Jual Beli Mobil Bekas di Indonesia

Jual Beli Mobil Bekas

Jual beli mobil bekas menjadi salah satu bisnis yang hadir sejak lama di Indonesia dan bahkan terus mengikuti perkembangan teknologi terkini.

Jual Beli Mobil Bekas

Jual beli mobil bekas tak lagi harus bertatap muka, cukup mencari mobil impian melalui situs tepercaya. Setelah itu, Anda bisa langsung mendatangi tempat pembeli atau penjual berada.

Usaha jual beli mobil bekas memang mengalami perubahan sejak berkembangnya teknologi digital. Dulu, jika Anda ingin menjual atau membeli mobil bekas. Anda harus memasang iklan atau mencari iklan di media cetak. 

Jual Beli Mobil Bekas, Dulu dan Sekarang

Jual Beli Mobil Bekas, Dulu dan Sekarang

Cara konvensional untuk menjual mobil bekas adalah dengan cara memarkirkan di pinggir jalan kemudian membuat tulisan bahwa mobil tersebut sedang dijual. Beberapa usaha bisnis penjualan mobil bekas konvensional pun memarkir mobilnya di sebuah showroom sederhana di pinggir jalan agar mudah terlihat oleh calon pembeli.

Minat terhadap mobil bekas masih cukup tinggi, apalagi menjelang mudik Lebaran. Masyarakat akan membutuhkan kendaraan yang bisa membawa keluarga pulang ke kampung halaman. Itulah mengapa bisnis jual beli mobil masih cukup menjanjikan.

Harga Jual Beli Mobil Bekas

Harga Jual Beli Mobil Bekas

Harga mobil akan menyusut seiring bertambahnya usia mobil tersebut. Penyusutan harga rata-rata antara 10 persen sampai dengan 15 persen per tahun. 

Faktor-faktor yang memengaruhi harga jual mobil bekas adalah tipe, merek, tahun produksi, kelengkapan surat-surat, pembayaran pajak, dan kondisi kendaraan itu sendiri. 

Sebagai contoh, di pasaran saat ini mobil Mitsubishi Xpander 2018 seharga Rp175 juta. Padahal harga barunya pada saat itu sekitar Rp189 juta. Artinya ada penyusutan harga sekitar 5 persen. 

Masyarakat awam biasanya memilih mobil berdasarkan ketersediaan suku cadang atau sparepart dan harganya yang terjangkau. Sehingga, ongkos perawatannya pun jadi lebih murah. Pembeli pun akan berpikir dua kali jika sparepart-nya sulit ditemukan dan harganya mahal, meskipun harga jual mobilnya lebih murah dibandingkan dengan tipe mobil sejenis.  

Selain alasan harga, mobil bekas masih menjadi pilihan karena bisa digunakan langsung. Kondisi seperti ini biasanya dibutuhkan saat jelang mudik Lebaran. Berbeda dengan mobil baru yang harus menunggu surat-surat pajaknya selesai setelah pembelian.

Risiko Jual Beli Mobil Bekas

Risiko Jual Beli Mobil Bekas

Perlu disadari bahwa transaksi ini bukan tanpa risiko. Baik penjual maupun pembeli bisa mengalami kerugian. Penjual sulit menjual barangnya karena daya beli beli masyarakat yang menurun atau tipe mobil yang dijual tidak banyak dicari pembeli.

Sebaliknya, pembeli juga bisa mengalami kerugian dengan membeli mobil bekas. Risiko yang dihadapi seperti membeli mobil bekas tabrakan, banjir, hingga surat-surat yang bermasalah. Hal tersebut bisa mengakibatkan pembeli mengalami kerugian finansial yang lebih besar. 

Tips Jual Mobil Bekas

Tips Jual Mobil Bekas

Menjual mobil bekas tidak mudah. Karena pembeli akan lebih selektif untuk memeriksa kondisi kendaraan. Oleh karena itu, pastikan kondisi kendaraan prima saat akan dijual. Berikut ini adalah beberapa tips jual mobil bekas supaya untung:

  1. Pastikan kondisi mobil terawat baik mesin, interior maupun eksterior.
  2. Siapkan kelengkapan dokumen seperti faktur pembelian, BPKB, dan STNK kendaraan.
  3. Pastikan sudah membayar pajak kendaraan.
  4. Transparan dengan kondisi mobil yang sesungguhnya.
  5. Tetapkan harga wajar sesuai dengan kondisi mobil bekas.
  6. Promosikan melalui media sosial atau platform online
  7. Dampingi pembeli saat melakukan test drive.
  8. Ceritakan riwayat perawatan.
  9. Bawa saksi saat melakukan transaksi jual beli untuk menghindari penipuan.
  10. Disarankan untuk membayar dengan metode transfer agar lebih aman dari uang palsu.

Tips Beli Mobil Bekas

Tips Beli Mobil Bekas

Untuk menghindari kerugian finansial ketika membeli mobil bekas, lakukan beberapa pemeriksaan kondisi kendaraan secara menyeluruh. Berikut ini adalah tips beli mobil bekas biar tidak rugi:

  1. Jangan tergiur harga murah. 
  2. Bandingkan secara online mobil yang hendak dibeli dengan tipe, merek dan tahun yang sama.
  3. Pastikan surat-surat kendaraan lengkap (Faktur, BPKB, STNK).
  4. Pastikan pajak sudah dibayarkan atau bukan mobil bodong.
  5. Periksa kondisi mesin dan fisik mobil. Terawat atau tidak terawat.
  6. Bawa montir atau orang kepercayaan yang mengerti mesin dan kondisi mobil.
  7. Usahakan membeli mobil dari orang pertama agar kondisi mobil lebih terjamin.
  8. Lakukan uji coba kendaraan untuk mengetahui kondisinya.
  9. Jangan sungkan bertanya tentang riwayat perawatan mobil. 

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang jual beli mobil bekas di Indonesia. Proses jual beli mobil bekas kini jadi semakin mudah dengan hadirnya marketplace kendaraan roda empat di Indonesia. Peluang Anda sebagai pembeli maupun penjual menjadi lebih besar untuk mendapatkan keuntungan.  

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →