Jangan Sampai Tertipu! Ini 4 Pilihan Situs Jual Beli Emas Online yang Aman dan Terpercaya

butuh uang cepat

Di zaman yang sudah nyaris serba digital, jual beli emas secara online kini memang makin dilirik banyak orang. Lalu, apa saja jual beli emas yang direkomendasikan dan bagaimana caranya?

Di tengah perkembangan teknologi yang semakin canggih, kini kamu sudah bisa melakukan banyak hal hanya dengan mengandalkan internet. Bukan hanya berbelanja, mengirim barang hingga memesan makanan pun bisa dilakukan lewat internet.

Gak cuma itu aja lho, kamu ternyata juga bisa memperkaya uangmu seperti menabung dan berinvestasi. Salah satunya adalah dengan jual beli emas online.

Seperti yang sudah diketahui, emas masih menjadi primadona banyak orang untuk instrumen investasi. Cara kerjanya yang mudah dan bisa dimulai dengan bujet kecil menjadi salah satu alasan utamanya.

Ya, memang gak bisa dipungkiri kalau banyak orang yang masih enggan menggelontorkan uangnya untuk terjun ke investasi saham karena risikonya yang besar, meskipun sebenarnya dapat memberikan return yang juga besar.

Nah, para investor saham kebanyakan berasal dari kaum milenial. Walaupun ada juga para orangtua yang bermain saham, tapi biasanya mereka memang sudah melek investasi sejak muda.

Hal itulah yang membuat banyak orang yang lebih memilih untuk mengalokasikan kekayaannya dengan investasi emas. Lagipula gak ada yang salah juga sih. Toh, investasi emas itu juga menguntungkan dan minim risiko.

Selain itu, emas juga merupakan salah satu instrumen investasi yang tahan terhadap arus inflasi. Jadi, pergerakan harganya juga terbilang sangat stabil dan bahkan cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Nah, buat kamu yang ingin terjun investasi emas tapi gak punya banyak waktu untuk datang langsung ke Pegadaian atau Antam, gak perlu khawatir. Soalnya, kali ini MoneySmart.id ingin memberikan rekomendasi situs jual beli emas online yang aman dan terpercaya tentunya.

Apa aja itu? Berikut ini empat di antaranya.

1. Orori

Orori dikenal sebagai salah satu platform yang menjual perhiasan secara online. Mulai dari perhiasan biasa hingga paket pernikahan.

Semakin melebarkan lini bisnisnya, Orori bekerja sama dengan PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) untuk melakukan penjualan emas Antam secara online. Jadi, bisa dibilang kalau PT Orori Indonesia menjadi reseller emas Antam pertama dari sektor swasta di Indonesia.

Masyarakat bisa melakukan transaksi jual beli emas Antam lewat situs resminya langsung atau melalui aplikasi Orori yang ada di Google Play Store. Selain itu, Orori juga memasarkannya melalui beberapa platform e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan Blibli.com.

Meskipun transaksinya dilakukan lewat digital, kamu tetap bisa kok memiliki bentuk fisik emas Antam yang dibeli. Tapi, kamu harus memerhatikan beberapa biaya tambahan seperti biaya pengiriman dan asuransi, plus penerbitan sertifikat.

2. BukaEmas, layanan jual beli emas di Bukalapak

Maraknya jual beli emas secara online di kalangan masyarakat Indonesia membuat salah satu e-commerce Bukalapak meluncurkan BukaEmas di tahun 2017.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Yang menarik dari investasi emas di BukaEmas ini, transaksi bisa dilakukan mulai dari 0,0001 gram. Jadi, harganya memang sangat terjangkau dibanding dengan harga ual beli emas pada umumnya.

Selain itu, kamu juga hanya perlu mendaftarkan diri di akun Bukalapak jika ingin melakukan transaksi di BukaEmas. Emas yang kamu dapatkan juga berasal dari Antam dan bersertifikat LBMA (London Bullion Market Association) yang kepingan emasnya mulai dapat ditarik jika sudah terakumulasi menjadi 1 gram.

Sama halnya dengan Orori, saat ingin menarik emas, kamu diharuskan untuk membayar biaya sertifikat dan biaya pengiriman termasuk biaya asuransi.

3. Tamasia

Situs jual beli emas online selanjutnya yang aman dan terpercaya adalah Tamasia. Di sini, kamu bisa membeli emas batangan produksi ANTAM secara online dengan konsep syariah.

Gak cuma itu aja. Yang menariknya dari Tamasia ini adalah kamu juga diberi peluang untuk berwirausaha dengan cara menjadi reseller dengan profit sharing 50:50.

Tamasia juga menjadi platform jual beli emas syariah pertama di Indonesia lho. Mereka juga sudah menggandeng PT Antam sebagai mitra. Jadi, sudah pasti aman dan terpercaya.

Kamu yang ingin berinvestasi emas di Tamasia, bisa mulai dari Rp 10 ribu lho. Platform yang resmi berdiri pada Oktober 2017 ini juga menyediakan program cicilan dari 2 hingga 24 bulan, mulai dari 1 sampai 100 gram emas.

Namun, selama masa cicilan, emas yang kamu beli akan disimpan dan diasuransikan di Antam. Jadi, keamanannya sudah pasti terjamin kan? Kamu bisa jual beli emas di Tamasia lewat situs resminya atau aplikasi yang sudah tersedia di Google Play Store dan App Store.

4. Pegadaian Digital Service

PT Pegadaian (Persero) menjadi salah satu tempat jual beli emas yang memang sudah dipercaya masyarakat sejak lama.

Seiring perkembangan zaman yang sudah serba digital, Pegadaian pun mulai berinovasi dengan menghadirkan aplikasi yang bertujuan mempermudah masyarakat agar dapat melakukan investasi emas secara digital.

Aplikasi yang bernama Pegadaian Digital Service ini diluncurkan sejak tahun 2018 dan sudah bisa di-download di Google Play Store dan App Store.

Lewat aplikasi itu, kamu tak hanya mendapat beragam informasi tentang produk Pegadaian, tapi juga bisa melakukan transaksi, termasuk membuka rekening tabungan emas. Kamu hanya perlu mempersiapkan identitas diri seperti KTP, SIM, atau Paspor dan mengisi formulir pembukaan rekening.

Nah, itu dia empat situs jual beli emas online yang sudah dijamin keamanannya. Meskipun banyak tempat yang menawarkan harga lebih murah, lebih baik beli di tempat yang aman-aman aja deh.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Lagipula, gak masalah keluar uang lebih tapi aman dan terpercaya. Daripada kamu gigit jari dan meratapi nasib karena uang hilang entah ke mana alias kena tipu. Setuju? (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →