Rekomendasi Hadiah untuk Ibu yang Spesial

hadiah untuk ibu

Memikirkan hadiah untuk ibu kadang membutuhkan waktu yang lama. Karena banyak pertimbangannya saat hendak membeli, mulai dari selera sampai bujet yang dimiliki. 

Pertimbangan itu penting, jangan sampai hadiah untuk ibu ternyata gak disukainya hingga gak dipakai dan malah dianggurin begitu saja. Karena itu, untuk orangtua kamu harus jeli membelinya. 

Selain selera dan bujet, kamu juga perlu memperhatikan fungsi dari barang yang kamu beli. Usahakan cari yang benar-benar fungsional dan mudah digunakan untuk orangtua. 

Contoh barang yang kurang tepat misalnya skuter listrik atau headphone. Mungkin itu sah-sah saja, tapi kurang pas untuk ibu kita yang mungkin sudah tidak muda lagi. Kamu juga bisa lho memberikan kado berupa asuransi kesehatan buat ibu kamu. 

Kenapa? Dengan adanya asuransi, semua biaya medis kamu akan ditanggung oleh pihak asuransi, jadi tidak perlu pusingin dompet lagi. Konsultasi ke dokter adalah cara paling cerdas dan efisien untuk menangani penyakit, karena kita didiagnosis oleh para ahlinya.

Berikut ini beberapa rekomendasi hadiah untuk ibu yang bisa kamu jadikan pilihan. 

1. Hadiah untuk ibu yang sederhana, buku resep masakan

Biasanya, ibu-ibu yang sudah berkeluarga sangat doyan masak. Untuk mendukung kreativitas ibu dalam memasak, gak ada salahnya kamu membelikannya buku resep. 

Kado yang ini terbilang sederhana dan sangat murah. Paling harganya mulai dari Rp 40 ribu sampai Rp 100 ribuan. Kalau masakan ibu di rumah enak kan yang nikmatin kamu juga. 

Beli buku resep yang memuat berbagai masakan, mulai dari masakan Asia, Eropa, sampai Amerika. Kamu jadi gak bosen makan itu-itu saja deh di rumah. 

Baca juga: Capai Rp 100 Juta per Bulan! Ini Rincian Biaya-Biaya Pengobatan Kanker

2. Tas

Tas adalah pilihan kado atau hadiah ulang tahun untuk ibu yang paling sering dibeli. Tinggal kamu pilih saja mau beli tas yang bermerek serta kegunaannya untuk apa. 

Buat ibu, kamu bisa membelikannya tas untuk pergi, tas kondangan, atau tas belanja untuk ke pasar. Tapi, sebelum membelinya, kamu pastikan dulu seperti apa selera beliau, apakah suka yang bermotif atau simpel. Pertimbangkan pula soal warna apa yang disukainya. 

Baca juga: Nih 7 Biaya Rumah Sakit yang Perlu Diwaspadai Kalau Gak Pengin Kantong Jebol

3. Sepatu

Sepatu juga bisa kamu jadikan pilihan kado atau hadiah untuk ibu tercinta. Kamu bisa membelikannya sepatu olahraga, dengan tujuan agar ibu rajin berolahraga atau sepatu formal untuk digunakan ke acara-acara resmi. 

Pilihlah sepatu yang benar-benar bagus dari segi desain dan kenyamanan. Kenapa kenyamanan perlu? Karena semakin tua seseorang, semakin berisiko pula terkena osteoporosis atau tulang rapuh. Kalau usia orangtua kamu sudah di atas 50 tahun, perlu banget sepatu dengan kenyamanan tinggi, khususnya di bagian solnya. 

Baca juga: Mulai dari Rp 850 Ribu, Ini Daftar Biaya Cuci Darah di RS Jabodetabek

4. Pakaian

Selain tas dan sepatu, kado ulang tahun yang paling umum untuk ibu adalah pakaian. Kamu bisa membelikannya pakaian formal, kaos, atau outer. Kalau beli kaos atau baju formal seperti gaun, kamu harus memastikan ukuran yang pas untuk orang tuamu terlebih dahulu. 

Paling aman sih bisa membelikan outer, seperti cardigan, jaket, dan sweater. Beli yang kualitasnya terbaik demi kenyamanan sang ibu. 

5. Hadiah ulang tahun peralatan memasak

Setelah resep, kado ulang tahun untuk ibu yang pas adalah peralatan memasaknya. Perhatiin deh tuh di dapur, apa yang paling dibutuhkan ibu tercinta. Kamu bisa membelikannya mixer, oven, juicer, atau panci baru. 

Kalau perlu dan duitmu mencukupi, gak ada salahnya membeli juga satu set peralatan kecilnya seperti pisau, sendok, garpu, dan lain-lainnya. 

6. Kado atau hadiah ulang tahun untuk ibu berupa perhiasan

Kado atau hadiah untuk wanita termasuk ibu yang paling mewah sejauh ini mungkin perhiasan. Perhiasan di sini adalah kalung, gelang, cincin, atau anting yang terbuat dari emas murni atau berlian. 

Meskipun harganya mahal, kalau niat kamu bisa membelinya kok. Sisihkan saja uang saku atau gaji bulananmu selama satu tahun misalnya. Kemudian, belilah perhiasan yang harganya sesuai dengan bujet. 

Bila dipikir-pikir, membeli perhiasan ternyata sangat menguntungkan lho. Gak cuma untuk mempercantik penampilan saja, tapi juga bisa digunakan sebagai produk investasi. 

7.  Furnitur rumah tangga

Furniture di rumah sudah pada rusak? Gak ada salahnya membelikan furniture baru sebagai kado atau hadiah untuk ibu tersayang. Wujudnya bisa bervariasi sesuai kebutuhan, misalnya lemari, kasur, meja makan, meja tamu, sofa, dan lain-lain. 

Memang harganya sedikit mahal, tapi demi menyenangkan hati orang tua, harusnya kamu gak perlu pikir-pikir lagi. Belilah dengan bijak sesuai dengan bujet yang dimiliki. Lebih baik beli yang sederhana, daripada harus mengutang. 

8. Paket liburan

Semua orang suka liburan, termasuk ibumu. Beri ibumu waktu sedikit untuk meninggalkan rutinitasnya sehari-hari dengan memberinya paket liburan. Gak perlu jauh-jauh ke luar negeri, di dalam negeri saja. 

Banyak tempat-tempat menarik yang menarik untuk dikunjungi oleh kamu dan ibumu, misalnya, ke Bali. Ambil cuti untuk menemaninya berlibur sekitar tiga hari saja juga sudah cukup kok. 

Berikan pengalaman berlibur yang berkesan, dengan membawanya ke tempat indah yang belum pernah dikunjunginya. 

9. Parfum

Kado atau hadiah ulang tahun untuk ibu yang simpel dan pasti berguna selanjutnya adalah parfum. Parfum pasti digunakannya setiap hari di berbagai kesempatan. 

Beli parfum yang biasa ia gunakan, atau mencari referensi parfum lainnya. Tapi risikonya, kalau ibumu tidak suka baunya, bisa-bisa parfumnya gak digunakan. 

10. Skin care dan peralatan make up 

Skin care dan make up tidak mengenal usia. Meskipun ibu kamu sudah tua, tapi mereka juga tetap membutuhkannya. Tujuannya tentu saja untuk tetap tampil cantik dan sehat dari luar. 

Beli make up untuk pasangan saja bisa, masa buat orangtua sendiri masih mikir-mikir sih. 

11.  Gadget baru

Biar berkomunikasi dengan kamu tetap lancar, gak ada salahnya membelikan kado atau hadiah ulang tahun untuk ibu sebuah ponsel pintar terbaru. Dengan catatan, kalau ponsel beliau sudah usang atau tua. Kalau ponselnya masih keluaran terbaru sih mending gak usah. 

Seandainya ibumu seorang wanita karier dan masih bekerja, kamu juga bisa membelikannya laptop baru untuk menunjang pekerjaannya. 

12. Perjalanan ibadah

Perjalanan ibadah atau ziarah memerlukan dana yang besar, karena ziarah dilakukan di luar negeri. Kalau di Islam, ibadah ziarah disebut juga dengan umroh. 

Nah kalau kamu bingung mau memberikan kado apa, kasih ibumu paket tur dan umroh ke Tanah Suci. Harga pasarannya kini mulai dari Rp20 jutaan per orang. 

Agar uangnya cukup, kamu bisa menabung sedari awal dengan menyisihkan gaji yang didapatkan. 

13. Buku bacaan

Kado atau hadiah ulang tahun untuk ibu umur 50 tahun dan sudah pensiun bekerja yang cocok adalah buku bacaan. Tanyakan ke ibu apa genre buku favoritnya, apakah fiksi atau non fiksi. Membaca buku di usia tua sangat bermanfaat untuk menjaga otak tetap tajam dan juga mengurangi risiko kepikunan. 

Itulah 13 rekomendasi kado atau hadiah untuk ibu tersayang. Selain untuk ulang tahun, kamu juga bisa memberikannya pada saat perayaan Hari Ibu yang jatuh setiap tanggal 22 Desember.

Hadiah-hadiah tersebut mungkin memang tidak bisa digunakan untuk membalaskan jasa-jasanya selama ini, tapi paling gak bisa membantu kita mengungkapkan rasa sayang kita kepada mereka.

Jika masih ada yang ingin ditanyakan lebih jauh tentang cara anggaran, biaya kesehatan hingga investasi? Konsultasikan masalahmu kepada pakarnya di Tanya Lifepal!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →