Jenius Bank BTPN vs Digibank by DBS, Mana yang Lebih Unggul?

Telah Ditinjau: Avatar Aulia Akbar

Udah tahu belum kalau bank BTPN (Bank Tabungan Pensiunan Nasional) punya produk layanan perbankan yang memungkinkan kamu buka rekening baru tanpa buku tabungan dan pergi ke bank?

Layanan ini bernama Jenius. Gak perlu lagi pusing soal birokrasi atau antrean panjang di bank yang menyita waktu. Aplikasi perbankan ini memungkinkan kamu melakukan aktivitas finansial, seperti menabung dan transfer uang melalui smartphone.

Berbeda dengan fitur mobile banking, kamu gak perlu pergi ke bank untuk menggunakan fasilitas ini.

Gak cuma itu, Jenius juga bukan e-wallet yang hanya bisa digunakan untuk transaksi, tapi juga  memudahkanmu memiliki tabungan hingga deposito berjangka. Lagi-lagi, semua hanya melalui aplikasi.

Serupa dengan bank BTPN, bank DBS (The Development Bank of Singapore Limited) juga punya layanan perbankan yang serupa nih, namanya Digibank. Baik Jenius maupun Digibank punya serangkaian fitur yang bisa bantu kamu atur keuangan dengan mudah tanpa perlu ke kantor cabang atau mesin ATM.

Gimana, tertarik pengin punya? Tapi, Jenius atau Digibank yah yang layak dicoba?

Biar gak galau, berikut ini perbandingan Jenius dan Digibank dari berbagai aspek biar bisa jadi pertimbanganmu. Mari disimak!

Pendaftaran

bank btpn
(Image: freepik)

Pendaftaran Jenius maupun Digibank gak jauh berbeda. Keduanya hanya mengharuskan kamu menginstal aplikasi dan mendaftar melalui aplikasi dengan mengunggah foto KTP dan NPWP. Nantinya, kartu fisik akan dikirimkan ke alamatmu atau bisa kamu ambil di booth yang kamu kunjungi.

Fitur Jenius vs Digibank

Bank BTPN
(Image: DBS Bank, Kompas)

1. Kemudahan dan biaya transaksi

Aplikasi Jenius memungkinkan kamu mengirim uang dan bayar tagihan menggunakan nomor rekening, $Cashtag, nomor telepon, atau bahkan alamat email. Kamu juga bisa melakukan pembayaran tagihan, seperti kartu kredit, telepon, air, TV, dan internet. Top-up GoPay, e-money, hingga T-Cash juga bisa kamu lakukan melalui aplikasi ini.

Fitur yang sama ini bisa kamu dapatkan juga di aplikasi Digibank. Bedanya, di Jenius kamu mendapatkan kesempatan 25 kali gratis transfer ke semua bank dan 25 kali gratis tarik tunai. Sedangkan, dengan Digibank kamu bisa gratis transfer dan tarik tunai tanpa batas.

Meski begitu, di Jenius kamu bisa mengirimkan permintaan uang menggunakan $Cashtag, nomor telepon, dan email lewat fitur Pay. Cocok nih buat kamu yang sering sungkan nagih utang.

2. Deposito dan bunga tabungan

Untuk saldo aktif, Jenius memberikan bunga 1 persen per tahun, sedangkan Digibank memberi hingga 3 persen. Kedua layanan ini juga menyediakan fasilitas deposito dengan bunga yang tentunya lebih tinggi.

Ada tiga jenis tabungan serupa deposito di Jenius, yakni Flexi Saver, Dream Saver, dan Maxi Saver. Untuk Flexi Saver dan Dream Saver, kamu bisa menabung tanpa minimal setoran dan bisa ditarik kapan pun dengan bunga 5 persen per tahun.

Sementara untuk tenor yang lebih panjang, kamu bisa manfaatkan Maxi Saver dengan bunga per tahun 5, 75 persen dan minimal setoran Rp 10 juta.

Di Digibank, kamu bisa menyimpan deposito dengan setoran mulai dari minimal lima juta dengan bunga hingga 5,75 persen per tahun.

[Baca: Memilih Deposito Terbaik di Indonesia buat Gaji Rp 3 Juta]

3. Pantau transaksi

Nah, ini fitur yang bisa bikin pengelolaan keuanganmu lebih baik. Baik Jenius maupun Digibank memungkinkanmu untuk melihat, menelusuri, dan mengunduh seluruh histori transaksi perbankan.

Di Jenius, kamu bisa temukan manfaat ini di fitur “In & Out”, sementara pada Digibank kamu bisa manfaatkan “Spending Tracker”. Kedua fitur ini disertai fungsi filter untuk memudahkanmu memantau pengeluaran atau pemasukan tiap waktunya.

[Baca: Cari Tabungan? Bank BTN Punya 4 Produk yang Menarik Ini]

4. Kartu ATM

Untuk transaksi fisik, Jenius dan Digibank akan memberikan satu kartu debit berlogo Visa sebagai kartu ATM secara gratis. Kartu ini telah menggunakan teknologi Visa Paywave, sehingga bisa kamu gunakan sebagai alat pembayaran di banyak tempat secara contactless.

Di Jenius kamu gak hanya mendapatkan satu kartu fisik, tapi juga satu kartu non fisik atau kartu virtual.

Selain itu, kamu juga bisa membuat hingga tiga kartu fisik tambahan untuk kebutuhan yang lebih spesifik dengan limit yang bisa kamu atur. Misalnya, kartu khusus transportasi atau konsumsi. Ini cocok buat kamu yang ingin mengatur pos pengeluaran dengan lebih ketat.

Area layanan

Sebagai bank swasta nasional terkemuka di Indonesia, area pelayanan Jenius dari bank BTPN lebih unggul dibandingkan Digibank yang merupakan produk dari bank multinasional.

Bank BTPN telah menjangkau berbagai daerah di Indonesia, sementara bank DBS masih menyebar di beberapa kota besar saja. Layanan service point Jenius juga lebih banyak dibandingkan Digibank, terutama di tempat umum, seperti mall dan kafe.

Hanya saja, karena DBS merupakan produk bank asal Singapura, kamu yang sering melancong ke sana, akan lebih mudah menemukan area layanan Digibank daripada Jenius.

Itulah perbandingan singkat antara Jenius dan Digibank. Kamu yang ingin fitur dan jumlah layanan yang lebih banyak, Jenius bisa jadi pilihan yang tepat buatmu. Sementara kamu yang mengutamakan bunga yang lebih besar dan biaya transfer antar bank gratis tanpa batas, pilihlah Digibank.

Keduanya juga menawarkan banyak promo menarik, lho. Silakan lihat di situs resmi Jenius dan Digibank untuk info lengkapnya.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →