Kalkulator Bunga Efektif untuk Hitung Kredit Jangka Panjang

Kalkulator bunga efektif adalah perangkat untuk memudahkanmu mengetahui berapa total angsuran bulanan untuk pinjaman jangka panjang.

Penggunaan kalkulator ini cocok untuk menghitung beberapa produk pembiayaan dan pinjaman tunai, misalnya Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Usaha Rakyat (KUR), kredit investasi emas  jangka panjang, dan pinjaman lainnya sesuai ketentuan masing-masing.

Yuk kita coba kalkulasikan perencanaan angsuranmu dengan kalkulator bunga efektif berikut.

Penerapan bunga efektif ini sendiri dinilai oleh sebagian besar debitur sebagai penghitungan bunga yang tidak memberatkan sebagaimana jumlah angsuran bunga bulanan akan berpatokan kepada sisa pinjaman. 

Kenapa dinilai tidak memberatkan? Logikanya bisa dilihat dari fakta-fakta berikut.

  • Seiring waktu, sisa pinjaman akan berkurang karena rutinitas pembayaran angsuran bulanan.
  • Dengan demikian, angsuran bulanan akan mengecil juga karena mengikuti sisa pinjaman yang berkurang.
  • Karena bunga bulanan mengecil, maka angsuran pun berkurang pada periode demi periode pembayaran.

Jadi tentu berbeda jika membandingkan, misalnya saja bunga flat 5% dan bunga efektif 5%. Bunga flat akan menghasilkan angsuran bulanan yang jumlahnya sama alias tetap sampai lunas, sedangkan bunga efektif 5% akan menghasilkan angsuran bulanan yang menurun hingga lunas mengikuti sisa pinjaman yang kian berkurang.

Prinsip penggunaan bunga efektif

Prinsip dalam menerapkan cara menghitung bunga efektif diawali dengan menentukan angsuran pokok yang didapatkan dari membagi pokok pinjaman dengan tenor (bulan). Jadi jika kamu meminjam Rp60 juta dengan tenor 60 bulan, maka angsuran pokok bulananmu adalah Rp1 juta selama 60 bulan. 

Nah, dari Rp1 juta yang kamu bayar tiap bulan tersebut akan dikenai bunga yang disepakati. Namun sebagaimana sisa pinjaman tiap bulan akan berkurang, maka angsuran bulananmu pun terus berkurang.

Meski perbedaan angsuran bulanan ini tidak terlalu terasa, namun pada tenor pinjaman jangka panjang, tentu akan sangat bermanfaat, bukan? 

Membandingkan dengan bunga flat

Apakah berbeda jika kita mengangsur selama 60 bulan dengan ketentuan bunga flat? Walau dengan bunga flat, kita tidak perlu repot-repot menghitung angsuran karena jumlahnya sama tiap bulan, namun pengeluaran kita jadi lebih besar. Jadi jelas berbeda ya.

Lebih baik hindari penggunaan bunga flat pada pinjaman jangka panjang karena kita sebagai debitur akan dirugikan. Bagaimana tidak? Agak aneh jika di pengujung tenor, bunga yang harus dibayar berjumlah hampir sama dengan sisa angsuran.

Namun, jika kamu sedang ingin mengajukan pinjaman tunai tanpa agunan atau kredit kendaraan, kamu bisa coba melakukan kalkulasi dengan kalkulator bunga flat untuk mencari tahu kisaran pengeluaran bulananmu nanti.

Membandingkan dengan bunga anuitas

Sebagian instansi penyedia pinjaman menawarkan sistem bunga anuitas sebagai alternatif. Bunga anuitas menggunakan prinsip yang hampir sama dengan bunga efektif dengan menetapkan angsuran bunga dari sisa pinjaman, namun dengan menjadikan angsuran bulanan yang sama.

Keuntungannya, angsuran bulanan berjumlah sama dan waktu pelunasan bisa menjadi lebih cepat jika dibandingkan bunga efektif dengan pokok pinjaman yang sama.

Pertanyaan seputar kalkulator bunga efektif 

Penerapan bunga efektif pada umumnya digunakan pada metode pembayaran pinjaman atau pembiayaan jangka panjang.

Meski begitu, walau debitur diuntungkan dengan sistem bunga ini karena pembayaran yang menurun, pihak kreditur pun tetap diuntungkan sebagaimana bunga efektif lebih disukai oleh calon debitur pada umumnya.

Namun ada juga sebagian instansi penyedia pinjaman yang menawarkan penerapan bunga efektif untuk produk-produk selain dari contoh-contoh di atas. Sangat disarankan untuk menanyakan hal ini sebelum kamu menandatangani kontrak pinjaman ya.

Tidak, pihak bank atau leasing pada umumnya sudah menentukan jenis bunga yang digunakan sejak awal. Namun, lebih baik untuk menanyakan soal ini kepada staf bank atau instansi penyedia pinjaman untuk mendapatkan kejelasan soal biaya administrasi dan penghitungan angsuran bulanannya.

Istilah seputar kalkulator bunga efektif

Pokok pinjaman atau plafon adalah jumlah uang yang dipinjam oleh nasabah sebagai debitur dari bank sebagai kreditur. Jumlah pokok pinjaman tidak termasuk bunga angsuran, potongan administrasi, dan pajak.

Saldo pinjaman atau sisa pinjaman adalah jumlah utang terakhir setelah dipotong dengan angsuran-angsuran yang sudah dilunasi pada periode sebelumnya.

Angsuran pokok adalah jumlah yang harus dibayarkan tiap periode di luar dari angsuran bunga. Angsuran pokok yang harus dibayarkan dalam sistem bunga efektif berjumlah sama tiap bulan. Jumlahnya didapatkan dari membagi total pinjaman dengan tenor (bulan).

Hasilnya akan digabung dengan angsuran bunga sehingga menjadi angsuran bulanan. Angsuran bulanan adalah hasil akhir yang wajib dibayarkan tiap bulan atau periode sesuai kesepakatan.

Angsuran bunga adalah uang yang wajib dibayarkan tiap bulan atau periode tertentu sebagai bagian dari total angsuran. Angsuran bunga didapatkan dari total jumlah pinjaman dengan persentase bunga tahunan.

Jika dilihat dari simulasi bunga efektif di atas, jumlah angsuran bunga tiap bulan terus mengecil dikarenakan mengikuti sisa pinjaman yang turut berkurang tiap bulan.

Hasilnya akan digabungkan dengan angsuran pokok sehingga menjadi angsuran bulanan.

Tentu ulasan kalkulator bunga efektif ini hanya bersifat perkiraan sebagaimana tiap instansi penyedia pinjaman memiliki ketentuan dan kebijakan yang berbeda-beda.

Namun yang pasti, jangan ragu untuk selalu menyesuaikan kebutuhanmu dengan fasilitas produk pinjaman yang tepat agar pada akhirnya tidak membebani diri sendiri.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →