Kalkulator Bunga Bergulung – Simulasi Investasi Masa Depan

manfaat kalkulator bunga flat

Kalkulator bunga bergulung digunakan untuk menghitung nilai masa depan dana investasi. Kamu hanya perlu memasukkan saldo awal, setoran bulanan, suku bunga yang diharapkan, dan jumlah tahun, kalkulator bunga bergulung akan menentukan hasil akhirnya.

Dengan kalkulator bunga bergulung, kamu dapat menentukan tambahan dana investasi setiap bulan, persentase bunga berbunga, dan nilai akhir masa depan. Kalkulator ini berdasarkan akumulasi bunga yang diperoleh dari hasil investasi yang diinvestasikan kembali atau bunga menghasilkan bunga lagi.

Gunakan kalkulator bunga berbunga untuk menghitung seberapa besar keuntungan compounding dengan detail berikut.

Cara menghitung kalkulator bunga bergulung

Menggunakan kalkulator bunga bergulung ini untuk menghitung seberapa besar keuntungan compounding milikmu dengan detail sebagai berikut.

  • Investasi Awal: Nominal investasi awal sebelum efek compounding berlaku, misalnya: 20.000.000.
  • Investasi Bulanan: Nominal dana investasi yang rutin kamu investasikan setiap bulan, misalnya: 10.000.000.
  • Suku Bunga per Tahun (%): Persentase suku bunga tahunan yang dimasukkan tanpa persen (%), misalnya: 6.
  • Jangka Waktu (Tahun): Jangka waktu akan berinvestasi dan menikmati efek compounding dalam satuan tahun, contoh: 2,8.
  • Future Value: Nilai uang yang diinvestasikan di masa depan, akan terus bertambah nilainya seiring berjalannya waktu.
  • Bunga Keuntungan: Total nilai keuntungan yang didapat selama efek compounding dan selama jangka waktunya berlaku.

Nah, untuk nilai akhir masa depan atau future value dari contoh di atas adalah Rp346.028.167. Jumlah tersebut tentu saja bisa bertambah, tergantung seberapa cepat perputaran investasimu. 

Misalnya, jika dalam prosesnya ternyata pihak peminjam melakukan pelunasan dalam hitungan minggu bahkan hari, itu artinya imbal hasil yang didapat bisa dengan cepat pula diinvestasikan kembali. Sehingga, bunga per tahun yang kamu peroleh pun otomatis akan semakin besar.

Kamu juga bisa mengubah simulasi kalkulator waktu menabung di atas untuk menghitung keuntungan bunga bergulung.

Fungsi kalkulator bunga bergulung

Bunga berbunga atau bunga majemuk adalah bunga yang akan kembali berbunga dari pokok dana yang dipinjam atau diinvestasikan. 

Sehingga bunga yang tadi diinvestasikan pun kembali menghasilkan bunga. Atau, pendapatan kamu menghasilkan pendapatan lagi. Begitu seterusnya hingga keuntungan investasi menjadi lebih maksimal. Rinciannya sebagai berikut.

Bunga dari hasil compounding bisa didapat ketika uang yang kamu hasilkan dari investasi mulai menghasilkan keuntungan lagi ketika diinvestasikan kembali.

Efek compounding bisa dibilang sebagai salah satu cara termudah untuk memenuhi tujuan keuangan. Semakin dini berinvestasi, semakin banyak kesempatan bagi investasimu untuk menikmati efek compounding ini.

Efek compounding kerap menjadi andalan investor karena pengaruhnya sangat signifikan terhadap rencana maupun tujuan keuangan seiring berjalannya waktu.

Karena hal yang terpenting adalah waktu, setiap orang bisa merasakan efek compounding ini bila mereka siap memulai investasi lebih awal.

Semakin dini seseorang mulai mendanai, semakin kuat pengaruh efek compounding terhadap keuntungan investasinya.

Mengapa memilih bunga bergulung?

Compounding effect pada dasarnya tak melulu mengutamakan nominal dana yang diinvestasikan, melainkan menitikberatkan pada waktu berinvestasi. Intinya, semakin dini kamu berinvestasi, maka semakin besar pula peluangmu menikmati hasil compounding effect.

Selain itu, kamu juga disarankan untuk tidak memutus rantai compounding effect di tengah jalan. Pasalnya, langkah tersebut akan mengurangi hasil investasimu secara keseluruhan.

Ada banyak investor yang gagal mempertahankan rantai compounding karena berbagai hal. Salah satunya sebut saja karena faktor bosan, di mana investasi dirasa berjalan lambat, sehingga mereka memutuskan untuk mencairkan dananya di tengah jalan.

Secara keseluruhan, compounding effect akan sangat membantumu meningkatkan keuntungan berinvestasi. Tak hanya itu, compounding effect juga bisa dijadikan ‘senjata’ untuk melawan inflasi yang terus menggerus nilai mata uang.

Daripada menggunakan uang untuk hal-hal yang kurang produktif dan dibiarkan saja di dalam tabungan yang terus berkurang karena inflasi dan biaya administrasi, lebih baik membiarkannya tumbuh 19% setiap tahun. Itulah manfaat besar investasi atau pendanaan dan adanya efek compounding di dalamnya.

Dan, karena compound interest adalah bentuk investasi minim risiko yang sifatnya jangka panjang, sehingga memungkinkan kita memiliki rasa aman secara finansial untuk keuangan di masa mendatang. 

Hal-hal yang harus diperhatikan

Meski menjadi salah satu cara yang paling mudah dan cepat untuk mencapai tujuan keuangan, banyak orang masih memiliki keyakinan salah tentang investasi, seolah-olah investasi itu harus dengan modal gede. 

Banyak yang beralasan, harus mengumpulkan modal gede dulu. Banyak yang berpikir kalau mereka butuh waktu yang lama agar bisa mengumpulkan uang yang besar.

Padahal, modal kecil kini bukan menjadi halangan karena investasi sudah bisa dimulai dengan modal kecil.

Kalau modal kecil saja bukan menjadi penghalang, yang justru kerap tak disadari menjadi penghalang utama untuk memaksimalkan efek compounding sebenarnya adalah waktu.

Waktu yang dimaksud adalah waktu untuk memulai investasi yang seharusnya sudah sejak dini tanpa harus menunggu modal gede terkumpul sebagaimana dalih kebanyakan investor.

Investasi yang dilakukan sejak dini akan terasa efek compoundingnya untuk jangka panjang. Dengan kata lain, semakin dini seseorang mulai untuk investasi, semakin terasa efek compounding dalam investasi tersebut.

Bagaimana memanfaatkan bunga majemuk?

Berinvestasi lebih awal

Seperti halnya instrumen investasi pada umumnya, semakin awal berinvestasi semakin baik, karena mengumpulkan lebih banyak hasil dari bunga yang diperoleh.

Berinvestasilah sesering mungkin

Dengan sering berinvestasi, akan mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi. Misalnya, berinvestasi setiap bulan dan bukan setiap tiga bulan menghasilkan lebih banyak keuntungan dari bunga.

Tahan investasi selama mungkin

Semakin lama kamu menahan investasi, semakin banyak hasil bunga majemuk yang diperoleh.

Pertimbangkan suku bunga

Saat memilih investasi, suku bunga penting. Semakin tinggi tingkat bunga tahunan, semakin baik hasilnya.

Jangan lupa interval penggabungan

Semakin sering investasi digabungkan, semakin tinggi bunga yang diperoleh. Hal ini penting untuk diingat saat memilih produk investasi.

Miliki perlindungan terbaik

Dengan menghasilkan keuntungan dari bunga bergulung atau bunga berbunga ini, kamu bisa meraih tujuan finansial dengan lebih cepat. Sebab, bunga dari hasil investasi memberikan keuntungan tambahan seiring berjalannya waktu.

Karena hal itu, jangan lupa untuk memproteksi dirimu dari risiko pengeluaran mendadak yang bisa menguras tabungan. Yaitu, risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal akibat serangan penyakit atau risiko kerugian finansial lainnya yang mengakibatkan ketidaksanggupan untuk bekerja lagi karena mengalami musibah cacat tetap. 

Untuk mengantisipasi hal-hal tersebut, kamu bisa memanfaatkan asuransi jiwa. Berkat manfaat dari asuransi jiwa, kamu dan keluargamu bisa terlindungi dari beban finansial akibat tidak ada pemasukan lagi.

Kamu juga bisa memiliki perlindungan lain dengan memilih asuransi lainnya. Yuk, cari tahu selengkapnya di Lifepal!

Pertanyaan yang sering diajukan seputar bunga majemuk