanggan. Besaran tip itu juga gak menentu, tergantung servis yang diberikan. Namun, rata-rata besaran tip yang mereka terima berkisar antara Rp 10 hingga Rp 20 ribuan.

Jika sehari ada 10 pelanggan yang memberikan tip 20 ribu, tentunya lumayan. Tapi, jika bengkel sepi, yang memberikan tip pun akan sepi.

Baca juga: Digital Marketing, Salah Satu dari 11 Profesi yang Dicari di Sepanjang Tahun 2020!

2. Tukang Cuci Mobil atau Motor

Tukang Cuci Mobil atau Motor
Tukang Cuci Mobil atau Motor

Sama seperti montir, mereka memang bertugas untuk memberikan pelayanan pada pemilik kendaraan.

Bahkan, penghasilan mereka lebih rendah dari montir lho, dan gak sedikit juga yang jam kerjanya sangat panjang. Maklum, banyak bengkel cuci mobil atau motor yang buka 24 jam.

Uang tip yang mereka terima tentu lebih kecil ketimbang montir, kadang hanya Rp 5 ribuan saja. 

Baca juga: 8 Jenis Profesi yang Gak Bakalan Punah karena Teknologi

3. Driver Online (taksi dan ojek)

Driver Online
Driver Online

Terlepas dari taksi atau ojek online, para driver atau pengemudi memiliki penghasilan gak pasti. Tergantung dari seberapa banyak orang yang diantar setiap harinya.

Jenis profesi ini juga menuntut pelakunya bisa menjaga kestabilan emosi. Wajar saja, mengemudikan mobil khususnya di kota besar memang harus bergelut dengan kemacetan, dia juga harus mampu menghadapi keluhan para penumpang. 

Sebagian besar dari para driver memang sering mendapat uang tip karena pelayanannya yang baik. Namun, gak semua penumpang juga rela memberikan tip.

Baca juga: Duh, 15 Jenis Pekerjaan Ini Diprediksi Bakal Punah 25 Tahun Lagi

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

4. Terapis Massage

Terapis Massage
Terapis Massage

Terapis pijat juga seringkali mendapatkan uang tip dari pelanggan usai mereka memberikan pelayanannya. 

Maklum saja, pelanggan memang gak terlalu paham dengan penghasilan yang diperoleh para pengemban profesi ini. Namun, besar kemungkinan memang gak terlalu besar, dan sangat bergantung dengan tempat di mana dia bekerja.

5. Tukang Sampah

Tukang Sampah
Tukang Sampah

Mereka yang berprofesi sebagai tukang sampah harus berkeliling dari rumah ke rumah untuk mengumpulkan sampah dan dibuang ke tempat penampungan. Wajar sekali kalau kita berpikiran profesi ini erat kaitannya dengan hal-hal yang sifatnya kotor.

Padahal, pekerjaan yang mereka lakoni merupakan pekerjaan mulia. Pasalnya, tanpa mereka, besar kemungkinan kita semua terjangkit bakteri sampah yang menggunung. 

Karena itu, terkadang pemilik rumah seringkali memberinya uang tip sebagai ungkapan rasa terima kasih. Apakah kamu juga melakukan hal itu kepada tukang sampah di area rumahmu?

6. Pemandu Wisata

Pemandu Wisata
Pemandu Wisata

Profesi tour guide dan pemandu wisata juga merupakan profesi yang sering menerima penghasilan ekstra berupa uang tip. 

Uang itu diberikan atas rasa terima kasih klien yang puas dengan pelayanannya atau bisa jadi merupakan bentuk pembayaran atas pelayanan untuk waktu tambahan.

Sebagian besar pemandu wisata memberikan pelayanan selama 10 jam. Dia juga seringkali merangkap jadi driver

Karena itu, gak kebayang kan capeknya kayak apa. Bayangkan saja kalau tiba-tiba dapat klien yang banyak maunya?

7. Tukang Parkir di Mal

Tukang Parkir di Mal
Tukang Parkir di Mal

Meski sudah memakai seragam dengan tulisan “No Tipping” (dilarang memberikan uang tip), pengunjung mal masih banyak yang memberikan uang tip kepada mereka. 

Alasannya sederhana, karena parkiran mal sangat padat. Apalagi saat Weekend di siang hari. 

Semua orang yang datang ke sana untuk makan, nonton, atau nongkrong rata-rata membawa mobil pribadi. Gak heran, akhirnya para tukang parkir ini jadi andalan untuk menunjukkan spot parkir yang kosong.

8. Kapster 

Kapster
Kapster

Buat kamu yang sering ke salon, kapster atau para petugas yang memangkas rambutmu juga seringkali diberikan uang tip. Tentunya, tip diberikan karena klien puas atas potongan rambutnya.

Besaran tip yang mereka terima rata-rata 10 persen dari harga jasa yang mereka berikan. Secara penghasilan, kapster juga digaji dengan nominal gak terlalu besar. Karena itu, uang tip tentu bisa sangat membantu mereka.

9. Petugas Keamanan

Petugas Keamanan
Petugas Keamanan

Jenis profesi ini juga sering menerima uang tip dari mereka yang sudah merepotkannya dalam berbagai hal. 

Sebut saja, ketika di malam hari dia harus membantu seseorang mengawasi kendaraan bermotor yang diparkir di tempatnya bekerja. Atau saat dimintai tolong untuk mengawasi aktivitas tertentu, seperti bongkar muat dan lainnya.

Selain digaji pas-pasan, pekerjaan mereka juga cenderung berat dan berisiko. 

10. Caddy Golf

Caddy Golf
Caddy Golf

Pernah beredar artikel di media yang menyebutkan, uang tip yang diterima gadis-gadis di lapangan golf ini mencapai Rp 10 juta sebulan! 

Namun, asal kamu tahu, modal paras dan fisik yang oke serta bersedia keliling lapangan golf saja gak cukup lho

Mereka harus memiliki pengetahuan mendasar tentang pukulan-pukulan para golfer. Jadi, gak asal menemani para pemain golf ya!

Tapi, jangan berpikiran negatif dulu ya. Uang tip itu didapat jika mereka gak ambil libur saat Weekend. Selain itu, dia juga kelimpahan rezeki jika ada turnamen golf yang diselenggarakan bank-bank. (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →