Kalkulator Dana Darurat untuk Ketahui dan Cek Besarannya

Kalkulator dana darurat adalah perangkat yang berfungsi membantu kamu dalam menghitung dan menyiapkan dana darurat setiap bulannya. Dalam menyiapkan dana darurat kamu juga memerlukan langkah-langkah agar dapat terealisasikan.

Bagi yang belum mengetahui, berapa sih ideal besaran untuk mengantongi dana darurat dalam kantongmu? Nah umumnya, dana darurat dimiliki adalah enam kali biaya bulanan yang kamu keluarkan setiap bulannya. 

Nah, agar lebih jelas bagaimana menyiapkan perencanaan dana daruratmu di sini.

Jadi jika kamu memiliki pengeluaran per bulan seperti yang tertera di kalkulator dengan usia saat ini, besaran dana darurat yang harus dikantongi adalah sesuai perhitungan di atas. Oleh karena itu pentingnya menggunakan perangkat kalkulator dana darurat bagi kamu yang ingin menyiapkannya. 

Dana darurat adalah sejumlah dana yang perlu diadakan atau disediakan dalam anggaran keuangan. Dana darurat ini nantinya secara khusus akan digunakan untuk menghadapi berbagai kondisi yang tidak diinginkan dalam keseharian.

Jadi dana ini nantinya akan digunakan hanya untuk keperluan darurat yang tidak bisa diatasi dengan anggaran lainnya.

Dalam menentukan dana darurat pastinya kamu harus menyisihkan dari penghasilan setiap bulannya. Ada baiknya kamu menyisihkan 5 persen sampai 10 persen gaji hingga tabungan yang digunakan untuk dana darurat dapat membiayai 3-6 bulan pengeluaran.

Sebenarnya ada formula yang dapat digunakan oleh setiap orang. Mulai dari yang masih melajang hingga sudah menikah dengan dua anak. Misalkan kamu yang masih lajang sebisa mungkin memiliki 4 kali dari pengeluaran bulanan. Berbeda dengan yang sudah menikah, kamu setidaknya harus mengantongi 6 kali dari pengeluaran bulanan.

Bagi yang sudah menikah dengan 1 anak, kamu mesti mengantongi dana darurat 9 kali dari pengeluaran bulanan. Berbeda lagi bagi kamu yang sudah menikah dengan 2 anak, maka harus mengantongi 12 kali dari pengeluaran bulanan. Untuk yang bekerja sebagai wirausaha atau freelance mesti mengantongi dana darurat sebesar 12 kali pengeluaran bulanan.

Kita akan mengambil contoh, misalkan kamu belum menikah dan pengeluaran bulanan Rp5 juta per bulan, maka diperlukan Rp20 juta sebagai dana darurat. Jadi begitulah kira-kira dana darurat yang bisa kamu persiapkan jika masih berstatuskan lajang atau belum menikah.

Dari penjelasan di atas semoga dapat membantu kamu dalam menyiapkan dana darurat tentunya dengan menggunakan perangkat kalkulator dana darurat dari Lifepal. Semoga membantu kamu dalam menyiapkan dana darurat!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →