Tips Jual Tanah Cepat Laku dengan Harga Tinggi

jual tanah

Jual beli tanah memang menjadi salah satu investasi yang menguntungkan. Tetapi, tidak semua bidang tanah bisa dijual dengan harga yang menguntungkan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar penjualan tanah bisa mendatangkan untung sesuai dengan yang diharapkan. Dengan begitu, modal pembelian tanah bisa berlipat-lipat keuntungannya.

Agar tanah bisa memiliki nilai tawar yang tinggi dan terjual dengan cepat, Anda perlu memperhatikan beberapa faktor yang akan diulas berikut ini.

Tips Jual Tanah agar Cepat Laku

surat jual beli tanah

Salah satu faktor penting untuk memudahkan penjualan tanah adalah akses dan legalitasnya. Pembeli akan langsung menolak jika tidak memiliki akses jalan yang memadai, apalagi jika tanah bersangkutan masih dalam sengketa. Berikut ini adalah faktor-faktor yang menentukan penjualan tanah agar bisa cepat laku.

1. Lebih baik jual tanpa perantara

Jika ingin mendapatkan cuan yang lebih besar, Anda harus menjualnya tanpa perantara. Meskipun saat ini sudah banyak agen properti yang memudahkan upaya penjualan tanpa harus repot melakukan promosi, tetap lebih untung untuk mengurusnya sendiri.

Biaya jasa agen jual beli tanah cukup tinggi, yaitu antara Rp5 juta sampai dengan Rp10 juta. Ada juga yang menerapkan sistem persentase dari harga jual tanah hingga 5-10 persen.

Jika harga tanah Rp100 juta, maka akan dipotong jasa agen penjualan tanah sebesar Rp10 juta. Cukup besar, bukan? Oleh karena itu, jika ingin mendapatkan keuntungan yang maksimal, Anda harus menjualnya sendiri tanpa bantuan agen ataupun perantara.

2. Survei harga tanah tertinggi di sekitar

Harga tanah bisa berpatokan pada Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) tanah. Namun, ada kalanya harga jual bisa lebih tinggi atau bahkan lebih rendah dibandingkan NJOP-nya. 

Jadi, cara yang paling sederhana dalam mengetahui nilai keuntungan harga jual tanah adalah dengan melakukan survei di lokasi sekitarnya. Harga tanah sangat dinamis karena dipengaruhi oleh faktor internal maupun faktor eksternal.

Faktor internal yang membuat harga tanah tinggi adalah kelengkapan dokumen dan surat-surat. Jika tanah masih dalam bentuk girik, harganya pun akan ditaksir lebih murah dibandingkan dengan tanah yang sudah memiliki akta tanah atau sertifikat resmi. 

3. Deskripsikan akses jalan dan kelebihan lainnya

Promosi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan mendeskripsikan kondisi dan lokasi tanah secara detail. Bahkan saat ini bisa diinformasikan melalui layanan whatsapp

Anda hanya perlu mengirimkan location dan foto-fotonya sehingga pembeli dapat lebih mudah mengetahui kondisi dan aksesnya melalui data dan foto yang dikirimkan.

4. Rajin posting di berbagai platform online

Zaman sudah makin canggih dengan adanya berbagai kemudahan digital. Ada beberapa situs jual beli rumah online yang bisa dimanfaatkan dengan mudah.

Yang perlu Anda lakukan hanya melakukan pendaftaran, kemudian memasang iklan sendiri. Agar postingan Anda bisa selalu terpampang di laman pertama, pengelola situs web akan menerapkan semacam biaya promosi. Namun jangan khawatir karena umumnya biaya tersebut masih terjangkau.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Beberapa platform yang bisa digunakan dalam hal ini adalah olx.co.id, rumah123.com, rumah.com, dan lain sebagainya. 

5. Iklan offline dan online

Jika Anda memiliki akun Facebook dan Instagram, jangan ragu untuk memanfaatkan fitur iklan dari keduanya dengan harga pemasangan iklan yang sangat terjangkau. Namun hitungannya di sini, semakin luas jangkauan yang diinginkan maka semakin besar biaya iklan yang harus dikeluarkan.

Bagaimana dengan Peraturan Pajak Jual Tanah?

surat jual beli tanah

Baik penjualan maupun pembelian tanah akan dikenai pajak jual beli tanah. Komponen pajak yang harus dibayar akan ditanggung oleh masing-masing pembeli maupun penjual. Artinya, baik pembeli maupun penjual dianggap sebagai objek pajak.

Beberapa komponen pengenaan pajak jual beli tanah adalah Pajak Penghasilan (PPh) dan BPHTB. Biaya pajak tersebut tentu saja belum termasuk dengan biaya lainnya, seperti biaya administrasi pengecekan sertifikat, balik nama, hingga jasa notaris.

Dengan demikian, Anda perlu memperhitungkan pajak dan biaya administrasi yang ditimbulkan saat hendak menjual tanah Anda sehingga keuntungan yang diharapkan benar-benar maksimal dan sesuai dengan perhitungan. 

Dengan memahami tips dan pajak penjualan tanah, tidak mustahil Anda bisa mendapatkan margin keuntungan dari penjualan tanah dibandingkan dengan harga pembelian sebelumnya.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →