Butuh Dana Mendesak, Pilih Gadai atau Jual Emas? Ini Perbandingannya!

jual emas

Jual emas menjadi salah satu alternatif yang banyak dipilih orang saat mereka membutuhkan dana mendesak. Daripada harus ribet bolak balik cari pinjaman kesana-kemari, menjual emas jadi salah satu jalan termudah.

Butuh sejumlah uang dalam waktu singkat memang kerap dialami banyak orang. Baik untuk biaya pengobatan maupun untuk berbagai urusan lain yang membuat kamu membutuhkan uang cepat.

Namun, yang menjadi masalah adalah saat butuh dana mendesak namun kamu tidak memiliki uang simpanan. Repot dan pusing banget sih pastinya.

Hal itulah yang membuat banyak orang memilih untuk menjual barang pribadi yang berharga dan dapat dijual dalam waktu cepat. Salah satunya adalah emas.

Kalau barang elektronik, kamu tentu membutuhkan waktu yang cukup lama, belum lagi harga yang ditawar orang akan menurun drastis dari harga beli. Kondisi tersebut kerap dimanfaatkan oleh sebagian orang karena mengetahui orang yang menjual barang sedang butuh uang cepat. Makanya, gak heran kalau ditawar dengan harga yang gak bersahabat.

Akan tetapi, banyak orang yang kerap dihadapkan dengan dilema yaitu menjual atau menggadaikan emas miliknya. Karena bisa jadi emas tersebut merupakan pemberian seseorang yang sayang jika harus dijual. Namun, jika digadai, nominal uang yang diperoleh tidak sebesar jika dijual.

Meskipun kedua solusi tersebut sama-sama menguntungkan, tapi tetap saja menimbulkan dilema. Karena itu, kali ini MoneySmart.id ingin memberikan perbandingan antara jual emas dan gadai emas. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Udah Tahu Cara Investasi Emas yang Benar? Ikuti 6 Langkah Ini

Jual emas

Kalau memutuskan buat jual, harus perhatikan harganya ya. (Shutterstock)

Seperti namanya, menjual emas berarti kamu memberikan emas kepada pihak lain, baik lembaga penyedia jual beli emas maupun toko emas. Harga yang ditaksir pun umumnya mengikuti harga pasar.

Proses jual emas pun tergolong mudah kok. Kamu hanya perlu membawa bentuk fisik emas beserta surat-suratnya. Setelah itu, tunggu beberapa saat untuk mengetahui kisaran harga emas, kemudian uang sudah bisa kamu miliki.

Namun, sebelum kamu memutuskan untuk menjual emas, sebaiknya cari tahu dulu harga pasar emas saat itu. Apakah sedang turun atau justru naik. Jangan sampai asal jual emas di saat harga emas sedang turun. Kalau kayak gitu siap-siap aja kamu rugi banyak.

Kamu bisa mengecek harga emas per hari di internet. Salah satunya adalah situs resmi Pegadaian yang memang kerap menjadi pilihan masyarakat untuk menjual maupun menggadaikan emas.

Jadi, jangan sampai gigit jari karena emas milikmu dihargai dengan nominal yang rendah. Sebaiknya cek dulu harganya. Kalau memang sedang turun tapi butuh dana mendesak, ada baiknya kamu menggadaikan saja dibanding buru-buru menjualnya.

Baca juga: Catet! Ini 5 Tempat Terbaik buat Investasi Emas

Gadai emas

jual emas
Kalau masih sayang sama emasnya, digadai aja. (Shutterstock)

Selain menjual, menggadaikan emas juga kerap menjadi pilihan banyak orang di saat butuh uang cepat. Sama halnya dengan jual emas, prosesnya pun juga terbilang sangat mudah dan gak ribet kok.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Kamu bisa datang ke lembaga yang menawarkan fasilitas gadai emas, seperti Pegadaian salah satunya. Jangan lupa untuk membawa identitas diri beserta surat-surat yang dibutuhkan. Tunggu beberapa menit, uang sudah dapat kamu kantongi.

Namanya juga menggadaikan, berarti ada jatuh tempo. Nah, umumnya pihak Pegadaian memberikan batas waktu selama empat bulan untuk kamu dapat melunasinya. Jika sudah lunas, emas milikmu bisa langsung ditebus dan dibawa pulang kembali.

Karena Pegadaian adalah salah satu lembaga milik pemerintah, emas milikmu akan disimpan dengan aman. Jadi, gak perlu takut tuh emasmu bakal hilang atau dibawa kabur.

Selain itu, harga emas yang akan kamu gadaikan juga akan ditaksir oleh juru taksir. Juru taksir akan memberikan harga yang sangat pantas dengan melihat kondisi emas milikmu.

Tapi, kamu gak perlu khawatir karena mereka biasanya memberikan harga cukup tinggi kok, yaitu antara 92 hingga 95 persen dari harga emas.

Misalnya, emas milikmu dihargai Rp 4 juta dengan nilai taksir sebesar 95 persen. Maka, uang yang akan kamu peroleh yakni sebesar Rp 3,8 juta.

Saat menggadaikan emas, kamu juga akan dikenakan biaya administrasi. Gak perlu takut, gak besar kok yaitu mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 125 ribu dengan pinjaman mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 5 miliar.

Yang enaknya lagi, jika dalam kurun waktu empat bulan kamu belum bisa menebus emas yang digadaikan, kamu bisa memperpanjang waktu jatuh tempo hanya dengan membayar biaya administrasi saja. Asyik kan?

Gimana, sekarang udah tahu kan apa perbandingan jual emas dan gadai emas? Kedua solusi tersebut sama-sama memberikan keuntungan kok. Tinggal kamu sesuaikan saja dengan kebutuhanmu. Semoga bermanfaat ya! (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →