Kalkulator Kebebasan Finansial Hitung Tabungan Ideal

Kalkulator kebebasan finansial adalah perangkat untuk membantu kamu melihat berapa dana ideal yang harus dimiliki untuk bisa menikmati hidup ketika sudah tidak bekerja nanti. 

Simulasi dan Kalkulator Kebebasan Finansial

Untuk mendapatkan gambaran yang jelas, mari gunakan simulasi tabel kalkulator kebebasan finansial berikut.

Dalam menggunakan kalkulator kebebasan finansial, pertama kamu harus menghitung jumlah pengeluaranmu setiap bulannya hingga masa pensiun. Perlu diingat, jika tahun ini pengeluaran bulanan kamu Rp8 juta, jumlah tersebut akan berubah mengikuti inflasi di tahun-tahun selanjutnya. 

Nah, kemudian, kamu harus mengalikan jumlah pengeluaran tersebut dengan bunga deposito tahun. Mengapa harus berdasarkan deposito?

Ini dikarenakan nilai bunga deposito umumnya lebih tinggi dari inflasi. Contohnya, di kuartal pertama tahun 2020, rata-rata suku bunga deposito berkisar 3-6 persen. Tentu lebih tinggi dibandingkan rata-rata inflasi yang umumnya naik 2-3 persen per tahun. 

Cara untuk Mencapai Kebebasan Finansial

Setelah mengetahui nilai tabungan yang dibutuhkan, sekarang kamu perlu susun strategi untuk bisa capai kebebasan finansial hingga masa tua nanti. Caranya gak susah kok, karena kuncinya adalah komitmen dan disiplin. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan: 

  • Kumpulkan dana darurat. Idealnya buat yang sudah berkeluarga minimal 6 x dari pengeluaran bulanan. Sementara yang masih single 3 x dari pengeluaran bulanan. 
  • Punya penghasilan pasif. Penghasilan pasif bisa diinvestasikan atau masuk tabungan deposito agar nilainya berkembang.
  • Memiliki asuransi. Agar pengelolaan keuangan tidak terganggu meski mengalami risiko kesehatan sekalipun. 
  • Bebas dari utang. Terbilang sehat jika utang tidak lebih dari 30 persen gaji atau bisa disebut merdeka finansial jika utang berada di angka nol.

Pertanyaan Seputar Kebebasan Finansial 

Kalkulator kebebasan finansial adalah perangkat untuk menghitung jumlah tabungan ideal jika dibandingkan dengan pengeluaran bulanan dan nilai bunga deposito bank tahunan saat ini.

Jumlah hasil kalkulator tersebut, nantinya dapat dijadikan patokan sebagai target untuk merdeka secara finansial hingga usia tua nanti.

Kebebasan finansial secara umum artinya memiliki penghasilan tunai, tabungan, dan investasi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan serta gaya hidup yang diinginkan baik untuk diri sendiri maupun keluarga atau tanggungan.

Namun, setiap orang memiliki arti kebebasan finansialnya masing-masing. Jadi, untuk menjawab pertanyaan ini, jawabannya kembali lagi pada diri sendiri. Apa yang dibutuhkan dan diinginkan masing-masing orang untuk mencapai kebahagiaan.

Mandiri secara finansial adalah ketika tidak lagi bergantung pada orang secara keuangan. Karena itu, seseorang baru dapat dikatakan mandiri secara finansial jika ia memiliki penghasilan sendiri dan tidak lagi bergantung pada orangtua atau kerabat.

Kuncinya adalah tidak takut untuk mengambil langkah. Misal, jangan takut untuk mulai berinvestasi sejak usia muda. Kemudian, mulai kumpulkan dana darurat, misal jika masih sendiri adalah tiga kali lipat dari gaji.

Jadi, jika terjadi risiko yang tidak diinginkan, misal di PHK kamu bisa menggunakan dana tersebut untuk bertahan hidup sembari cari pekerjaan baru.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →