Jurusan Bisnis Unggulan di Indonesia Ada di Kampus Ini

sekolah jurusan bisnis

Jurusan bisnis menjadi jalur pendidikan universitas yang menjanjikan karier yang bagus.

Paling tidak, kamu bakalan punya kapasitas untuk menjadi pegawai profesional bergengsi karena ilmu-ilmu yang didapat bakal berguna banget untuk mengembangkan bisnis.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak sekolah-sekolah bisnis yang dapat dijadikan tempat bernaung. Mulai dari jenjang S1, S2, dan S3 atau dari kampus swasta atau negeri semuanya sudah ada.

Kualitasnya pun gak kalah apik kok sama kampus-kampus bisnis di luar negeri. Jadi kalau kamu gak keterima beasiswa bisnis di luar negeri, pilih saja kampus-kampus di Indonesia.

Kalau kamu tertarik untuk masuk menyelami lebih dalam tentang bisnis, memang lebih baik untuk kuliah di sekolah bisnis. Tapi kemudian, kamu pasti bingung di mana kampus atau universitas yang paling baik?

Nah biar gak bingung dalam menentukan pilihan, salah satu lembaga penghitung ranking universitas asal Prancis telah memberikan rekomendasinya.

Mereka adalah Eduniversal Business School Ranking, yang menilai peringkat sekolah bisnis terbaik di dunia. Penilaian tersebut didasarkan dari pandangan para ahli.

Cari kuliah jurusan bisnis? Cek dari 7 universitas terkemuka ini

Setidaknya ada 9 profesor dari berbagai belahan dunia terlibat dalam sistem penilaian ini. Sekolah bisnis di Indonesia juga tak luput dari penilaian mereka.

Mana saja universitas di Indonesia yang memiliki jurusan bisnis terbaik?

1. Universitas Indonesia

Jurusan bisnis di UI
Universitas Indonesia (Dok: UI).

Menurut Eduniversal, kampus di Indonesia yang memiliki jurusan bisnis terbaik ada di Universitas Indonesia. Fakultas Ekonomi dan Bisnis di UI merupakan yang terbaik di Indonesia, tentunya dengan beragam pilihan departemen.

Dilihat dari laman resminya, ada tiga departemen, yang pertama adalah Ilmu Ekonomi, Akuntansi, dan Manajemen. Ilmu-ilmu tentang bisnis bisa kamu pelajari di Departemen Manajemen.

Buat kamu yang ingin mempelajari sistem maupun proses bisnis ala syariah, ada juga Program Studi Bisnis Islam untuk jenjang S1. Biayanya pendidikannya dimulai dari Rp 25 jutaan.

2. Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB

Kalau kamu berpikiran Sekolah Bisnis Institut Teknologi Bandung atau SBM ITB hanya membuka jurusan teknik saja kamu salah besar. Memang sih popularitas ITB itu kampus teknik banget, tapi sejak tahun 2003, mereka membuka sekolah jurusan bisnis dan manajemen.

Sebenarnya untuk program MBA sudah ada sejak tahun 1990, tapi kemudian supaya lebih lengkap, ITB menggabungkannya dengan program manajemen menjadi Sekolah Bisnis Manajemen ITB.

Jenjang pendidikannya lengkap, ada S1, S2, dan S3. Kalau untuk S1 ada dua jurusan yang bisa kalian pilih, yaitu Manajemen dan Kewirausahaan.

Di jenjang Master ada Master of Business Administration dan Master of Science in Management. Sementara itu ada juga program doktor di dalam ilmu manajemen.

Kampusnya gak cuma ada di Bandung, tapi juga ada di Jakarta. Gunanya agar menjangkau kalangan pekerja di Ibu Kota yang ingin melanjutkan studinya.

3. IPMI International Business School

Jurusan Bisnis
IPMI International Business School (Dok: IPMI).

Eduniversal menempatkan universitas swasta IPMI International Business School di urutan ketiga. Mungkin kalian masih asing dengan nama kampus yang satu ini bila dibandingkan dengan UI dan SBM ITB.

Tapi dilihat dari laman resminya IPMI, mereka adalah sekolah bisnis pertama yang menggunakan full Bahasa Inggris dalam proses belajar mengajar dan yang pertama kali menerapkan metode pembelajaran ala Harvard University di Indonesia.

Kampus yang terletak di daerah Kalibata, Jakarta ini menyediakan program studi khusus jenjang S1 dan S2.

Untuk S1 mereka punya program studi Manajemen dengan penjurusan Akuntansi dan Keuangan, Kewirausahaan dan Manajemen, terakhir ada Bisnis Internasional. Sementara untuk jenjang S2, mereka memiliki program studi Master of Management.

4. Universitas Gadjah Mada

Kampus negeri tertua di Indonesia ini juga masuk ke deretan kampus dengan jurusan bisnis terbaik. UGM memiliki Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang mewadahi para mahasiswa untuk mempelajari lebih dalam tentang seluk beluk manajemen hingga bisnis.

FEB UGM juga kerap menjadi tujuan belajar para mahasiswa dari mancanegara. Dilihat dari website resminya, mereka menerima setidaknya 150 mahasiswa mancanegara setiap tahunnya.

Program studi yang ditawarkan pun juga beragam, mulai dari jenjang S1, S2, hingga S3. Untuk jenjang S2, salah satu program yang paling diminati adalah program MBA, yang dikhususkan untuk para pekerja.

Kalau kalian berminat kalian bisa mengambil kelas Executive A yang belajar setiap hari kerja di malam hari, atau Executive B yang jadwal mengajarnya setiap hari Sabtu.

5. Universitas Diponegoro

Jurusan Bisnis di UNDIP
Universitas Diponegoro (Dok: UNDIP).

Universitas Diponegoro merupakan salah satu universitas favorit yang ada di Indonesia. Jadi gak heran kalau mereka memiliki program studi untuk jurusan bisnis terbaik di Indonesia.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undip memiliki banyak pilihan program studi. Dilihat dari laman kampus ini, untuk jenjang S1 saja mereka ada Manajemen, Ilmu Ekonomi dan Pembangunan, Akuntansi, Ekonomi Islam.

Sementara untuk jenjang S2 ada Magister Manajemen, Akuntansi, serta Ilmu Ekonomi dan Pembangunan. Kalau untuk kamu yang berminat mengambil gelar doktor di FEB Undip ada program studi Doktor Ilmu Ekonomi. Semuanya telah terakreditasi ‘A’, jadi jangan ragukan kualitasnya.

Berkuliah di Semarang itu juga enak loh! Hampir sama seperti di Jogja, biaya hidupnya gak terlalu mahal kalau dibandingkan dengan di Jakarta. Jadi kuliah bisnis di Semarang sangat cocok jadi pilihan buat kamu yang pengin kuliah tapi punya bujet terbatas.

6. Prasetya Mulya Business School

Jurusan Bisnis
Prasetya Mulya Business School (Dok: PSM).

Universitas swasta yang satu ini memang terkenal banget dengan jurusan bisnis yang apik. Gak kalah lah kalau dibandingkan dengan universitas-universitas negeri di Indonesia.

Kampus yang terletak di BSD, Tangerang ini juga memiliki banyak program studi yang bisa kamu pilih.

Untuk jenjang S1 ada program studi Akuntansi, Bisnis, Pemasaran, Event, Keuangan dan Perbankan, Bisnis Ekonomi, Hukum Bisnis Internasional, dan terakhir Bisnis Perhotelan. Sementara untuk jenjang S2 ada program Magister Manajemen.

Untuk bisa berkuliah di sini, kamu harus merogoh kocek lumayan besar. Seperti dikutip dari laman resminya Prasetya Mulya, paling tidak kamu harus mempersiapkan uang mulai dari Rp95 juta untuk gelar sarjana.

7. Universitas Airlangga

Jurusan Bisnis di Universitas Airlangga
Universitas Airlangga (Dok: UNAIR).

Pada tahun 2017, Eduniversal menempatkan jurusan bisnis Unair ke urutan ke-5, tapi kemudian tahun ini ia turun dua peringkat ke-7. Kamu bisa mempelajari bisnis dan hal-hal tentang ekonomi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unair.

Fakultas ini telah berdiri sejak tahun 1953 yang diberi nama Perguruan Tinggi Ekonomi Krisnadwipayana.

Ada 4 departemen yang bisa kamu pilih, di antaranya Manajemen, Ilmu Ekonomi, Ekonomi Syariah, dan Akuntansi. Semua departemen tersebut telah mengantongi akreditasi dari lembaga dalam negeri ataupun luar negeri.

Jadi sudah dijamin kalau kualitas pendidikannya sangat apik dan bisa menghasilkan lulusan-lulusan yang berkompeten.

Berapa yang kamu perlu tabung untuk bujet kuliah jurusan bisnis?

Mungkin kamu penasaran berapa uangmu yang perlu disisihkan setiap bulan untuk membiayai pendidikanmu atau anakmu? Hitung saja dengan kalkulator waktu menabung Lifepal berikut.

Nah buat kamu yang mau cari penghasilan tambahan buat ditabung, coba daftar aja jadi agen pemasaran produk asuransi bersama Lifepal.

Kamu akan dibimbing untuk memahami seluk beluk asuransi dan produk-produk yang akan ditawarkan kepada masyarakat.

Tidak tanggung-tanggung, kamu bisa mendapatkan Rp30 juta tiap bulan lho. Tunggu apa lagi? Yuk segera daftarkan dirimu di Mitra Lifepal.

Lindungi keuanganmu dengan asuransi pendidikan

Ada solusi buat kamu yang kerepotan dengan bujet pendidikan yang makin melambung tiap tahun, yaitu asuransi pendidikan.

Asuransi pendidikan adalah produk pengelolaan keuangan yang ditujukan untuk menjamin biaya pendidikanmu atau anakmu di masa depan.

Sistem kerjanya, kamu cuma perlu membayar premi asuransi untuk beberapa periode sesuai kesepakatan untuk kemudian uang tersebut dikelola oleh perusahaan asuransi untuk dipersiapkan sebagai dana pendidikan diri sendiri atau ahli waris di masa yang ditentukan.

Dengan begitu, kamu tidak perlu mengeluarkan uang lagi nanti karena kamu cuma perlu mencairkan dana yang sudah dikelola dan menggunakannya untuk membayar biaya sekolah bisnis pilihanmu.

Itu tadi 7 universitas di Indonesia yang memiliki jurusan bisnis terbaik. Semoga saja bisa dijadikan referensi kamu melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi berikutnya!

Kalau ada yang kamu mau tanyakan mengenai cara menyusun perencanaan keuangan pribadi dan rumah tangga, konsultasikan saja di Tanya Lifepal.

FAQ seputar sekolah jurusan bisnis

Pendidikan jurusan bisnis cocok bagi kamu yang ingin meraih poin-poin berikut.

  1. Mengasah kreativitas dalam merintis atau mengelola perusahaan.
  2. Menjadi pembicara yang andal di dunia negosiasi dan pengembangan bisnis.
  3. Menjadi pakar pengelolaan anggaran dan penghasilan.
  4. Menjadi kritis dan cepat tanggap menilai sisi ekonomis dari banyak hal.
  5. Mendapatkan prospek lapangan kerja yang lebih luas di berbagai bidang.
  6. Lebih berpeluang untuk bisa menjadi seorang CEO sebagaimana dasar-dasar ilmu bisnis adalah mengelola perusahaan atau organisasi.
Ada berbagai rekomendasi universitas jurusan bisnis di Indonesia. Sebagian di antaranya sebagai berikut.

  1. Universitas Indonesia
  2. Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB
  3. IPMI International Business School
  4. Universitas Gadjah Mada
  5. Universitas Diponegoro
  6. Prasetya Mulya Business School
  7. Universitas Airlangga
Mahalnya biaya pendidikan, apalagi besaran rata-ratanya yang terus meningkat setiap tahun dikarenakan inflasi, bisa diatasi dengan pengelolaan asuransi pendidikan.

Manfaat asuransi pendidikan memberikan keuntungan berupa jaminan pengelolaan keuangan yang bisa dicairkan dan digunakan untuk melunasi biaya berkuliah di masa yang ditentukan.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →