Produk Asuransi Jiwasraya dan Perkembangan Kasus [Terbaru]

Saham gorengan

Asuransi Jiwasraya adalah salah satu perusahaan asuransi jiwa di Indonesia. Asuransi pemerintah tertua di Tanah Air ini menawarkan berbagai produk termasuk asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK).

Perusahaan asuransi yang semula bernama Nederlandsch-Indische Levensverzekerings en Lijfrente Maatschappij ini didirikan pada 1859. Jiwasraya kemudian dinasionalisasi berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 1958 dan namanya menjadi PT Perusahaan Pertanggungan Djiwa Sedjahtera.

Setelah berganti-ganti nama, akhirnya perusahaan resmi menyandang nama PT Asuransi Jiwasraya (Persero) pada 1984 hingga kini.

Sayangnya, pengalaman ratusan tahun melayani dan mengelola dana nasabah tidak menjamin Jiwasraya bertahan. Malah, perusahaan dengan 89 kantor layanan ini bangkrut karena gagal bayar klaim nasabah dan berpotensi merugikan negara hingga triliunan rupiah.

Lalu seperti apa produk asuransi Jiwasraya dan perkembangan kasus terbaru Jiwasraya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Produk Asuransi Jiwasraya

Produk Asuransi Jiwasraya terdiri atas tiga kategori yaitu asuransi individu, asuransi kumpulan, dan DPLK. Masing-masing produk asuransi memiliki polis berbeda dengan jaminan beragam dari asuransi jiwa, asuransi kesehatan, hingga dana pensiun.

Yuk simak produk-produk asuransi Jiwasraya berikut!

1. Asuransi individu

Asuransi Jiwasraya menyediakan hingga sembilan jenis produk asuransi individu yang terdiri dari asuransi jiwa, asuransi investasi, asuransi kesehatan dan asuransi persiapan pensiun.

Berikut ini polis asuransi Jiwasraya untuk nasabah individu:

1. Personal Accident A

Produk asuransi Jiwasraya ini memberikan jaminan perlindungan khususnya atas risiko yang diakibatkan oleh kecelakaan. Polis ini memberikan tiga manfaat utama yaitu:

  • Cacat tetap sebagian dengan jaminan pembayaran uang asuransi sebesar persentase tertentu
  • Cacat tetap total dengan jaminan pembayaran uang asuransi sebesar maksimum 250 persen apabila tertanggung mengalami cacat tetap total dalam masa asuransi
  • Meninggal dengan jaminan pembayaran uang asuransi sebesar 100 persen apabila tertanggung meninggal dunia akibat kecelakaan dalam masa asuransi.

2. Personal Accident B

Produk asuransi Jiwasraya ini memberikan jaminan perlindungan khususnya atas risiko yang diakibatkan oleh kecelakaan dengan empat manfaat utama. Adapun empat manfaat utama yang diberikan yaitu:

  • Rawat inap akibat kecelakaan.
  • Santunan cacat tetap sebagian.
  • Santunan cacat total tetap.
  • Santunan (uang pertanggungan/UP jiwa).

3. JS Asuransi Demam Berdarah

Produk asuransi Jiwasraya ini memberikan proteksi dari risiko penyakit demam berdarah. Dengan premi terjangkau, asuransi yang masuk kategori asuransi mikro ini memberikan tiga manfaat yaitu:

  •  Manfaat biaya perawatan rumah sakit
  • Manfaat rawat inap
  • Manfaat santunan meninggal dunia.

4. JS Pro Mapan

Produk asuransi jiwa plus investasi (unit link) ini memberikan manfaat proteksi asuransi jiwa dengan berbagai perluasan manfaat seperti perlindungan terhadap 53 penyakit kritis, cacat tetap total; santunan rawat inap, ADDB, jaminan terhadap pasangan dan pembayar premi adalah manfaat tambahan (rider) yang dapat dijamin oleh produk ini.

5. JS Prestasi Pendidikan

Produk asuransi Jiwasraya ini digunakan sebagai persiapan untuk pendidikan anak atau keperluan lainnya yang memberikan jaminan manfaat meninggal dunia dan manfaat hidup.

6. JS Pro Idaman

Produk unit link yang memberikan manfaat proteksi asuransi jiwa dengan berbagai perluasan manfaat dengan cara pembayaran premi sekaligus. Produk ini memberikan fleksibilitas bagi nasabah dalam menentukan penempatan dana.

7. JS Dana Multi Proteksi

Produk asuransi investasi non unit link yang memberikan manfaat proteksi sekaligus investasi untuk mempersiapkan masa depan kita dan keluarga.

8. JS Optima Assurance

Produk asuransi endowment yang menawarkan manfaat investasi dan manfaat santunan meninggal dunia. Produk ini memiliki masa asuransi 4 atau 5 tahun dimana pembayaran premi dilakukan secara sekaligus saat mulai pertanggungan asuransi.

9. JS Anuitas

Produk asuransi yang ditujukan untuk kepala keluarga sebagai persiapan menjelang masa pensiun. Produk ini mensyaratkan usia masuk asuransi 45-70 tahun dengan minimum premi Rp50 juta yang dibayarkan sekaligus saat mulai pertanggungan asuransi.

2. Asuransi kumpulan

Asuransi kumpulan Jiwasraya adalah asuransi yang dikhususkan korporasi atau grup atau kumpulan yang terdiri atas empat produk atau layanan sebagai berikut.

1. Personal Accident Plan A

Produk asuransi yang memberikan jaminan perlindungan khususnya atas risiko yang diakibatkan oleh kecelakaan.

2. Asuransi Kesehatan

Produk asuransi Jiwasraya yang memberikan jaminan santunan rawat inap, santunan rawat jalan, santunan persalinan, santunan rawat gigi dan santunan kacamata bagi pekerja aktif.

3. JS Purna Eksekutif

Produk asuransi yang memberikan proteksi masa depan kita dengan manfaat santunan meninggal dunia dan manfaat ekspirasi pada akhir masa asuransi.

4. JS Pendanaan Hari Tua

Program asuransi jiwa dari Jiwasraya yang bertujuan memberikan kepastian pendapatan bagi peserta ketika memasuki masa purna bhakti beserta keluarganya apabila peserta meninggal dunia.

3. DPLK

Ada dua produk dana pensiun atau DPLK Asuransi Jiwasraya dengan rincian sebagai berikut.

1. Program Pensiun Kompensasi Pesangon

Produk atau layanan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan perusahaan akan program pensiun yang dikhususkan untuk pembayaran kompensasi pesangon.

2. Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP)

Program pensiun yang besaran iurannya telah ditetapkan dalam Peraturan Dana Pensiun dan seluruh iuran serta hasil pengembangannya dibukukan pada rekening masing-masing peserta sebagai Manfaat Pensiun Program Pensiun Iuran Pasti. Program ini memberikan empat manfaat, yaitu:

  • Manfaat pensiun normal.
  • Pensiun dipercepat.
  • Pensiun ditunda.
  • Manfaat pensiun cacat atau meninggal.

Asuransi kesehatan Jiwasraya

Asuransi kesehatan Jiwasraya adalah produk asuransi kesehatan dari Jiwasraya. Produk ini memberikan jaminan perawatan kesehatan sesuai plafon. Adapun produk ini ditujukan bagi peserta karyawan perusahaan.

1. Manfaat

Asuransi kesehatan Jiwasraya ini ditujukan bagi nasabah kumpulan atau karyawan perusahaan. Jaminan atau manfaat asuransi yang diberikan juga cukup lengkap. Berikut ulasannya:

1. Santunan rawat inap

Santunan rawat inap ini dihitung dalam periode setahun. Rawat inap yang dijamin untuk peserta adalah rawat inap sakit dan kecelakaan. Lamanya rawat inap disesuaikan dengan plafon yang disepakati antara perusahaan dengan Jiwasraya.

2. Santunan rawat jalan

Selain rawat inap, peserta juga akan mendapatkan jaminan atas biaya rawat jalan. Apa saja jenis rawat jalan yang ditanggung? Berikut penjelasannya:

  • Pemeriksaan dokter umum
  • Pemeriksaan dokter spesialis
  • Pemeriksaan dokter umum dan obat
  • Biaya pembelian obat-obatan sesuai dengan resep per tahun
  • Biaya pemeriksaan diagnostik atas perintah dokter
  • Biaya fisioterapi per kunjungan
  • Biaya administrasi per hari.

Namun, manfaat ini juga ada syarat dan ketentuannya yaitu:

  • Santunan rawat jalan yang diterima oleh peserta dalam satu tahun terbatas pada jumlah maksimum per tahun yang telah ditetapkan.
  • Santunan rawat jalan tidak dapat berjalan sendiri dan harus disertai dengan santunan rawat inap.
  • Penggantian yang diberikan sebesar 80 persen dari kuitansi sesuai dengan ketentuan dan batas maksimum santunan per tahun.

3. Santunan persalinan

Santunan persalinan diberikan setelah peserta menjalani masa tunggu selama 7 bulan terhitung sejak tanggal masuk menjadi peserta. Penggantian biaya perawatan persalinan ini sebesar 100 persen dari kuitansi.

Namun, jumlahnya tetap disesuaikan dengan ketentuan dan batas maksimum santunan per tahun. Artinya, jika biaya persalinan mencapai Rp20 juta dan batas maksimum yang ditanggung adalah Rp15 juta, maka kamu cuma mendapat penggantian biaya Rp15 juta. Sisanya ditanggung sendiri oleh peserta.

4. Santunan rawat gigi

Santunan yang diberikan untuk manfaat ini termasuk obat dan perawatan gigi bukan estetika. Penggantian yang diberikan maksimal 80 persen dari kuitansi. Nilai tersebut disesuaikan dengan ketentuan dan batas maksimum per jaminan yang diberikan dalam santunan rawat gigi.

5. Santunan kacamata

Santunan ini merupakan manfaat tambahan yang memberikan penggantian atas pembelian kacamata. Klaim kacamata kamu akan diganti sesuai plafon jika memenuhi syarat berikut:

  • Surat rujukan dari dokter spesialis mata yang ditunjuk, bukan dari optik.
  • Untuk mata minus harus di atas atau sama dengan (-3/4).
  • Untuk mata plus harus di atas atau sama dengan (+3/4), untuk silindris (1/2).
  • Manfaat ini tidak menjamin kacamata hitam atau lensa kontak.

2. Syarat dan ketentuan

Sebagai produk asuransi kesehatan karyawan, terdapat syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi calon peserta asuransi. Berikut penjelasannya:

  • Usia masuk: 18-55 tahun
  • Mata uang: rupiah
  • Jumlah peserta minimum: 50 orang
  • Masa pertanggungan 1 tahun (12 bulan)
  • Masa pembayaran premi: sekaligus per tahun.

Perkembangan kasus Jiwasraya terbaru

Dalam pemberitaan terbaru di Kompas, 18 November 2020, Asuransi Jiwasraya tengah melakukan transformasi perusahaan. Tujuannya menyelamatkan seluruh polis Jiwasraya agar tidak terjadi gagal bayar klaim lagi.

Menurut Direktur Kepatuhan dan SDM Jiwasraya R Mahelan Prabantarikso, Jiwasraya tengah menyiapkan sumber pendanaan yang menjadi solusi atas masalah fundamental Persero. Diakuinya, sejak 2019 Persero bersama manajemen baru terus melakukan pembenahan.

Apa saja transformasi baru yang dilakukan Jiwasraya? Berikut penjelasannya:

  1. Transformasi sisi bisnis model dengan menghentikan produk lama yang menjanjikan bunga atau keuntungan tinggi.
  2. Menekan beban penjualan produk dengan membentuk unit khusus Bisnis Korporasi.
  3. Revitalisasi penjualan produk asuransi ritel.
  4. Menerapkan sistem kerjasama keagenan.
  5. Meningkatkan kualitas tata kelola dan manajemen risiko dengan prinsip transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, dan fairness.
  6. Menerapkan prinsip Good Corporate Governance (GCG) yang meliputi anti gratifikasi, pengendalian informasi, hingga penerapan pedoman etika dan perilaku serta pembuatan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN).
  7. Menciptakan dan menerapkan standardisasi penempatan portofolio investasi yang ideal dan sesuai aturan berlaku.

Demi meminimalisir risiko dan kerugian yang akan dirasakan pemegang polis dan keuangan negara akibat adanya potensi likuidasi terhadap Jiwasraya, pemerintah pun menganggarkan dana yang berasal dari Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp22 triliun.

Dana ini akan disalurkan lebih dulu ke Indonesia Financial Group (IFG), yang dulu bernama PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI). Nantinya, dana sebesar Rp 22 triliun itu akan dipakai IFG untuk mendirikan perusahaan asuransi baru yang bernama IFG Life.

Adapun polis-polis Jiwasraya yang telah direstrukturisasi akan dipindahkan ke IFG Life. Melalui transformasi dan pembiayaan ini diperkirakan program penyelamatan Jiwasraya berhasil.

Sebaiknya kamu gak membeli Jiwasraya karena kondisi keuangan perusahaan masih dalam pemulihan. Jika kamu ingin mengajukan pertanyaan lain seputar asuransi, kamu bisa ajukan kepada ahlinya di Tanya Lifepal!

Tanya jawab

Apakah asuransi Jiwasraya bangkrut?

Asuransi Jiwasraya bangkrut karena gagal bayar polis kepada para nasabahnya. Kasus Jiwasraya 2019 ini terkait tidak mampunya perusahaan pelat merah ini membayar klaim jatuh tempo para pemegang polis pada akhir 2019 yang nilainya capai hingga Rp13,74 triliun.

Bagaimana laporan keuangan Jiwasraya?

Laporan keuangan Jiwasraya bisa dibilang cukup buruk. Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Hexana Tri Sasongko menaksir kerugian yang dialami perusahaan mencapai Rp37,4 triliun. Nilai tersebut sudah mencakup total kerugian perusahaan.

Siapa yang bertanggung jawab atas Jiwasraya?

Menurut Ketua BPK RI Agung Firman Sampurna, penyebab utama gagal bayarnya Jiwasraya adalah kesalahan mengelola investasi di dalam perusahaan. Jiwasraya kerap menaruh dana di saham-saham berkinerja buruk.

Dengan kata lain, manajemen dalam Jiwasraya yang bertanggung jawab atas Jiwasraya yang mengalami kebangkrutan dan gagal bayar klaim.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →