Tempat Jual Beli Mobil Bekas Online dan Offline Plus Tipsnya

Jual Beli Mobil Bekas

Tempat jual beli mobil bekas adalah salah satu pilihan kamu untuk mencari kendaraan roda empat dengan harga miring. Meski second, gak berarti kendaraan yang tersedia di tempat jual beli mobil bekas ini gak punya performa bagus.

Saat ini, tempat jual beli mobil bekas yang marak adalah online. Beragam situs tempat jual beli mobil bekas bermunculan. Kehadirannya didukung keinginan masyarakat terutama di kota besar memiliki kendaraan yang muat banyak tapi harga terjangkau.

Jika kamu tengah mempertimbangkan untuk membeli mobil bekas, jangan lupa melengkapinya dengan asuransi mobil. Dengan begitu, kamu akan semakin nyaman berkendara karena potensi kerugian finansial dari risiko berkendara berkurang.

Untuk ulasan mendalam lainnya tentang anggaran bisa kamu temukan di Tanya Lifepal!

Sekarang, kita ulas lebih dalam mengenai tempat jual beli mobil bekas online, tempat jual beli mobil bekas offline, risiko, dan tipsnya!

Tempat jual beli mobil bekas online

Jual beli mobil bekas secara online memang marak banget! Selain gampang untuk pilih-pilih, kamu jadi gak perlu mendatangi showroom langsung untuk sekadar tanya harga.

Nah bagi kamu yang pengin jual atau beli kendaraan pribadi beroda empat ini, berikut beberapa situs tempat jual beli mobil bekas yang bisa kamu kunjungi lewat ponsel.

1. Carmudi

Carmudi hadir di Indonesia pada awal 2014 diusung Rocket Internet. Kala itu, Carmudi langsung punya 4.000-an listing kendaraan.

Dukungan Rocket Internet menjadikan Carmudi sebagai salah satu tempat jual beli mobil bekas online terbesar di Indonesia. Gak cuma jadi tempat jual beli mobil bekas, Carmudi juga memiliki deretan mobil baru.

Carmudi sendiri bekerja sama dengan dealer lokal dan showroom mobil bekas seperti Sky Moto dan Galeri Mobile untuk menyediakan listing di situs mereka. Sebagai bagian dari Rocket Internet, Carmudi adalah merek global dengan cabang yang tersebar di negara-negara seperti Pakistan, Bangladesh, Myanmar, dan Filipina.

2. Mobil88

Tempat jual beli mobil bekas online lainnya adalah Mobil88. Selain punya online, Mobil88 juga punya tempat jual beli mobil bekas offline yang cukup luas di beberapa titik termasuk Cibubur dan Cilandak.

Mobil88 adalah salah satu perusahaan tempat jual mobil bekas terkemuka di Indonesia. Berpengalaman lebih dari 30 tahun dan menjadi anak perusahaan Astra Group, gak salah kalau tempat jual beli mobil bekas ini populer.

Tempat jual beli mobil bekas yang satu ini menawarkan pengalaman beli mobil bekas berkualitas dengan proses mudah, aman, dan nyaman. Pasalnya, Mobil88 melengkapi setiap mobil dengan jaminan buyback dan benefit after sales lewat Mobicare.

Walau jadi bagian dari Astra, tapi di tempat jual beli mobil bekas ini, kamu bisa menemukan beragam merek dan tipe mobil yang semuanya telah melalui proses quality control yang sangat ketat. Alhasil, kendaraan di tempat jual beli mobil bekas ini siap untuk kamu bawa pulang.

3. Mobil123

Mobil123 merupakan salah satu tempat jual beli mobil bekas terbesar di Indonesia. Gak heran marketplace otomotif yang satu ini dinobatkan demikian karena punya ratusan ribu listing kendaraan.

Tempat jual beli mobil bekas online ini didirikan Nucky Djatmiko pada 2008. Namun, pasar mobil ini dibeli iCar Asia dari Australia pada 2012. Kantor pusat iCar Asia sendiri berada di Kuala Lumpur, Malaysia.

Saat ini, iCar Asia merupakan jaringan otomotif online terbesar di wilayah ASEAN. Bisnis lain dalam portofolio iCar Asia sendiri ThaiCar.com dan Autospinn.com di Thailand, serta Carlist.my dan LiveLifeDrive.com dari Malaysia.

4. OTO.com

Oto.com merupakan situs iklan baris yang bisa membantu kamu membeli kendaraan bermotor. Gak ada salahnya mempertimbangkan situs ini sebagai tempat jual beli mobil bekas.

Sebelumnya situs ini diluncurkan dengan nama Carbay yang diluncurkan di Indonesia pada Juni 2015. Selain menyediakan berbagai filter pencarian, Oto.com juga menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk membandingkan mobil yang diminati, dari mobil baru hingga mobil bekas.

5. Otosia

Tempat jual beli mobil bekas bernama Otosia ini awalnya adalah sub-domain KapanLagi.com. Kini, Otosia menjadi salah satu situs media terbesar di Indonesia untuk bidang otomotif.

Salah satu fokus Otosia adalah berita otomotif di Indonesia. Tapi, Otosia juga jadi tempat jual beli mobil bekas dan baru. Dari kendaraan pribadi standar hingga mewah, serta kendaraan komersial tersedia di tempat jual beli mobil bekas online ini.

6. RajaMobil

RajaMobil merupakan versi online dari perusahaan retail showroom  kendaraan yang sebelumnya sudah berdiri di Indonesia. Kelahiran RajaMobil dibidangi dealer resmi Toyota yaitu Plaza Toyota pada 2012.

Meski begitu, RajaMobil gak cuma jadi tempat jual beli mobil bekas untuk merek Toyota dan sister company-nya Daihatsu.

RajaMobil menjadi tempat jual beli mobil bekas dan baru untuk merek lain. Pada September 2017, RajaMobil mengubah platform dari iklan baris online menjadi salah satu tempat jual beli mobil bekas online.

7. OLX

Siapa yang gak tahu ecommerce tiga huruf ini? Meski terkesan jadul, tapi OLX bisa jadi tempat jual beli mobil bekas incaran kamu.

Bisa dibilang OLX adalah salah satu tempat jual beli mobil bekas hingga barang atau properti pertama di Indonesia. Kepercayaan tinggi terhadap OLX menjadi salah satu pertimbangan bagi kamu yang ingin transaksi di tempat jual beli mobil bekas terpercaya.

Tempat jual beli mobil bekas offline

Tren pembelian mobil bekas gak surut dengan kehadiran mobil-mobil baru. Makanya beberapa lokasi tempat jual beli mobil bekas ini masih didatangi calon pembeli.

Mau tahu? Simak ulasan singkat berikut dinukil Liputan6.com

1. WTC Mangga Dua

Bursa mobil bekas mendominasi sebagian besar lantai gedung salah satu mal terbesar di Jakarta Utara ini. Bahkan, dengan panjang lebih dari 2.200 unit, WTC Mangga Dua pernah menerima penghargaan Muri pada 2011.

Semua merek dan tipe tersedia di tempat ini, dari Toyota, Honda, Mitsubishi, hingga Proton. Terdapat tujuh lantai tempat penjualan mobil bekas, yaitu 3, 3A, 5, 6, 7, 8, dan 9.

Kamu yang pengin beli, sebaiknya sudah menentukan bujet dan jenis mobil yang akan dibeli. Kalau gak, bisa bingung pilihnya karena mulus-mulus!

2. Pasar Mobil Kemayoran

Masih berada di Jakarta, sentra mobil bekas kedua pilihan kami adalah Pasar Mobil Kemayoran. Sekira 200-an mobil bekas dan ratusan kios suku cadang bisa kamu temui di tempat ini.

LOkasi strategis di Jalan Industri Raya, Kemayoran, Kota Jakarta Utara, jadi alasan tempat ini jadi “garasi mobil second” yang banyak dikunjungi. Pasar mobil ini memang menjadi pionir sentra mobil bekas sejak 1990-an. Di sini juga melayani tukar tambah dan leasing.

3. Lapangan Parkir Stasiun TVRI Bandung

Gak cuma di Jakarta ada “garasi mobil second” besar, lho! Di Bandung, tepatnya di Lapangan Parkir Stasiun TVRI Bandung Jalan Raya Cibaduyut Nomor 276 terdapat ratusan mobil bekas yang dipajang.

Gak cuma dipajang tapi bisa kamu bawa pulang jika harga sesuai. Bagi kamu yang minat, bisa datang ke tempat ini setiap hari Minggu. Di sini juga bisa test drive dan pastinya tawar harga mobil incaran kamu.

Harga jual beli mobil bekas

Harga mobil bekas akan menyusut seiring bertambahnya usia mobil tersebut. Penyusutan harga rata-rata antara 10 persen sampai dengan 15 persen per tahun. 

Faktor-faktor yang memengaruhi harga jual mobil bekas adalah tipe, merek, tahun produksi, kelengkapan surat-surat, pembayaran pajak, dan kondisi kendaraan itu sendiri. 

Sebagai contoh, di pasaran saat ini mobil Mitsubishi Xpander 2018 seharga Rp175 juta. Padahal harga barunya pada saat itu sekitar Rp189 juta. Artinya ada penyusutan harga sekitar 5 persen. 

Masyarakat awam biasanya memilih mobil berdasarkan ketersediaan suku cadang atau sparepart dan harganya yang terjangkau. Sehingga, ongkos perawatannya pun jadi lebih murah. Pembeli pun akan berpikir dua kali jika sparepart-nya sulit ditemukan dan harganya mahal, meskipun harga jual mobilnya lebih murah dibandingkan dengan tipe mobil sejenis.  

Selain alasan harga, mobil bekas masih menjadi pilihan karena bisa digunakan langsung. Kondisi seperti ini biasanya dibutuhkan saat jelang mudik Lebaran. Berbeda dengan mobil baru yang harus menunggu surat-surat pajaknya selesai setelah pembelian.

Risiko jual beli mobil bekas

Perlu disadari bahwa transaksi ini bukan tanpa risiko. Baik penjual maupun pembeli bisa mengalami kerugian. Penjual sulit menjual barangnya karena daya beli beli masyarakat yang menurun atau tipe mobil yang dijual tidak banyak dicari pembeli.

Sebaliknya, pembeli juga bisa mengalami kerugian dengan membeli mobil bekas. Risiko yang dihadapi seperti membeli mobil bekas tabrakan, banjir, hingga surat-surat yang bermasalah. Hal tersebut bisa mengakibatkan pembeli mengalami kerugian finansial yang lebih besar. 

Nah supaya kedua pihak gak rugi secara finansial, lebih baik memproteksi mobilnya dengan asuransi mobil all risk atau asuransi mobil total loss only (TLO).

Dengan begitu, harga mobil gak terlalu menyusut bagi penjual. Bagi pembeli, tentunya akan semakin nyaman dan merasa aman dalam berkendara karena terlindungi dari kerugian finansial ketika terjadi risiko di jalan.

Proteksi mobil bekas dengan asuransi terbaik

Kalau kamu ambil kendaraan di tempat jual beli mobil bekas, gak ada salahnya. Selain lebih murah, kamu bisa saja mendapatkan mobil impian yang performanya masih oke.

Nah demi mendukung performa kendaraan dan kenyamanan berkendara, kamu tetap harus proteksi dengan asuransi mobil. Kalkulator Premi dari Lifepal berikut ini membantu kamu menghitung estimasi premi asuransi mobil.

Lalu asuransi apa yang cocok buat mobil kamu? Nih, ada Kuis Asuransi Mobil yang menjawab jenis asuransi mobil yang sesuai kebutuhan kamu!

Tips jual beli mobil bekas

Lalu apa saja yang perlu diperhatikan saat hendak melepas atau mencari kendaraan di tempat jual beli mobil bekas?

Salah satunya tentu jangan tergiur harga miring yang ditawarkan sales di tempat jual beli mobil bekas. Perhatikan tips jual atau beli kendaraan di tempat jual beli mobil bekas baik online atau offline.

Tips jual mobil bekas

Menjual mobil bekas tidak mudah. Karena pembeli akan lebih selektif untuk memeriksa kondisi kendaraan. Oleh karena itu, pastikan kondisi kendaraan prima saat akan dijual. Berikut ini adalah beberapa tips jual mobil bekas supaya untung:

  • Pastikan kondisi mobil terawat baik mesin, interior maupun eksterior.
  • Siapkan kelengkapan dokumen seperti faktur pembelian, BPKB, dan STNK kendaraan.
  • Pastikan sudah membayar pajak kendaraan.
  • Transparan dengan kondisi mobil yang sesungguhnya.
  • Tetapkan harga wajar sesuai dengan kondisi mobil bekas.
  • Promosikan melalui media sosial atau platform online. 
  • Dampingi pembeli saat melakukan test drive.
  • Ceritakan riwayat perawatan.
  • Bawa saksi saat melakukan transaksi jual beli untuk menghindari penipuan.
  • Disarankan untuk membayar dengan metode transfer agar lebih aman dari uang palsu.

Tips beli mobil bekas

Untuk menghindari kerugian finansial ketika membeli mobil bekas, lakukan beberapa pemeriksaan kondisi kendaraan secara menyeluruh. Berikut ini adalah tips beli mobil bekas biar tidak rugi:

  • Jangan tergiur harga murah. 
  • Bandingkan secara online mobil yang hendak dibeli dengan tipe, merek dan tahun yang sama.
  • Pastikan surat-surat kendaraan lengkap (Faktur, BPKB, STNK).
  • Pastikan pajak sudah dibayarkan atau bukan mobil bodong.
  • Periksa kondisi mesin dan fisik mobil. Terawat atau tidak terawat.
  • Bawa montir atau orang kepercayaan yang mengerti mesin dan kondisi mobil.
  • Usahakan membeli mobil dari orang pertama agar kondisi mobil lebih terjamin.
  • Lakukan uji coba kendaraan untuk mengetahui kondisinya.
  • Jangan sungkan bertanya tentang riwayat perawatan mobil. 

Pertanyaan seputar tempat jual beli mobil bekas

Apa saja pilihan situs beli mobil bekas?

Pilihan situs beli mobil bekas antara lain Carmudi, Mobil88, Mobil123, OTO.com, Otosia, RajaMobil, dan OLX. Kamu bisa melakukan pengecekan harga hingga kondisi mobil sebelum memutuskan membelinya.

Berapa persen penyusutan harga mobil bekas?

Harga mobil akan menyusut seiring bertambahnya usia mobil tersebut. Penyusutan harga rata-rata antara 10 persen sampai dengan 15 persen per tahun.

Faktor-faktor yang memengaruhi harga jual mobil bekas adalah tipe, merek, tahun produksi, kelengkapan surat-surat, pembayaran pajak, dan kondisi kendaraan itu sendiri.

Sebagai contoh, di pasaran saat ini mobil Mitsubishi Xpander 2018 seharga Rp175 juta. Padahal harga barunya pada saat itu sekitar Rp189 juta. Artinya ada penyusutan harga sekitar 5 persen.

Bagaimana perbedaan tempat jual beli mobil bekas?

Cara konvensional untuk menjual mobil bekas adalah dengan memarkirkan di pinggir jalan kemudian membuat tulisan bahwa mobil tersebut sedang dijual. Beberapa usaha bisnis penjualan mobil bekas konvensional pun memarkir mobilnya di sebuah showroom sederhana di pinggir jalan agar mudah terlihat oleh calon pembeli.

Kini, jual beli mobil bekas sudah bisa online. Kamu bisa membandingkan unit mobil tipe tertentu dengan tahun pembuatan yang sama di beberapa situs tersebut. Dengan begitu kamu bakal mendapatkan mobil sesuai kebutuhan dan bujet yang dimiliki.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →