Modal Cuma Rp 7 Juta, Kamu Bisa Dapat Cuan Rp 9 Juta per Bulan Jualan Jus Buah

jus buah

Minum jus buah dianjurkan untuk dikonsumsi semua orang. Pasalnya, kandungan vitamin dan gizi terdapat di dalam buah sangat baik untuk tubuh manusia. 

Dengan beragam manfaat yang terkandung di dalam jus buah, banyak orang memilih mengonsumsinya setiap hari. Ada yang memilih bikin sendiri, banyak juga yang membelinya langsung ke pedagang jus buah pinggir jalan. 

Mengingat banyaknya permintaan, tentu membuat minuman olahan buah satu ini menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan. Selain mudah dijalani, pembelinya pun pasti ada setiap saat. 

Buat kamu yang berminat buka usaha jus buah, kali ini Lifepal bakal mengulas tentang kelebihan, kekurangan, serta analisa modal yang perlu dikeluarkan untuk menjalankan usaha satu ini. 

Kelebihan usaha jus buah

jus buah
Kelebihan usaha jus buah

Setiap peluang usaha, pasti memiliki kelebihannya masing-masing. Kalau gak ada kelebihannya, kamu harus pikir-pikir lagi untuk membuka usaha tersebut. 

Tapi, tenang saja, berjualan jus memiliki beragam kelebihan dan bisa mendatangkan keuntungan buatmu. 

1. Pangsa pasarnya banyak 

Jus buah merupakan salah satu minuman yang memiliki khasiat bagus untuk tubuh. Kandungan vitamin, mineral, dan zat bermanfaat lainnya bisa dirasakan dalam setiap tegukannya. Karena itu, banyak masyarakat menjadikan minuman olahan ini sebagai andalan. 

Gak memandang umur, mulai dari yang anak-anak, remaja, sampai orangtua senang minum jus buah. Jadi kamu jangan takut untuk menderita kerugian, karena pasarnya luas dan selalu ada.

2. Modalnya kecil 

Membuka usaha jus gak kayak bisnis kuliner lainnya yang butuh modal banyak, dengan modal minim kamu sudah bisa berjualan. Kenapa minim? Karena alat-alat yang dibutuhkan sedikit dan space untuk berdagangnya bisa dilakukan di mana saja. 

Nanti akan dijelaskan lebih rinci mengenai alat-alat dan berapa modal yang perlu disiapkan untuk menjalankan usaha ini. 

3. Lokasinya gak membutuhkan lapak yang luas

Lapak menjadi salah satu indikator utama dalam memulai bisnis. Kalau lapaknya sesuai tentu bisa mendatangkan banyak keuntungan buat penjualnya. 

Keuntungannya berjualan jus, kamu gak perlu mempersiapkan lapak yang mewah dan luas. Cukup bermodalkan gerobak di pinggir jalan saja juga sudah bisa jualan. 

4. Mudah dijalankan 

Jus merupakan salah satu minuman olahan buah yang proses pembuatannya sangat simpel. Bahkan semua orang yang masih amatiran di bidang kuliner saja bisa membuat jus. 

Caranya mudah banget, tinggal siapkan buahnya, terus diblender bersama es batu atau campuran gula (sesuai selera). 

Baca juga: Modal Cuma Rp 10 Juta! Sarjana IT Ini Jualan Kopi Beromzet Rp 1 Miliar

Kelemahan usaha jus buah

jus buah
Kelemahan jus buah

Ada kelebihan tentu ada kelemahannya. Sebelum kamu terjun ke bisnis ini, ada baiknya untuk mengetahui apa risiko yang bakal kamu alami ke depannya. 

1. Bergantung dengan masa panen atau musim buah 

Gak semua buah bisa dinikmati setiap saat, karena di Indonesia, masa panen buah berbeda-beda. Masa panen tersebut biasanya disebut musim buah, dan rasanya buah yang dipetik saat musimnya itu cenderung lebih nikmat.

Contohnya, mangga harum manis, kalau belum musimnya, jarang sekali kita menemukan jus mangga harum manis yang benar-benar lezat. 

2. Buah cepat busuk 

Selain bergantung dengan musim, buah-buahan juga cepat membusuk, salah satunya adalah pisang. Kalau misalnya kamu stok banyak, tapi belum habis, kamu bakal berisiko mengalami kerugian. 

Saat berbelanja bahan baku alias buah, beli secukupnya saja. Kira-kira bisa stok hanya untuk tiga atau satu minggu ke depan. Setelah buah habis, kamu bisa membeli untuk hari-hari berikutnya. 

Macam-macam jus buah dan manfaatnya

jus buah
Macam-macam usaha jus buah dan manfaatnya

Buah memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh, ada yang bisa untuk menjaga daya tahan tubuh, meningkatkan imun, sampai menghindari berbagai penyakit berbahaya. 

1. Jus pisang 

Jus pisang memiliki segudang manfaat baik. Kandungan kalium di dalamnya, bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi, memperlancar peredaran darah, menghindari stroke dan menghindari risiko terkena penyakit jantung. 

Selain itu, pisang juga baik dikonsumsi untuk mereka yang tengah dalam program diet. Karena pisang bisa menghilangkan rasa lapar, namun tetap memberikan nutrisi pada tubuh. 

2. Jus stroberi 

Buah yang hanya bisa tumbuh di dataran tinggi ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi serta antioksidan. Dua zat tersebut sangat berguna untuk menjaga daya tahan tubuh dan menangkal radikal bebas. 

3. Jus jeruk 

Sama dengan stroberi, jeruk juga mengandung tinggi vitamin C, tapi di jeruk juga mengandung kalium. Cocok banget untuk membantu menjaga daya tahan tubuh dan mengembalikan kondisi tubuh pascasakit.

4. Jus alpukat

Mungkin jarang yang memakan buah alpukat secara langsung. Tapi, kalau dijus, banyak yang suka. Bisa jadi karena jus alpukat yang dijual dipinggir jalan sudah dicampur dengan gula dan kental manis cokelat. 

Padahal, kalau dikonsumsi tanpa gula, akan ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan. Buah alpukat mengandung lemak baik yang bagus untuk menurunkan kadar kolesterol. 

5. Jus sirsak

Jus sirsak memiliki khasiat yang sangat berguna untuk tubuh karena kandungan vitamin C dan mineralnya. Kalau kamu rutin meminumnya, buah satu ini bisa mengurangi risiko terkena penyakit kanker dan tumor. 

6. Jus jambu 

Buah jambu, khususnya jambu biji kaya vitamin C, lycopene, dan kalium. Kandungan tersebut yang menyebabkan jambu sangat baik dikonsumsi untuk mengembalikkan kondisi tubuh pascasakit, dan menormalkan tekanan darah. 

7. Jus mangga 

Mangga yang paling lezat untuk dinikmati dalam bentuk jus adalah mangga harum manis. Tapi, untuk mendapatkan buah yang berkualitas itu, kamu harus menunggu musimnya tiba. 

Buah tropik yang satu ini memiliki kandungan pektin. Kalau dikonsumsi, pektin sangat mudah larut di dalam darah, dan membantu mengurangi kadar kolesterol. 

8. Jus buah naga 

Buah naga mengandung zat lycopene yang bermanfaat. Zat tersebut dipercaya mampu menurunkan risiko terkena berbagai macam penyakit kanker. 

Langkah yang harus dipersiapkan untuk usaha jus buah 

jus buah
Langkah yang harus dipersiapkan untuk usaha jus buah

Untuk memulai usaha, kamu harus mempersiapkan segalanya dari awal, sampai bisa beroperasi layaknya usaha lainnya. Berikut, hal-hal yang perlu kamu persiapkan: 

  1. Modal usaha, bisa dari tabungan pribadi atau dari pinjaman
  2. Pemilihan lokasi yang tepat. Lokasi yang strategis bisa di daerah perkantoran, atau permukiman padat penduduk
  3. Mempersiapkan lapak untuk jualannya, bisa dengan gerobak di pinggir jalan, atau booth kecil-kecilan
  4. Mencari racikan terbaik untuk jusnya, bisa belajar dari internet atau bertanya ke ahlinya
  5. Mempersiapkan pegawai, jika tidak bisa dijalankan sendirian
  6. Membeli peralatan-peralatannya, seperti blender, meja kursi, pisau, box es, dan lain-lain
  7. Membeli buah-buahannya di pasar agar harganya murah
  8. Lakukan promosi dari mulut ke mulut atau lewat sosial media

Analisa bisnis jus buah, mulai dari modal sampai keuntungannya

jus buah
Analisa bisnis jus buah, mulai dari modal sampai keuntungannya

Sesuai dengan janji di awal, kita bakalan ngasih perhitungan kasar terkait berapa modal yang harus dikeluarkan untuk memulai usaha jus buah, dan berapa kira-kira keuntungan yang didapat per harinya. 

MODAL AWAL USAHA JUS BUAH SEGAR HARGA 
Sewa tempat per bulan Rp 500.000
Membeli both kecil Rp 3.000.000
Peralatan (blender, pisau, box es, dll) Rp 500.000
Aneka buah-buahan untuk satu minggu Rp 1.000.000
Bahan lainnya (es batu, kental manis, gula) Rp 50.000
Gelas plastik dan sedotan plastik   Rp 100.000
Mesin cup sealer Rp 600.000
Bayar pegawai Rp 1.500.000
Listrik per bulan Rp 300.000
TOTAL
Rp 7.550.000

Modal awal yang perlu kamu persiapkan di awal sekitar Rp 7.550.000. Itu masih bisa lebih murah lagi kalau kamu sudah memiliki lokasi sendiri, dan tidak menggunakan pegawai. 

Dalam satu hari, biasanya tukang jus pinggiran bisa menjual sekitar 30 cup atau lebih dalam satu harinya. Apabila kamu menjual satu jusnya Rp 10.000, maka keuntungan yang bisa didapat dalam satu hari sekitar Rp 300.000, sebulan bisa Rp 9 juta! 

Strategi marketing bisnis jus buah

Untuk mendapatkan langganan dan menjual sekitar 30 cup jus buah emang bukanlah hal yang gampang. Kamu perlu strategi khusus untuk menjalankannya. Yuk simak beberapa tipsnya berikut ini:

1. Kualitas adalah yang utama

Dalam merintis bisnis usaha makanan dan minuman, modal utama yang harus kamu jagau dan tingkatkan adalah kualitasnya. Khusus untuk jus buah, kamu wajib menyiapkan buah-buah segar agar ketika sampai di lidah pelanggan rasanya bisa tetap enak.

Selain kualitas buah, kamu juga perlu menjaga konsistensi rasa jus agar tetap sama ketika pelanggan dateng yang kedua atau ketiga kalinya.

2. Berikan promo menarik

Udah jadi rahasia umum kalau masyarakat Indonesia itu suka banget sama yang anamnya promo berupa diskon maupun cashback. Oleha karena itu, untuk memancing orang datang ke tempat lapak kamu bisa menawarkan berbagai promo menarik.

Paling gak sebulan sekali kamu bisa memberikan promo yang unik dan menggiurkan.

3. Jadi merchant Grabfood dan Gofood

Langkah terakhir yang harus kamu coba adalah dengan membuat lapak di Grabfood maupun Gofood. Orang yang malas untuk keluar rumah bisa dengan mudah memesan minuman yang kamu juah.

Strategi ini terbukti ampuh meningkatkan cuan peluang usaha minuman dan makanan dalam beberapa tahun belakangan di Tanah Air.

Itulah kira-kira sedikit informasi tentang peluang usaha jus buah. Semoga saja bisa memberikan inspirasi buat kamu yang baru mau memulai usaha. (Editor: Chaerunnisa)