Kalkulator Menabung Bulanan – Simulasi Keuntungannya

Gunakan kalkulator menabung bulanan untuk mengetahui berapa banyak yang harus kamu hemat setiap bulan untuk mencapai tujuan keuangan. 

Kalau kita sudah punya target jumlah uang yang dicapai, kita sudah tahu berapa besar setoran dan berapa lama untuk mencapai target tersebut.

Dengan kalkulator menabung bulanan, kamu tinggal memasukkan tujuan tabunganmu, saldo tabungan saat ini, dan berapa tahun sampai kamu mencapai tujuan keuangan. Kalkulator akan menghitung berapa banyak yang perlu kamu hemat setiap bulan untuk mencapai tujuan tersebut.

Perlu diingat bahwa kalkulator ini berdasarkan pada akumulasi tabungan bulanan dan berdasarkan waktu. 

Jika kamu ingin mendapatkan jumlah tabungan bulanan yang diperlukan untuk mencapai tujuan pada tanggal tertentu, cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

Fungsi kalkulator menabung bulanan

Tahukah kamu berapa banyak yang harus ditabung setiap bulan untuk mencapai tujuan tabungan?

Baik saat kamu sedang menabung dana darurat, menabung untuk DP rumah, atau mencari tahu berapa banyak yang perlu kamu tabung untuk mewujudkan liburan impian, kalkulator menabung bulanan ini dapat membantu.

Alasan umum tidak menabung

Mengenali beberapa alasan paling umum orang tidak menabung dapat membantumu terhindari dari kondisi seperti itu. Manakah dari alasan berikut yang menghalangimu untuk menabung?

  • Tidak ada yang tersisa setelah menghemat pengeluaran

Sangat sulit untuk menabung ketika kamu tidak menghasilkan banyak uang. Tapi, jika kamu tidak memiliki kelebihan anggaran untuk mulai menabung, maka sekarang waktu untuk memikirkannya.

  • Terjerat hedonisme

Beberapa orang terjerat hedonisme. Sehingga menghabiskan semua uang mereka untuk berbelanja agar terlihat menarik, bahkan sampai mengalami kebangkrutan.

Jangan konyol membeli barang bermerek yang mahal atau barang yang tidak dibutuhkan hanya karena dikenakan oleh selebriti favoritmu.

Cara termudah untuk menghentikan kebiasaan ini adalah dengan menghindari pergi ke toko, terutama mal. Disiplinkan diri menggunakan uang yang telah diperoleh, tidak membayar untuk sesuatu yang tidak dapat kamu bayar.

Ketidakmampuanmu membeli sesuatu dengan uang tunai adalah indikator yang baik bahwa kamu tidak mampu membelinya.

  • Terlalu banyak berutang

Berapa rasio utang terhadap pendapatanmu? Rasio utang terhadap pendapatan yang diharapkan secara umum untuk setiap rumah tangga adalah 36 persen atau kurang. Jika rasiomu lebih dari 50 persen, kamu harus merasa khawatir.

Untuk menghitung rasio utang terhadap pendapatan, bagi jumlah pembayaran utang bulanan yang berulang dengan pendapatan kotor bulanan. Melunasi utang membantumu menyimpan lebih banyak uang yang kemudian dapat digunakan untuk ditabung.

  • Suku bunga rekening tabungan rendah

Suku bunga saat ini memang kurang menguntungkan, tetapi kamu tidak boleh menggunakan ini sebagai alasan untuk tidak menabung. Sebaliknya, fokuslah pada rekening tabungan berbunga tinggi.

  • Secara alami ingin selalu belanja

Mengatasi tekanan untuk berbelanja ini sangat sulit. Namun, jika kamu cukup peduli dengan masa depan keluarga, kalahkan mentalitas belanja dengan mendorong diri sendiri untuk mulai menabung.

Berapa banyak yang harus dihemat setiap bulan?

Sebelum mulai menabung, tanyakan pada diri sendiri, “Apa alasan saya menabung?” 

Ini penting untuk mengetahui tujuan finansialmu, dan kapan kamu ingin mencapainya. Gunakan kalkulator menabung bulanan untuk mencari tahu seberapa banyak kamu harus menabung setiap bulan untuk mencapai tujuan keuanganmu.

Waktu terbaik untuk mulai menabung adalah sekarang. Namun, penting untuk memiliki rencana tabungan yang tetap memungkinkanmu membayar tagihan dan kewajiban yang diperlukan. Ingatlah untuk melunasi utang, dan memangkas pengeluaran merupakan cara terbaik untuk menumbuhkan kemampuan menabung.

Seperti diketahui, menabung adalah faktor kunci untuk menciptakan kekayaan. Karena itu, mulailah sedini mungkin.

Sasaran Tabungan - Jumlah uang yang ingin kamu miliki di masa depan.

Saldo Tabungan Saat Ini - Uang yang sudah kamu simpan yang akan digunakan untuk tujuan tabunganmu.

Pertumbuhan Tingkat Persentase Tahunan - Persentase suku bunga tahunan atau laba atas investasi yang kamu harapkan dari tabunganmu.

Jumlah Tahun - Ini adalah jumlah tahun antara sekarang dan kapan kamu ingin mencapai tujuan keuanganmu.

Tabungan Saat Ini Nilai Masa Depan - Nilai tabunganmu saat ini ditambah bunga yang diperoleh.

Savings Shortfall - Berapa banyak penghematan yang kamu lakukan untuk mencapai tujuan berdasarkan variabel.

Berapa Banyak yang Harus Dihemat Setiap Bulan - Jumlah yang perlu kamu tabung setiap bulan untuk mencapai tujuan keuangan.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →