Sesuaikan dengan Kebutuhanmu! Jenis Tabungan Jenius Ini Kasih Banyak Keuntungan

pilihan tabungan jenius

Gak bisa dimungkiri, perkembangan digital yang pesat memberi kemudahan bagi banyak orang. Kamu gak hanya bisa memesan makanan atau belanja lewat internet, tapi juga bisa menabung secara digital. Salah satunya adalah menabung di Tabungan Jenius.

Ya, tabungan Jenius merupakan produk keluaran dari Bank BTPN (Bank Tabungan Pensiunan Nasional) berbentuk digital. Gak heran kalau produk ini menjadi populer di kalangan milenial yang memang gak bisa lepas dari smartphone dan internet.

Jenius hadir sebagai solusi tepat buat kamu yang gak mau pusing dengan birokrasi atau antrean panjang di bank yang pastinya menyita waktu. Cukup mengandalkan smartphone dan internet, kamu bisa langsung memiliki Tabungan Jenius. Kamu cuma perlu mengunduh aplikasi Jenius yang tersedia di Google Playstore, kemudian langsung daftar deh.

Baca juga: Kasih Banyak Keuntungan! Begini Lho Cara Lengkap Buka Rekening Jenius

Pilihan Tabungan Jenius untuk kamu

Nah, buat kamu yang tertarik membuka tabungan rekening Jenius, berikut beberapa jenis tabungan yang ditawarkan di aplikasi Jenius. Check this out!

1. Jenius Flexi Saver

Tabungan Jenius Flexi Saver. (Jenius.com)
Tabungan Jenius Flexi Saver. (Jenius.com)

Jenius Flexi Saver merupakan tabungan fleksibel yang bunganya setara dengan deposito, yaitu sebesar 4 persen per tahun. Meski begitu, cara kerjanya tentu saja berbeda dengan deposito. Bedanya, dana kamu di sini dapat kamu setor dan tarik kapan pun tanpa batasan waktu.

Selain itu, kamu juga tidak akan dikenakan penalti jika menarik dana dari Flexi Saver. Tentu saja berbeda dengan deposito, di mana kamu akan dikenakan denda atau penalti jika menarik dana sebelum waktu jatuh tempo.

Gak cuma itu aja, bunga yang kamu dapatkan juga akan dihitung per hari dan diperoleh setiap bulan. Jadi, semakin besar dana yang kamu tabung, maka akan semakin besar juga nominal uang yang kamu dapatkan.

Keunggulan dari Flexi Saver ini adalah pembebasan dari berbagai biaya-biaya, misalnya:

  • Gratis biaya administrasi
  • Gratis biaya di bawah saldo minimum
  • Gratis biaya pelunasan dipercepat
  • Gratis biaya penutupan rekening
  • Gratis biaya penarikan sebelum jatuh tempo

Langkah-langkah untuk membuka tabungan Flexi Saver seperti ini.

  1. Buka aplikasi Jenius
  2. Pilih menu “Save It”
  3. Klik menu “Mulai Menabung” yang terdapat pada kolom
  4. Masukkan nominal dana yang ingin kamu tabungkan
  5. Klik “Lanjut” dan “Konfirmasi”

Untuk bisa memiliki tabungan Jenius Flexi Saver, kamu harus berusia minimal 17 tahun dan maksimal 65 tahun. Jenis tabungan yang satu ini juga dikhususkan untuk perorangan.

Baca juga: Jenius Bank BTPN Vs Digibank by DBS, Mana yang Lebih Unggul?

2. Jenius Dream Saver

Pernah dengar jenis tabungan berjangka yang banyak ditawarkan oleh bank? Nah, Jenius Dream Saver bisa dibilang sama dengan tabungan berjangka.

Jadi, jenis tabungan yang satu ini memang sangat cocok buat kamu yang ingin memiliki sejumlah dana di beberapa waktu ke depan atau mengelola uang dengan lebih bijak.

Meski begitu yang menarik dari Dream Saver ini adalah penyetoran dapat ditunda kapan aja. Ini tentu berbeda dengan tabungan berjangka pada umumnya, di mana uang kamu akan ditarik secara otomatis di waktu yang telah disepakati. Kalau Dream Saver ini, kamu dapat menyisihkan uang tanpa keterikatan.

Kamu juga akan mendapatkan bunga sebesar 4 persen per tahun yang akan dihitung per hari dan diperoleh setiap bulan. Bahkan, saat kamu menunda sementara tabungan Dream Saver, bunga akan tetap berjalan.

Cara kerjanya pun sederhana. Jadi, kamu hanya perlu menentukan target dana yang ingin dicapai, Jenius kemudian akan langsung menghitung periode tabungan serta besaran uang yang akan kamu setorkan. Penyetoran bisa dilakukan setiap hari, setiap minggu atau tiap bulan.

Jika dana yang kamu setorkan sudah mencapai target, maka dana tersebut akan kembali ke Saldo Aktif milikmu. Untuk periode maksimum yang dapat dipilih adalah selama dua tahun.

Tabungan Jenius Dream Saver membebaskan nasabahnya dari biaya-biaya ini.

  • Gratis biaya administrasi
  • Gratis biaya di bawah saldo minimum
  • Gratis biaya pelunasan dipercepat
  • Gratis biaya penutupan rekening
  • Gratis biaya penarikan sebelum jatuh tempo

Langkah-langkah membuka tabungan Flexi Saver seperti ini.

  1. Buka aplikasi Jenius
  2. Pilih menu “Save It”
  3. Klik menu “Buat Mimpi Baru” yang terdapat pada kolom
  4. Tulis tujuan kamu menabung
  5. Masukkan nominal dana yang ingin kamu tabungkan
  6. Klik “Lanjut”
  7. Akan dialihkan ke menu prediksi dana yang harus kamu setorkan.
  8. Klik “Lanjut” dan “Konfirmasi”

Pada menu prediksi dana, Jenius akan memberi tahu berapa setoran awal yang harus kamu keluarkan. Setelah itu, kamu juga bisa memilih penarikan dana otomatisnya, mulai dari harian, mingguan, hingga bulanan.

3. Maxi Saver

Jika kamu ingin berinvestasi tanpa dana terbatas, Maxi Saver menjawab keinginanmu. Maxi Saver menawarkan bunga hingga 5,75 persen. Kamu cukup atur besaran deposito sesuka hatimu dari aplikasi dengan jangka waktu 1-12 bulan dan kamu juga bebas menentukan periode perpanjangan. 

Asyiknya lagi, kamu dapat mencairkan Maxi Saver ke saldo aktif sebelum jatuh tempo tanpa biaya pinalti. Cuma, karena belum jatuh tempo, jadi ya kamu gak akan dapat bunga yang telah berjalan. Atau sederhananya, hanya saldo pokok yang dicairkan ke saldo aktif.

Mau tahu cara membuat rekening Maxi Saver Jenius, begini caranya.

  1. Buka aplikasi Jenius
  2. Pilih Save It
  3. Pilih buat deposito baru
  4. Tentukan nilai pokok
  5. Tentukan jangka waktu deposito yang diinginkan
    • Pilih sesukamu dari 1-12 bulan
    • Pilih Lanjut
    • Pilih metode perpanjangan
    • Pilih Lanjut
    • Baca dan setujui Syarat dan Ketentuan
    • Pilih Konfirmasi

Keuntungan dan kerugian Tabungan Jenius

keuntungan tabungan jenius

Meski memberikan penawaran yang canggih dan modern dari sebuah tabungan digital, namun tetap saja ada keuntungan dan kerugian dari tabungan ini selain dari Jenius promo yang ada di hari Senin.

Keuntungan Tabungan Jenius

Ada tiga keuntungan bagi kamu yang punya Tabungan Jenius, yaitu:

1. Ada bonus dan tidak ada setoran awal

Jika tabungan lainnya mewajibkan nasabah membuka tabungan dengan setoran awal, tapi tidak dengan Tabungan Jenius. Justru kamu mendapat bonus ketika berhasil mengaktivasi akun rekening Jenius-mu. Gak habis sampai di situ, Jenius memberikan bonus lagi jika kamu berhasil mengajak kerabatmu membuka akun rekening Tabungan Jenius.

2. Bebas biaya admin bulanan, transfer, dan tarik tunai

Berbeda dengan bank lainnya, Jenius tidak membebankan biaya admin bulanan. Selain itu Jenius juga membebaskan biaya admin transfer dan tarik tunai. Tapi ini berlaku hanya untuk level tertentu saja yang bisa menikmati manfaatnya.

3. Bisa jadi akun bisnis

Di Jenius ada fitur akun bisnis Jenius yang bisa memisahkan transaksi bisnis dengan kegiatan personal. Dengan mengaktifkan akun bisnis, kamu bakal punya nomor rekening baru sesuai dengan akun personal.

Kerugian Tabungan Jenius

Lalu apa saja kerugian dari memiliki Tabungan Jenius?

1. Wilayah jangkauan yang masih terbatas

Cakupan wilayah Jenius masih belum tersebar merata di Indonesia. Terutama untuk pembukaan rekening baru, pelayanannya baru mampu menjangkau nasabah di Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya saja.

2. Harus ke kantor cabang untuk mengaktivasi

Di luar wilayah ini masih bisa melakukan registrasi secara online, namun untuk mengaktivasi, nasabah harus melakukannya di kantor cabang BTPN terdekat. Ditambah lagi, pengiriman kartu fisik yang bisa memakan waktu lebih lama.

Nah, dengan banyaknya keuntungan yang ditawarkan Tabungan Jenius, masih ragu untuk membuka rekening tabungannya? Yuk, tunggu apa lagi?