Kaca Film Mobil – Rekomendasi Terbaik dan Tips Memilih

kaca film mobil

Kaca film mobil adalah salah satu aksesoris penting pada mobil untuk menunjang kenyamanan dan keamanan berkendara. Kaca film yang dinilai sebagai pelapis dari sinar matahari seperti tabir surya, ternyata juga memiliki manfaat lain.

Itu sebabnya kamu gak bisa sembarangan memilih kaca film untuk mobil kesayangan. Apalagi, penggunaan kaca film ini untuk jangka panjang.

Sebagai pendukung kinerja AC dalam mobil, memilih kaca film terbaik sangat penting buat kamu. Di pasaran, ada banyak merek kaca film mobil yang menawarkan pilihan kualitas, harga, dan teknologi.

Biar gak bingung, Lifepal bakal bantu kamu memilih kaca film mobil terbaik termasuk spesifikasinya. Selain itu, kamu bisa meningkatkan keamanan berkendaraan dari rasa was-was dengan berbagai pilihan proteksi mobil terbaik!

Kamu juga bisa menanyakan langsung persoalan terkait anggaran kepada ahlinya di Tanya Lifepal, ya!

Nah, kita simak dulu ulasan lengkap tentang kaca film berikut ini dari rekomendasi, manfaat, spesifikasi, dan tips memilih yang tepat buat kendaraan kamu!

Rekomendasi kaca film mobil terbaik

Bagi kamu yang sedang cari kaca film mobil buat kendaraan kesayangan kamu, yuk simak rekomendasi berikut ini. Kamu bisa membandingkan beberapa merek dan kisaran harganya!

1. Llumar

Salah satu produsen kaca film terbesar, Eastman, memproduksi kaca film mobil bernama Llumar. Entah kenapa, merek kaca film yang satu ini identik digunakan mobil Mercedes-benz di Tanah Air.

Mungkin alasannya adalah teknologi yang diterapkan dan mampu membuat kabin mobil lebih dingin 16 derajat dibandingkan tanpa kaca film mobil. Tentunya kaca film ini juga memberikan fungsi utama untuk menghalau silaunya sinar matahari.

Selain itu, pelapis kaca ini juga diklaim ampuh memberikan pendinginan empat kali lebih cepat ketimbang merek lain. Keunggulan ini membantu menjaga suhu kabin stabil sehingga penggunaan AC tidak perlu terlalu dingin yang bakal mengurangi konsumsi BBM.

Kisaran harga: Rp2,4 juta – Rp6,7 juta.

2. 3M

Merek yang satu ini gak kalah populer di Indonesia. 3M adalah salah satu pilihan terbaik dengan produk bernama 3M Autofilm Black Beauty Windshield for Car yang cocok untuk bagian kaca depan.

Tingkat kegelapan hingga 40 persen dan dibuat dari poliester khusus yang membuatnya gak gampang pudar. Selain itu, bahan pembuatannya gak menggunakan material metal agar kaca bebas karat. Harganya juga lebih terjangkau, mulai Rp500 ribuan.

3. V-Kool

Merek yang satu ini juga cukup populer di Tanah Air. V-Kool juga salah satu pesaing berat Llumar dan 3M. Kabarnya, IRR V-Kool mencapai 98 persen yang membantu kabin mobil lebih sejuk.

Selain itu mampu menahan sinar UV hingga 99 persen. Dengan kemampuan ini, kaca film mobil V-Kool dibanderol cukup tinggi sekitar Rp6 jutaan.

4. Solar Gard

Solar Gard menawarkan kaca film mobil Solar Gard Best Performance – (Medium Car) Full Kaca. Merek asal Amerika Serikat ini akan membuat kaca mobil kamu terlindungi.

Merek ini menawarkan kaca film mobil dengan daya tapis UV hingga 99 persen. Visibilitasnya juga tinggi, walau dari luar tampak gelap.

Kamu bisa memasangnya pada berbagai jenis mobil ukuran sedang dengan kisaran harga Rp4 juta.

5. Huper Optik

Huper Optik juga salah satu pilihan terbaik karena mampu menepis sinar UV hingga 99 persen. Hal ini mendukung kabin kamu tetap sejuk dan terlindungi dari silaunya sinar matahari. Kisaran harga Huper Optik antara ratusan ribu rupiah hingga Rp7 jutaan.

6. Iceberg

Iceberg generasi ke-4 menawarkan material kaca dengan nano ceramic 100 persen yang diklaim mampu menepis sinar UV secara sempurna. Selain itu, teknologinya juga dilengkapi UVR, TSER, VLT, dan IRR tinggi. Kisaran harga pun lebih terjangkau, yaitu sekitar Rp2,1 juta.

7. Masterpiece

Brand asal Jepang ini jadi pilihan terbaik dan cocok untuk mobil berukuran kecil. Kemampuan menapis UV cukup baik dengan Sputtered Technology dan Heat shielding technology. Level TSER-nya mencapai 77 persen dan UVR-nya 99 persen. Kisaran harganya Rp2,5 hingga Rp3,6 jutaan.

8. Perfections

Kaca film Perfections juga bisa jadi pertimbangan buat kendaraan kamu. Kualitasnya cukup tinggi dengan tingkat kepekatan atau kadar gelap maksimal 40 persen.

Kabarnya, sinar UV bisa ditapis hingga 99,9 persen sehingga kabin lebih dingin dan interior kamu gak cepat pudar. Dengan garansi 7 tahun, harga kaca film ini berkisar Rp2,7 juta dengan bonus Kit Wash and Glow Shampoo ukuran 800 ml.

9. Spectrum

Pilihan terbaik dari bran ini adalah Spectrum Window Film Black/Silver untuk kaca depan. Kaca ini direkomendasikan The Skin Cancer Foundation sebagai produk yang membantu meredam potensi kanker kulit akibat sinar matahari.

Level UV mencapai 99 persen dan TSER 90 persen. Produk ini juga menawarkan berbagai level gelap dengan pilihan warna hitam atau silver. Harganya berkisar Rp700 ribu.

10. Konica Minolta

Merek yang satu ini populer dengan ICE-u di Indonesia. Terdapat tiga teknologi yang diterapkan dalam pembuatannya yaitu optical technology, coating technology, dan material application technology.

Dari keterangannya, optical technology menerapkan prinsip kerja optik mesin fotokopi sehingga memiliki daya tolak sinar inframerah yang terbaik. Coating technology mengaplikasikan metode nano-coating dengan presisi tinggi.

Sementara material application technology memasukkan sejumlah material photosensitive yang mampu meningkatkan kualitas dan daya tahan kaca film mobil. Harga kaca film untuk full body ukuran medium berkisar Rp5 juta.

11. CP-F1

Terakhir ada CP-F1 yang unggul karena bahan baku premium yaitu logam berkualitas tinggi dan teknologi nano ceramic. Kaca film mobil ini diklaim bisa bertahan 12 tahun dan menjadi bagian dari APM, perusahaan otomotif terbesar di Indonesia untuk Toyota dan Daihatsu.

Salah satu produk unggulan lapisan film untuk kaca mobil bikinan CP-F1 adalah Solar Control. Kelebihannya, mampu melindungi dari bahaya sinar UV matahari dan mereduksi panas hingga 16 derajat. Selain itu penggunaan kaca film CP-F1 Solar Control juga bisa melindungi penumpang dari bahaya serpihan kaca saat kecelakaan.

Kisaran harga: Rp2 jutaan.

Manfaat kaca film mobil

Kaca film mobil ternyata gak cuma aksesoris yang bisa menghalau sinar matahari masuk dari kaca kendaraan kamu, lho! Ada beberapa manfaat lain yang berguna bagi kesehatan, estetika, dan merawat mobil kamu.

Yuk simak ulasan berikut!

1. Pelindung Sinar UV

Tugas dan fungsi kaca film mobil yang pertama adalah untuk mengurangi sinar matahari yang masuk ke kabin. Sinar matahari ini bagus bagi tubuh, tapi untuk jam-jam tertentu saja.

Nah paparan infra merah dan UV dari sinar matahari terutama siang gak bagus buat kesehatan kamu. Bahkan bisa berdampak pada risiko kanker kulit.

Dengan menggunakan kaca film mobil berkualitas, risiko ini bisa diminimalisir.

2. Meningkatkan tampilan kendaraan

Kaca film mobil juga mendukung tampilan berbeda kendaraan kamu, lho! Gak sekadar proteksi dari sinar UV, pilihan kaca film mobil yang sesuai dengan warna dan karakter kendaraan kamu bakal mendongkrak level kerennya.

3. Efisiensi bahan bakar

Ternyata, kaca film juga membantu efisiensi penggunaan BBM. Dengan kaca film, penggunaan AC dalam kabin gak perlu sampai level paling dingin.

Warna gelap dari kaca film mobil akan mengurangi cahaya matahari yang masuk. Dengan begitu, udara panas yang dikirim akan berkurang.

4. Menjaga privasi

Bayangin deh kalau kaca mobil kamu bening saja! Pasti apa yang kamu lakukan dalam mobil terlihat dari luar. Misalnya saja, sedang merias wajah. Gak nyaman banget kalau kamu diperhatikan orang lain di luar kendaraan kamu.

Dengan kaca film mobil, kamu menjaga privasi dari orang lain. Jadi, orang-orang di luar mobil kamu gak bisa melihat jelas aktivitas dalam kendaraan.

5. Mengurangi risiko kejahatan

Selain jaga privasi, kaca film juga mengurangi risiko kejahatan. Dengan warna kaca mobil kamu yang agak gelap atau silver, maka barang-barang berharga yang kamu simpan dalam kendaraan gak terekspos jelas.

Spesifikasi kaca film mobil berkualitas

Untuk meningkatkan kenyamanan kamu, pilih kaca film mobil yang berkualitas. Jadi, kamu harus mempertimbangkan spesifikasi tertentu yang sebelumnya diungkap sekilas pada pilihan rekomendasi kaca film mobil.

Berikut spesifikasi kaca film mobil yang dibutuhkan kendaraan di negara tropis seperti Indonesia.

1. UVR/UVLR

Salah satu spesifikasi kaca film adalah UVR (Ultraviolet Rejection). Spesifikasi ini menunjukkan kemampuan kaca film untuk menyaring sinar ultraviolet agar tidak sampai masuk kabin mobil.

Umumnya pengukuran ini dalam bentuk persen. Semakin tinggi persentasenya, maka semakin besar pula sinar ultraviolet yang ditepis. Artinya, kulit kamu semakin aman, termasuk dashboard dan jok mobil dari risiko gampang pudar ketika parkir di tempat panas.

2. VLT

Spesifikasi kaca film selanjutnya adalah VLT (Visible Light Transmittance). Parameter ini menunjukkan kemampuan kaca film untuk meneruskan cahaya ke dalam kabin mobil.

Dengan kata lain, kemampuan kaca film untuk membuat pengendara untuk melihat keadaan luar. Hitungannya dalam persen juga. Semakin kecil persentasenya, maka semakin gelap kaca film.

3. TSER

Jika UVR atau VLT mengukur sinar ultraviolet dan cahaya yang masuk kabin, maka TSER (Total Solar Energy Rejected) akan mengukur total energi matahari yang bisa ditapis kaca film. Ukurannya juga dalam persentase pula.

Semakin besar angkanya, maka energi total yang ditapis juga akan semakin besar pula. Hasilnya tentu saja kabin yang semakin adem.

4. IRR

Spesifikasi kaca film yang juga perlu kamu perhatikan adalah IRR (Infrared Reflectance/Rejected). Parameter ini menjadi ukuran besarnya kemampuan kaca film menapis sinar inframerah.

Semakin besar persentasenya, maka semakin bagus pula dalam menolak sinar inframerah, kabin menjadi lebih sejuk.

Tips memilih kaca film mobil yang tepat

Punya kendaraan roda empat memang lebih banyak aksesoris yang dibutuhkan untuk meningkatkan kenyamanan. Salah satu caranya adalah menggunakan kaca film mobil yang tepat.

Kamu juga bisa meningkatkan kenyamanan berkendara tanpa rasa was-was dari berbagai risiko lewat proteksi mobil all risk. Jadi, risiko pencurian barang dalam mobil juga bisa ditanggung oleh asuransi ini.

Lalu, bagaimana memilih kaca film yang tepat buat kendaraan kamu? Berikut tipsnya!

1. Kegelapan 20 persen untuk kaca depan

Kaca depan mobil adalah bagian paling utama dalam berkendara. Jika terlalu gelap, bisa berisiko kecelakaan saat berkendara di malam hari.

Ada baiknya kamu menggunakan kaca film dengan level gelap 20 persen. Namun, jika kurang nyaman bagi kamu, bisa maksimalkan hingga 40 persen.

2.Jangan terlalu gelap di kaca bagian kiri dan kanan pengemudi

Jika kamu terbiasa menyetir sendiri tanpa sopir, ada baiknya kaca bagian kiri dan kanan pengemudi memiliki level gelap 20 persen. Atau, seperti bagian depan kaca mobil.

Alasannya untuk membantu penglihatan yang jelas ketika berbelok. Jika kamu gunakan kaca film terlalu gelap seperti 40 persen, ada kemungkinan kamu agak sulit menangkap bayangan di spion.

3. Kaca film belakang sesuaikan dengan fitur spion

Ada beberapa mobil yang spion dalam kabinnya sudah dilengkapi rayben mode. Fitur ini membantu mengurangi silau dari cahaya lampu di mobil belakang ketika kamu berkendara.

Jika spion kamu sudah memiliki fitur ini, ada baiknya kamu menggunakan kaca film belakang 20-40 persen. Namun, jika belum ada sebaiknya menggunakan 60 persen untuk mengurangi silau lampu mobil di belakang.

Jika semua fitur ini terpenuhi, maka biaya servis mobil gak akan terkerek cuma gara-gara AC kamu cepat rusak.

Tambahkan asuransi mobil yang cocok buat kamu

Kaca film sudah oke, lalu bagaimana cari proteksi yang cocok buat kamu dan kendaraan kesayangan?

Untuk memiliki asuransi mobil yang cocok kamu bisa coba mengisi kuis dari Lifepal berikut ini. Caranya cukup jawab pertanyaan-pertanyaan dan kamu akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Selamat mencoba!

Tanya jawab seputar kaca film untuk mobil

Apa itu kaca film?

Kaca film adalah lapisan yang digunakan pada kendaraan roda empat, umumnya bertujuan mengurangi paparan sinar matahari. Kaca film meningkatkan kenyamanan berkendara dan bisa mengurangi penggunaan BBM jika menggunakan kaca film berkualitas.

Apa saja fungsi kaca film pada mobil?

Beberapa fungsi kaca film adalah:

  • Mengurangi paparan sinar UV
  • Efisiensi bahan bakar
  • Menjaga privasi dalam kabin
  • Mengurangi risiko pencurian.

Berapa harga pasang kaca film mobil?

Secara general, harga pelapis kaca akan berbeda-beda tergantung dari penjual. Ada banyak merek lain yang memiliki kualitas bagus dan harga terjangkau.

Biasanya, membeli kaca film sudah termasuk ongkos pemasangan. Harganya pun tergantung merek yang kamu pilih. Kisaran aksesoris ini dengan kualitas bagus adalah Rp2 jutaan untuk ukuran mobil medium.

Bagaimana cara merawat kaca film agar tetap bersih tanpa embun?

Salah satu cara merawat kaca film agar tetap bersih tanpa embun adalah menyemprotkan formula khusus yang membersihkan kaca dari debu dan kotoran yang menempel. Salah satu cairan yang bisa digunakan bernama Nano Force yang membantu membersihkan sekaligus menghilangkan embun atau kabut.

Bagaimana cara memastikan kaca film ampuh menahan panas?

Untuk memastikan kaca film ampuh menahan panas, kamu bisa cek dengan alat bernama 3M Transmission Meter. Alat ini berfungsi mengukur persentase cahaya dan panas matahari yang masuk melalui kaca film.

Dua hal yang dihitung alat seharga Rp2,5 jutaan ini yaitu:

  • Visible Light untuk menghitung persentase sinar yang masuk ke mobil. Semakin kecil angkanya, maka semakin baik pula kualitasnya.
  • Infrared Light untuk menghitung seberapa panas yang masuk. Semakin kecil, maka semakin baik pula untuk membuat mobil tetap dingin.

Kamu gak perlu beli alat ini karena biasanya penjual kaca film akan memiliki alat tester ketika kamu membelinya.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →