Kalkulator Bunga Bergulung – Simulasi Investasi Masa Depan

Kalkulator bunga bergulung akan menghitung nilai masa depan dana investasi. Kamu hanya perlu memasukkan saldo awal, setoran bulanan, suku bunga yang diharapkan, dan jumlah tahun, kalkulator bunga bergulung akan mengerjakan sisanya.

Seperti diketahui, investasi atau produk keuangan disiapkan untuk masa depan. Kalau kita sudah punya target jumlah uang yang dicapai, kita sudah tahu berapa besar setoran dan berapa lama untuk mencapai target tersebut.

Dengan kalkulator bunga bergulung, kamu dapat menentukan tambahan dana investasi setiap bulan, persentase bunga berbunga, dan nilai akhir masa depan. Dari situ, kamu tahu berapa lama waktu untuk mencapainya hingga menuju kemandirian finansial.

Perlu diingat bahwa kalkulator ini berdasarkan pada akumulasi bunga yang diperoleh dari hasil investasi yang diinvestasikan kembali, sehingga bunga akan menghasilkan bunga lagi.

Gunakan kalkulator bunga berbunga untuk menghitung seberapa besar keuntungan compounding dengan detail berikut.

Fungsi kalkulator bunga bergulung

Sesuai dengan namanya, bunga berbunga atau bunga majemuk adalah bunga yang akan kembali berbunga dari pokok dana yang dipinjam atau diinvestasikan. 

Sehingga bunga yang tadi diinvestasikan pun kembali menghasilkan bunga. Atau, pendapatan kamu menghasilkan pendapatan lagi. Begitu seterusnya hingga keuntungan investasi menjadi lebih maksimal.

Bila dirinci, adalah:

  • Bunga dari hasil compounding bisa didapat ketika uang yang kamu hasilkan dari investasi mulai menghasilkan keuntungan lagi ketika diinvestasikan kembali.
  • Efek compounding bisa dibilang sebagai salah satu cara termudah untuk memenuhi tujuan keuangan.
  • Semakin dini berinvestasi, semakin banyak kesempatan bagi investasimu untuk menikmati efek compounding ini.

Efek compounding kerap menjadi andalan investor karena pengaruhnya sangat signifikan terhadap rencana maupun tujuan keuangan seiring berjalannya waktu.

Karena hal yang terpenting adalah waktu, setiap orang bisa merasakan efek compounding ini bila mereka siap memulai investasi lebih awal.

Semakin dini seseorang mulai mendanai, semakin kuat pengaruh efek compounding terhadap keuntungan investasinya.

Bagaimana memanfaatkan bunga majemuk?

  • Berinvestasi lebih awal

Seperti halnya investasi apapun, semakin awal berinvestasi semakin baik, karena mengumpulkan lebih banyak hasil dari bunga yang diperoleh.

  • Berinvestasilah sesering mungkin

Dengan sering berinvestasi, akan mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi. Misalnya, berinvestasi setiap bulan dan bukan setiap tiga bulan menghasilkan lebih banyak keuntungan dari bunga.

  • Tahan investasi selama mungkin

Semakin lama kamu menahan investasi, semakin banyak hasil bunga majemuk yang diperoleh.

  • Pertimbangkan suku bunga

Saat memilih investasi, suku bunga penting. Semakin tinggi tingkat bunga tahunan, semakin baik hasilnya.

  • Jangan lupa interval penggabungan

Semakin sering investasi digabungkan, semakin tinggi bunga yang diperoleh. Hal ini penting untuk diingat saat memilih produk investasi.

Pertanyaan yang sering diajukan seputar bunga majemuk

Bunga majemuk adalah jumlah total bunga yang diperoleh selama periode waktu tertentu, dengan mempertimbangkan bunga atas uang yang diinvestasikan atau disebut bunga sederhana, dan bunga yang diperoleh atau dibebankan pada bunga yang diperoleh sebelumnya.

Rumus bunga majemuk adalah: A = P (1 + r / n) nt

Rumus bunga majemuk menentukan nilai masa depan investasi: A. Variabelnya adalah: P - pokok atau jumlah uang yang digunakan; r - tingkat bunga nominal tahunan sebelum penggabungan; t - waktu, dalam tahun; dan n - jumlah periode gabungan dalam setiap tahun, misalnya 365 untuk harian, 12 untuk bulanan, dan sebagainya.

Bunga majemuk memperhitungkan bunga atas saldo pokok dan bunga atas bunga yang diperoleh sebelumnya. Bunga tunggal hanya mengacu pada bunga yang diperoleh dari saldo pokok atau bunga yang diperoleh dari bunga yang tidak diperhitungkan.

Bunga majemuk memiliki efek positif yang dramatis pada tabungan dan investasi.

Bunga majemuk terjadi ketika bunga ditambahkan ke simpanan asli atau pokok yang menghasilkan bunga. Lembaga keuangan sering menawarkan bunga majemuk pada deposito, yang digabungkan secara teratur, biasanya bulanan atau tahunan.

Bunga majemuk menumbuhkan investasi tanpa setoran lebih lanjut, meskipun kamu pasti memilih menyimpan lebih banyak seiring waktu, sehingga meningkatkan efektivitas bunga majemuk.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →