Jual Beli Mobil Bekas di Showroom Resmi

beli mobil bekas

Jual beli mobil bekas makin marak. Siapapun bisa menggelutinya. Enaknya lagi, transaksi mobil bekas bisa dilakukan di mana saja tergantung dari deal antara penjual dan pembeli.

 

Tingginya permintaan akan mobil bekas membuat sebagian produsen meliriknya. Tak heran jika mereka ikutan mencicipi bisnis mobil seken.

 

Sebut saja Mobil 88 (Grup Astra), Indomobil Used Car (Grup Indomobil), BMW Used Car Centre, Auto Safe (Hyundai), dan Peugout Used Car. Selain faktor keuntungan, ada tujuan lain pabrikan roda empat ini terjun ke bisnis jual beli mobil bekas.

 

Misalnya saja untuk mencegah harga mobil besutannya terjun bebas di pasaran. Prinsip ini yang dipegang showroom mobil bekas Hyundai, Auto Safe. [Baca: Bandingkan Beli Mobil Bekas di Showroom Resmi dan Partikelir]

 

Di sisi lain, showroom jual beli mobil bekas seken yang di bawah ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) ini menawarkan garansi kualitas unit yang dipajangnya. Strategi ini diharapkan menjadi pembeda dengan showroom mobil bekas yang dikelola partikelir.

 

Konsumen dihadapkan pada unit yang diklaim ‘sehat’ dan komponennya masih dalam garansi pabrikan. Tambahan lagi, konsumen diberi kepastikan tak bakal mengeluarkan uang lagi dan dipusingkan dengan urusan mesin yang semuanya dilindungi garansi. Mobil yang keluar dari showroom ini bisa disebut layaknya baru meski statusnya bekas.

 

Kelebihan lain beli di showroom mobil bekas resmi adalah kemudahan tukar tambah. Bagi konsumen yang hendak menukar mobilnya dengan yang lebih muda tapi dana pas-pasan, mungkin bisa menjatuhkan pilihan ke lokasi ini.

 

Showroom mobil bekas ATPM biasanya juga sudah bekerjasama dengan perusahaan pembiayaan. Kehadiran perusahaan pembiayaan ini tentunya memudahkan konsumen yang hendak meminang mobil bekas dengan opsi kredit. Syarat-syarat yang mesti dipenuhi hampir sama dengan membeli mobil baru.

 

Minusnya, harga yang ditawarkan di showroom mobil bekas ATPM lebih tinggi dari pasaran. Konsumen bisa merogoh kocek lebih dalam lagi jika bertransaksi di lokasi ini. Kelemahan lainnya adalah pilihannya terbatas karena hanya menyediakan merek tertentu saja.

 

Lain halnya jika berburu mobil bekas di penjual yang sifatnya partikelir. Mereka cenderung memasang harga lebih kompetitif. Berburu di penjual mobil bekas partikelir bakal dihadapkan pada banyak pilihan, baik itu merek maupun tahun. Bahkan mobil yang tahun produksinya di atas 10 tahun pun masih banyak tersedia.

 

Jual Beli Mobil Bekas di Showroom Resmi

 

Hanya, konsumen mesti lebih hati-hati dalam menaksir Jual Beli Mobil Bekas di Showroom Resmiunit yang dipilih. Sebaiknya membekali diri dengan pengetahuan terlebih dulu akan unit yang diincar. Atau bisa minta bantuan orang yang ahli dalam urusan ini.

 

Jangan lupa untuk memeriksa dengan detail dokumen penunjang kendaraan seperti STNK, BPKP, dan faktur pembelian.

 

Prinsip kehati-hatian penting di sini. Hindari membeli kendaraan yang tak memiliki rekam jejak yang jelas. Bagaimana pun, pembeli harus mengurus surat-surat itu untuk ganti nama. [Baca: Jurus Berburu Mobil Bekas]

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →