Pinjam Uang Online, Jenis dan Aplikasinya yang Terdaftar OJK

pinjam uang online

Pinjam uang online adalah jenis pinjaman yang dilakukan secara online melalui website atau aplikasi di mana peminjam (borrower) mendapatkan dana pinjaman dari pemberi pinjaman (lender) yang disalurkan melalui platform tersebut.

Tapi, tentu saja harus diperhatikan yang mengantongi izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menghindari pinjaman online ilegal.

Pertumbuhan pinjaman online fintech sempat terganggu oleh maraknya pinjaman ilegal yang menimbulkan banyak masalah, seperti bunga super tinggi dan penagihan tidak manusiawi.

Agar terhindari masalah, mari kita ketahui apa sih pinjam uang online, jenis-jenisnya, hingga kriterianya.

Apa itu pinjam uang online?

Tren fintech pinjaman di Indonesia memang tumbuh cepat dalam tiga tahun terakhir ini. Salah satunya adalah pinjaman online tanpa jaminan yang menawarkan kredit dengan proses cepat dan mudah.

Sebagai pembanding, buat ajukan pinjaman ke bank, kamu butuh kartu kredit. Prosesnya pun cukup lama, bisa lebih dari seminggu. 

Sementara untuk layanan pinjam uang online, kamu tidak perlu memberikan jaminan atau agunan. Kamu cuma perlu memberikan KTP, tanpa DP, tanpa kartu kredit, dan prosesnya pun cepat banget hanya dalam waktu 24 jam.

Tapi jangan lupa bahwa lembaga yang menyediakan pinjaman online harus mengantongi izin OJK agar kamu terhindar dari praktik pinjol ilegal. 

Satu lagi langkah pengaman supaya kamu terhindar dari kredit macet nantinya, lebih baik lindungi keuanganmu dengan asuransi jiwa.

Manfaat asuransi jiwa berupa santunan tunai bisa didapatkan jika kamu kehilangan pekerjaan atau penghasilan tetap yang akhirnya menyulitkan pembayaran cicilan pinjaman.

Santunan tunai ini bisa kamu gunakan untuk melunasi sisa cicilan yang masih tertunggak.

Jenis-jenis pinjaman online di Indonesia

Jenis pinjaman online di Indonesia yang disediakan oleh fintech sangat beragam, ada pinjaman tanpa agunan, multiguna dan pinjaman usaha.

1. Kredit Tanpa Agunan (KTA) Online

Salah satu jenis pinjam uang online di Indonesia yang paling diminati adalah KTA. Hampir semua perusahaan P2P lending menawarkan kredit jenis ini. 

Tanpa agunan dan BI Checking yang memakan waktu lama, debitur bisa mendapatkan pinjaman rata-rata maksimal Rp8 juta dengan tenor antara 3,6 hingga 12 bulan.

Bunga KTA online dari perusahaan fintech tergolong tinggi mulai dari 0,5% -3% per-hari dengan denda keterlambatan rata-rata maksimal Rp150.000 per bulan.

Proses pengajuan pinjaman tidak mensyaratkan jaminan apapun dan bebas digunakan untuk kebutuhan apa saja selama bukan masuk dalam tindakan ilegal atau melawan hukum. Daya tarik terbesar KTA online ini adalah proses pencairannya yang singkat, yakni hanya dalam hitungan menit dan jam.

Beda dengan lembaga perbankan yang acapkali butuh waktu berminggu-minggu untuk proses pencairan KTA. Hanya bermodalkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) saja debitur sudah bisa mengajukan kredit.

Pinjaman jenis ini dapat menjadi dana darurat bagi debitur yang tiba-tiba membutuhkan uang dalam jumlah banyak. Namun, peminjam juga harus paham risiko KTA online yang mensyaratkan bunga tinggi dan tenor singkat, artinya semakin besar pinjaman maka cicilan juga makin besar.

Karena itu, tidak dianjurkan meminjam KTA online untuk keperluan bisnis berisiko tinggi. Beberapa fintech yang menyediakan layanan pinjaman KTA online ini antara lain Tunaiku, Kredit Pintar dan Julo.

Menariknya, kini lembaga keuangan perbankan juga mulai melayani KTA secara online, dengan waktu pencairan sama cepatnya. Meski beberapa bank masih butuh hingga tiga hari kerja hingga pengajuan pinjaman disahkan. Namun, sudah ada yang berani memberikan pinjaman tanpa jaminan dalam jumlah besar.

Plus minus KTA Online

Plus: Pencairan cepat, dapat digunakan untuk keperluan apapun dan tidak perlu jaminan, tanpa kartu kredit.

Minus: Tenor pendek dan jumlah plafon sedikit, suku bunga tinggi dan biaya administrasi besar

2. Kredit multiguna

Kredit multiguna adalah jenis pinjam uang online di Indonesia yang menyasar para pengusaha kecil dan menengah. Karena itu, jumlah pinjaman yang diberikan juga cukup besar yakni mencapai miliaran rupiah.

Sama halnya dengan KTA online, pinjaman multiguna ini juga bisa diajukan tanpa adanya agunan. Namun, tenor pinjaman yang diberikan umumnya pendek yakni maksimal 12 bulan.

Sementara untuk besaran bunganya, rata-rata lebih tinggi dari KTA online yaitu bisa mencapai 3% per-bulan, atau 12% per-tahun, ini belum termasuk biaya administrasi bulanan dan asuransi.

Mengapa suku bunga yang dibebankan untuk pinjaman multiguna online ini tinggi? Sebab sumber dana mereka masih berasal dari warga, yang tentu saja menginginkan keuntungan dalam setiap pinjaman yang diberikan.

Meski bunga yang dibebankan cukup tinggi, namun banyak yang mengakui kehadiran kredit multiguna online ini sangat membantu para pengusaha yang tidak memiliki apapun untuk dijaminkan, seperti properti dan kendaraan. Tidak ada BI checking dan pencairan cepat adalah daya tarik utama.

Beberapa pinjaman online multiguna antara lain Modalku, KoinWorks, dan Akseleran sama-sama menawarkan pinjaman mencapai ratusan juta rupiah dengan tenor maksimal satu tahun.

Keuntungan kredit multiguna adalah plafon pinjaman yang tinggi, dapat digunakan untuk tujuan apa pun, proses pencairan cepat, dan tanpa jaminan dan tanpa kartu kredit.

Kelemahan kredit multiguna adalah tenor pinjaman singkat serta cicilan dan suku bunga yang lebih tinggi.

3. Pinjaman syariah

Ini adalah jenis pinjaman P2P lending dengan skema pembayaran syariah, yakni dengan sistem bagi hasil. Lembaga pinjaman online syariah ini berusaha menghindari riba dengan tidak menerima semua calon debitur.

Umumnya, mereka akan mengkaji kelayakan penerima pinjaman kemudian berdiskusi dengan calon debitur tentang kesanggupan mereka membayar. Umumnya perusahaan yang memberikan jenis pinjaman ini meminta imbal balik 20%.

Pinjaman syariah ini lebih banyak menyasar kaum pengusaha. Pasalnya, ada imbal balik yang dihasilkan. Untuk pinjaman individu juga ada, namun tidak banyak dengan menerapkan suku bunga ringan yakni antara 1-2% saja.

Tapi, tidak semua individu dan pengusaha bisa mengajukan pinjaman ini. Pasalnya, rata-rata perusahaan menolak beragam bisnis yang masuk dalam kategori riba yakni industri rokok, minuman keras, obat terlarang, babi, perjudian, prostitusi, hotel yang belum syariah.

Tak heran, jika nasabah pinjaman syariah kebanyakan adalah perusahaan nasional, bukan industri kecil dan menengah. 

Buat kamu yang ingin membuka usaha berbasis syariah bisa mencoba mengajukan pinjaman ke beberapa perusahaan pinjaman online di antaranya Investree, Ammana, Dana Syariah, Danakoo dan alamisharia.

Plus minus pinjaman syariah

Plus: Tidak ada riba karena menerapkan bagi hasil, bisa menjadi bentuk investasi yang menjanjikan, bunga pinjaman cenderung kecil, tanpa kartu kredit.

Minus: Hanya untuk kalangan pebisnis tertentu, tenor singkat yang menyebabkan cicilan menjadi tinggi, proses pengajuan sulit karena melalui sejumlah verifikasi, pencairan agak lama dibanding KTA dan Multiguna.

Dan, kalau kamu mau tahu lebih banyak tentang asuransi, bagaimana cara mengatur keuangan hingga investasi dan hukum? Lihat pertanyaan populer seputar dunia tersebut di Tanya Lifepal.

Aplikasi pinjaman uang online terdaftar OJK

Berbeda dengan kredit tanpa agunan (KTA) bank yang prosesnya lama dan sulit, pinjaman uang online menawarkan kredit dengan proses lebih mudah dan cepat, meskipun plafonnya lebih kecil.

Sejauh ini, per 5 Agustus 2020, ada 158 fintech yang tercatat di OJK. Berikut ini beberapa aplikasi pinjaman uang online yang resmi terdaftar OJK per 5 Agustus 2020:

  • Danamas, PT Pasar Dana Pinjaman dengan website p2p.danamas.co.id
  • Investree, PT Investree Radhika Jaya dengan website investree.id
  • Amartha, PT Amartha Mikro Fintek dengan website amartha.com
  • Dompet Kilat, PT Indo Fin Tek dengan website dompetkilat.co.id
  • KIMO, PT Creative Mobile Adventure dengan website kimo.co.id
  • Tokomodal, PT Toko Modal Mitra Usaha dengan website tokomodal.co.id
  • UangTeman, PT Digital Alpha Indonesia dengan website uangteman.com
  • Modalku, PT Mitrausaha Indonesia Grup dengan website modalku.co.id
  • KTA Kilat, PT Pendanaan Teknologi Nusa dengan website pendanaan.com
  • Kredit Pintar, PT Kredit Pintar Indonesia dengan website kreditpintar.co.id
  • Maucash, PT Astra Welab Digital Artha dengan website maucash.id
  • Finmas, PT Oriente Mas Sejahtera dengan website finmas.co.id
  • KlikACC, PT Aman Cermat Cepat dengan website klikacc.com
  • Akseleran, PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia dengan website akseleran.co.id
  • Ammana, PT Ammana Fintek Syariah dengan website ammana.id
  • PinjamanGo, PT Dana Pinjaman Inklusif dengan website pinjamango.co.id
  • Koinworks, PT Lunaria Annua Teknologi dengan website koinworks.co.id
  • Pohon Dana, PT Pohon Dana Indonesia dengan website pohondana.id
  • Mekar, PT Mekar Investama Sampoerna dengan website mekar.id
  • AdaKami, PT Pembiayaan Digital Indonesia dengan website adakami.id
  • Esta Kapital Fintek, PT Esta Kapital Fintek dengan website estakapital.co.id
  • KREDITPRO, PT Tri Digi Fin dengan website kreditpro.id
  • FINTAG, PT Fintegra Homido Indonesia dengan website fintag.id
  • RUPIAHCEPAT, PT Kredit Utama Fintech Indonesia dengan website rupiahcepat.co.id
  • CROWDO, PT Mediator Komunitas Indonesia dengan website crowdo.co.id
  • Indodana, PT Artha Dana Teknologi dengan website indodana.id
  • JULO, PT Julo Teknologi Indonesia dengan website julo.co.id
  • PINJAMWINWIN, PT Progo Puncak Group dengan website pinjamwinwin.com
  • DanaRupiah, PT Layanan Keuangan Berbagi dengan website danarupiah.id
  • Taralite, PT Indonusa Bara Sejahtera dengan website taralite.com
  • PinjamModal, PT Finansial Integrasi Teknologi dengan website pinjammodal.id
  • ALAMI, PT Alami Fintek Sharia dengan website p2p.alamisharia.co.id
  • AwanTunai, PT Simplefi Teknologi Indonesia dengan website awantunai.com
  • Invoila, PT Sol Mitra Fintec dengan website invoila.co.id
  • TunaiKita, PT Digital Tunai Kita dengan website tunaikita.com
  • iGrow, PT iGrow Resources Indonesia dengan website igrow.asia
  • Cicil, PT Cicil Solusi Mitra Teknologi dengan website cicil.co.id
  • DANAMERDEKA, PT Intekno Raya dengan website danamerdeka.co.id
  • Cashwagon, PT Kas Wagon Indonesia dengan website cashwagon.id
  • GRADANA, PT Gradana Teknoruci Indonesia dengan website gradana.co.id
  • Findaya, PT Mapan Global Reksa dengan website danamapan.id
  • AKTIVAKU, PT Aktivaku Investama Teknologi dengan website aktivaku.id
  • Danakini, PT Dana Kini Indonesia dengan website danakini.co.id
  • Kredivo, PT FinAccel Digital Indonesia dengan website kredivo.id
  • iTernak, PT Perlu Fintech Indonesia dengan website iternak.id
  • KREDITO, PT Fintek Digital Indonesia dengan website kredito.id
  • CROWDE, PT Crowde Membangun Bangsa dengan website crowde.co
  • PINJAM GAMPANG, PT Kredit Plus Teknologi dengan website kreditplusteknologi.id
  • TaniFund, PT Tanifund Madani Indonesia dengan website tanifund.id
  • danaIN, PT Mulia Inovasi Digital dengan website danain.co.id
  • Indofund.id, PT Bursa Akselerasi Indonesia dengan website indofund.id
  • AVANTEE, PT Grha Dana Bersama dengan website avantee.co.id
  • Do-it, PT Glotech Prima Vista dengan website  do-it.id
  • Danabijak, PT Digital Micro Indonesia dengan website danabijak.co.id
  • Cashcepat, PT Artha Permata Makmur dengan website cashcepat.id
  • DanaLaut, PT Seva Kreasi Digital dengan website danalaut.id
  • DANA SYARIAH, PT Dana Syariah Indonesia dengan website danasyariah.id
  • TELEFIN, PT Solusi Finansial Inklusif dengan website telefin.co.id
  • ModalRakyat, PT Modal Rakyat Indonesia dengan website modalrakyat.id
  • KawanCicil, PT Kawan Cicil Teknologi Utama dengan website kawancicil.co.id
  • Sanders One Stop Solution, PT Satustop Finansial Solusi dengan website sanders.co.id
  • KREDITCEPAT, PT Alfa Finance Indonesia dengan website kreditcepat.id
  • UangMe, PT Uangme Fintek Indonesia dengan website uangme.id
  • PinjamDuit, PT Stanford Teknologi Indonesia dengan website pinjamduit.co.id
  • PINJAM YUK, PT Kuai Kuai Tech Indonesia dengan website pinjamyuk.co.id
  • EASYCASH, PT Indonesia Fintopia Technology dengan website indo.geteasycash.asia
  • Rupiah One, PT Finlink Technology Indonesia dengan website rupiahone.co.id
  • Danacita, PT Inclusive Finance Group dengan website danacita.co.id
  • DANAdidik, PT Pasar Dana Teknologi dengan website danadidik.id
  • TrustIQ, PT Trust Teknologi Finansial dengan website trustiq.id
  • Danai.id, PT Adiwisista Finansial Teknologi dengan website danai.id
  • Pintek, PT Pinduit Teknologi Indonesia dengan website pintek.id
  • DANAMART, PT Dana Aguna Nusantara dengan website danamart.id
  • SAMAKITA, PT Sejahtera Sama Kita dengan website samakita.co.id
  • Saya Modalin, PT Minitech Finance Indonesia dengan website sayamodalin.co.id
  • Vestia, PT Tujuh Mandiri Sejahtera dengan website web.vestia.co.id
  • Singa, PT Abadi Sejahtera Investindo dengan website singa.id
  • MODALUSAHA.id, PT Indo Fintek Digital dengan website modalusaha.id
  • Asetku, PT Pintar Inovasi Digital dengan website asetku.co.id
  • Danafix, PT Danafix Online Indonesia dengan website danafix.id
  • lumbungdana, PT Lumbung Dana Indonesia dengan website lumbungdana.co.id
  • LAHANSIKAM, PT Lampung Berkah Finansial Teknologi dengan website lahansikam.co.id
  • Modal Nasional, PT Solusi Teknologi Finansial dengan website modalnasional.co.id
  • Dana Bagus, PT Dana Bagus Indonesia dengan website danabagus.id
  • ShopeePayLater, PT Lentera Dana Nusantara dengan website lenteradana.co.id
  • iKredo, PT Investdana Fintek Nusantara dengan website ikredo.co.id
  • UKU, PT Teknologi Merlin Sejahtera dengan website ukuindo.com
  • PASARPINJAM, PT Digital Bertahan Indonesia dengan website pasarpinjam.co.id
  • Kredinesia, PT Kreditku Teknologi Indonesia dengan website kredinesia.id
  • KASPIA, PT Berkah Kelola Dana dengan website kaspia.id
  • Gandengtangan, PT Kreasi Anak Indonesia dengan website gandengtangan.co.id
  • Modal antara, PT Anantara Digital Indonesia dengan website modalantara.id
  • Komunal, PT Komunal Finansial Indonesia dengan website komunal.co.id
  • ProsperiTree , PT Newline Fintech Indonesia dengan website prosperitree.co.id
  • Danakoo, PT Danakoo Mitra Artha dengan website danakoo.id
  • Cairin, PT Idana Solusi Sejahtera dengan website cairin.id
  • BATUMBUA, PT Berdayakan Usaha Indonesia dengan website batumbu.id
  • EMPATKALI, PT Empat Kali Indonesia dengan website empatkali.co.id
  • JEMBATANEMAS, PT Akur Dana Abadi dengan website jembatanemas.id
  • klikUMKM, PT Pinjaman Kemakmuran Rakyat dengan website klikumkm.co.id
  • Kredible, PT Sinergi Mitra finansial dengan website kredible.co.id
  • KLIK KAMI, PT Harapan Fintech Indonesia dengan website klikkami.co.id
  • FinPlus, PT Rezeki Bersama Teknologi dengan website finplus.co.id
  • Digilend, PT Digilend Mobile Nusantara dengan website digilend.id
  • Asakita, PT Digitron Solusi Indonesia dengan website asakita.id
  • Duha SYARIAH, PT Duha Madani Syariah dengan website duhasyariah.com
  • qazwa.id, PT Qazwa Mitra Hasanah dengan website qazwa.id
  • bsalam , PT Maslahat Indonesia Mandiri dengan website bsalam.id
  • One Hope, PT Teknologi Indonesia Sentosa dengan website onehope.co.id
  • LadangModal, PT Digital Yinshan Technology dengan website ladangmodal.com
  • Dhanapala, PT Semangat Gotong Royong dengan website dhanapala.id
  • Restock.ID, PT Cerita Teknologi Indonesia dengan website restock.id
  • SOLUSIKU, PT Anugrah Digital Indonesia dengan website solusi-ku.id
  • Pinjam Disini, PT Pendanaan Gotong Royong dengan website pinjamdisini.com
  • AdaPundi, PT Info Tekno Siaga dengan website adapundi.com
  • Tree+, PT Satrio Jaya Persada dengan website treeplus.id
  • Assetkita, PT Assetku Mitra Bangsa dengan website assetkita.com
  • Edufund, PT Fintech Bina Bangsa dengan website edufund.co.id
  • FinanKu, PT Smart Karya Digital dengan website finanku.com
  • TunaSaku, PT Digital Quantum Tek dengan website tunasaku.co.id
  • UATAS, PT Plus Ultra Abadi dengan website uatas.id
  • Dumi, PT Fidac Inovasi Teknologi dengan website minjem.com
  • Goena, PT Dynamic Credit Asia dengan website goena.id
  • Pundiku, PT Pundiku Mitra Sejahtera dengan website pundiku.net
  • TEMAN PRIMA, PT Prima Fintech Indonesia dengan website temanprima.co.id
  • OK!P2P, PT Oke Ptop Indonesia dengan website okp2p.co.id
  • DOEKU, PT Doeku Peduli Indonesia dengan website doeku.id
  • Finsy, PT Global Kapital Tech dengan website finsy.co.id
  • Mopinjam, PT Amanah Karyananta Nusantara dengan website mopinjam.id
  • BANTUSAKU, PT Smartec Teknologi Indonesia dengan website smartec.co.id
  • KlikCair, PT Klikcair Magga Jaya dengan website klikcair.com
  • AdaModal, PT Solid Fintek Indonesia dengan website adamodal.co.id
  • Kontanku, PT PAM Finansial Teknologi dengan website kontanku.id
  • Iki modal, PT IKI Karunia Indonesia dengan website ikimodal.com
  • ETHIS, PT Ethis Fintek Indonesia dengan website ethis.co.id
  • KAPITAL BOOST, PT Kapital Boost Indonesia dengan website kapitalboost.co.id
  • PAPITUPI SYARIAH, PT Piranti Alphabet Perkasa dengan website papitupisyariah.com
  • Finteck Syariah, PT Berkah Finteck Syariah dengan website finteksyariah.co.id
  • Samir, PT Sahabat Mikro Fintek dengan website samir.co.id
  • Danon, PT Danon Digital Nusantara dengan website danon.id
  • Mikro Kapital Indonesia, PT Mikro Kapital Indonesia dengan website mikrokapital.id
  • Optima , PT Evian Teknologi Indonesia dengan website optimaapp.co.id
  • ArgaPro, PT Arga Berkah Sejahtera dengan website argapro.id
  • MITRA P2P LENDING, PT Mitra Pendanaan Mandiri dengan website mitrapendanaan.co.id
  • BBX FINTECH, PT BBX Digital Teknologi dengan website bbxfintech.co.id
  • 360KREDI, PT Inovasi Terdepan Nusantara dengan website 360kredi.id
  • CANKUL, PT Artha Simo Indonesia dengan website cankul.com
  • TOLONGKU, PT Asia Ocean Fintek dengan website tolongku.asia
  • Pinjam KAN, PT Gerakan Digital Akselerasi Indonesia dengan website pinjamkan.co.id
  • PiNBee, PT Teknologi Finansial Asia dengan website tfa.co.id
  • Kfund, PT Kinerja Sukses Gemilang dengan website kfund.id
  • Ringan, PT Lufax Technology Indonesia dengan website ringan.co.id
  • Sumur.id, PT Solusi Bijak Indonesia dengan website sumur.id
  • Indosaku, PT Sens Teknologi Indonesia dengan website indosaku.id
  • Solusi Kita, PT Jayindo Fintek Pratama dengan website jayindo.id
  • IVOJI, PT Finansia Aira Teknologi dengan website ivoji.id
  • Pinjamindo, PT Serba Digital Teknologi dengan website pinjamindo.co.id
  • KOTAKKOIN, PT Coco Digital Technology dengan website kotakkoin.id.

Kriteria pinjaman online terpercaya

Ada beberapa kriteria penting yang harus kamu pertimbangkan sebelum pinjam uang online, yaitu: 

  • Perusahaan pinjaman online atau fintech harus sudah terdaftar di OJK.
  • Contact center jelas dan mudah dihubungi.
  • Perhitungan dana pinjaman dan biaya administrasi dijelaskan secara transparan.
  • Pelanggan mudah cek status pinjaman.
  • Tepat janji.

Pinjaman online harus sudah terdaftar di OJK

Sesuai regulasinya, semua dana pinjaman online terdaftar di OJK bersifat wajib. Jadi legalitas perusahaan fintech tersebut jelas, konsumen pun mendapat perlindungan. 

Sebaiknya hindari perusahaan fintech yang belum terdaftar di OJK, karena risikonya sangat besar. 

Selain itu, perusahaan fintech yang terdaftar di OJK, otomatis harus mematuhi ketentuan, etika dan perilaku sesuai regulasi yang berlaku. Sehingga konsumen pun gak dirugikan.

Untuk menghindari perilaku perusahaan fintech yang semena-mena terhadap nasabahnya. Nasabah pun terlindungi secara legalitas.

Contact center jelas dan mudah dihubungi

Ini juga jadi kriteria penting dalam menentukan fintech tersebut legal di mata OJK atau belum. Yaitu, dengan cara melihat layanan konsumennya yang jelas dan mudah dihubungi. Sebab, jika ada masalah maka nasabah bisa menghubunginya dengan cepat dan mudah. 

Dalam regulasinya, OJK mewajibkan penyelenggara kredit online memiliki dan menyediakan layanan untuk menyelesaikan permasalahan nasabahnya. 

Buat kamu yang ingin mengambil kredit online, pastikan perusahaan fintech tersebut punya nomor telepon pengaduan atau layanan pelanggan untuk berbicara langsung. 

Transparan

Salah satu kelebihan dari teknologi aplikasi pinjaman dana secara online, calon nasabah harus mendapat informasi secara jelas dan transparan. Seperti kejelasan bunga jatuh tempo dan biaya-biaya yang dikenakan ke calon nasabah. 

Dengan begitu, nasabah jadi tahu berapa besaran biaya yang dibebankan saat pencairan dana pinjaman online. Salah satu ciri yang bisa kamu perhatikan dari nasabah yang memiliki transparansi yang bagus adalah, tersedianya kalkulator di laman depan aplikasi fintech.

Pelanggan mudah cek status pinjaman 

Banyak perusahaan penyedia dana kredit online yang mengklaim cepat dalam proses pengajuan dan pencairan. Tapi, nyatanya, gak semua pinjaman online itu cepat. 

Ada juga perusahaan fintech yang lama dalam memproses pengajuan calon nasabahnya sehingga pelanggan pun bertanya-tanya apakah pengajuan kreditnya disetujui atau gak. 

Karena itu, sangat penting bagi calon nasabah untuk mengecek status pinjaman yang diajukan. Apakah statusnya masih proses, ditolak, atau disetujui. Fitur tambahan tersebut juga menunjukkan perusahaan fintech tersebut merupakan perusahaan yang terpercaya dalam melayani konsumennya dan bisa jadi poin plus juga di mata OJK. 

Tepat janji 

Sering kali calon nasabah tergiur dengan iming-iming pinjaman tanpa syarat yang sering didengungkan perusahaan fintech atau janji-janji manis lainnya. 

Sebagai konsumen, kamu harus lebih kritis dalam melihat ini. Apakah janji-janji tersebut hanya manis di mulut saat promo atau bisa direalisasikan. 

Hitung cicilan bulanan utangmu dengan kalkulator bunga flat Lifepal

Coba gunakan kalkulator bunga flat ini untuk memperkirakan berapa cicilan bulanan yang kamu harus bayar agar bisa melunasi seluruh utangmu.

Miliki perlindungan keuangan dengan asuransi

Sebelum mengajukan pinjaman online, pastikan sudah proteksi keuanganmu dengan asuransi kesehatan agar jika saat kamu sakit ataupun kecelakaan, dana darurat dan uang untuk cicilan tidak perlu terpakai untuk membayar tagihan berobat.  

Keuntungan menjadi nasabah asuransi kesehatan, kita tidak perlu lagi khawatir dengan beban tagihan rumah sakit karena semua sudah ditanggung perusahaan asuransi.

Jika kamu butuh informasi seputar produk perlindungan asuransi yang tepat untuk kamu, cari tahu selengkapnya di Lifepal saja!

FAQ seputar pinjam uang online

Apa itu pinjam uang online?

Jenis pinjaman yang dilakukan secara online melalui website atau aplikasi di mana peminjam atau borrower mendapatkan dana pinjaman dari pemberi pinjaman atau lender yang disalurkan melalui platform tersebut.

Apa saja keuntungan pinjaman uang online?

  • Proses pengajuan online
  • Syarat pengajuan mudah
  • Tidak perlu jaminan atau kepemilikan kartu kredit.

Apa kriteria pinjaman online terpercaya?

  • Perusahaan pinjaman online atau fintech harus sudah terdaftar di OJK
  • Contact center jelas dan mudah dihubungi
  • Perhitungan dana pinjaman dan biaya administrasi dijelaskan secara transparan
  • Pelanggan mudah cek status pinjaman
  • Tepat janji.
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →