Kalkulator Waktu Menabung – Simulasi Tabungan Berjangka

kalkulator pajak penjualan rumah

Kalkulator waktu menabung akan menghitung waktu yang dibutuhkan untuk mencapai target tabungan yang diinginkan. 

Dengan kalkulator waktu menabung, kamu dapat menentukan tambahan tabungan setiap bulan, persentase bunga tabungan, dan nilai akhir masa depan. Kalkulator ini berdasarkan pada akumulasi tabungan bulanan, dan berdasarkan waktu. 

Jika kamu ingin mendapatkan jumlah tabungan bulanan yang diperlukan untuk mencapai tujuan pada tanggal tertentu, cobalah kalkulator waktu menabung ini.

Cara menghitung kalkulator waktu menabung

Memanfaatkan kalkulator waktu menabung dapat membantumu melakukan simulasi tabungan berjangka dan melihat hasilnya sesuai dengan rencana.

Misalnya, saldo awal saat ini Rp20.000.000, dengan tambahan tabungan setiap bulan Rp500.000.

Dengan persentase bunga tahunan 5%, maka nilai akhir di masa depan yang akan terkumpul adalah Rp50.000.000 dalam perkiraan waktu 46,69 bulan. Makin besar dana yang dimasukkan, maka makin besar juga bunga yang diperoleh.

Kamu bisa mengubah simulasi kalkulator waktu menabung di atas untuk menghitung tabungan berjangka atau tabungan rencanamu.

Fungsi kalkulator waktu menabung

Berikut ini sejumlah fungsi kalkulator waktu menabung terkait perencanaan keuangan.

1. Sebagai kalkulator finansial

Dalam perencanaan keuangan, hal pertama yang perlu kita siapkan adalah menentukan tujuan keuangan. Dengan begitu, dalam mempersiapkan keuangan, kita bisa tahu dan fokus dalam mencapai berbagai tujuan tersebut demi kehidupan finansial yang lebih baik.

Setelah menentukan tujuan keuangan, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menghitung seluruh kebutuhan finansialmu, entah itu segala biaya hingga imbal hasil investasi jangka panjang.

Dengan kalkulator ini, kamu dapat melakukan simulasi investasi dan melihat pertumbuhan uang milikmu.

2. Sebagai kalkulator tabungan berjangka

Tabungan Berjangka atau Tabungan Rencana adalah salah satu produk bank untuk membuat nasabah merencanakan keuangannya dengan cara “dipaksa” menabung secara teratur sampai jangka waktu tertentu.

Nasabah diwajibkan menyetorkan uang sejumlah tertentu setiap bulan ke tabungan rencana. Bila terlambat menyetorkan, bisa kena penalti. Setelah jatuh tempo, tabungan akan cair ke rekening yang telah ditentukan.

Bagaimana menetapkan tujuan menabung dan mencapainya?

Untuk mencapai impian, kamu perlu merencanakan jalan menuju impian tersebut. Rencanakan tujuanmu, hitung berapa banyak uang yang perlu kamu hemat setiap bulan, dan mulailah menabung.

Apapun tujuan tabunganmu, menggunakan kalkulator waktu menabung seperti ini dapat membantu kamu menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menabung berdasarkan tabungan saat ini, dan jumlah yang kamu tambahkan ke tabungan di setiap bulan.

Seperti diketahui, tabungan berjangka atau tabungan rencana adalah salah satu produk bank, yang bertujuan agar nasabah bisa merencanakan keuangannya. Caranya, nasabah “dipaksa” menabung secara teratur sampai jangka waktu tertentu.

Nasabah diwajibkan menyetorkan uang sejumlah tertentu setiap bulan ke tabungan rencana. Bila terlambat menyetorkan, bisa kena penalti. Setelah jatuh tempo, tabungan akan cair ke rekening yang telah ditentukan.

Kapan waktu mulai menabung yang tepat?

Saat mulai menghasilkan uang, kamu harus mulai menabung sebagian pendapatan untuk tujuan finansial. 

Semakin cepat mulai menabung, semakin banyak waktu yang dimiliki untuk menambah jumlah uang sebelum mencapai batas waktu tujuanmu.

Tetapi sebelum memutuskan kapan mulai menabung, kamu perlu menetapkan tujuan. Dengan cara menuliskan dan membagi tujuan ke dalam kategori jangka pendek dan jangka panjang.

Taruh daftar tersebut di suatu tempat di rumahmu di mana kamu akan melihatnya setiap hari, seperti di dapur. Jika kamu tetap fokus pada tujuan itu, kemungkinan besar akan berhasil.

Strategi menabung

Di bawah ini strategi-strategi menabung yang bisa kamu gunakan untuk mencapai target dana yang kamu inginkan.

1. Tetapkan berapa banyak kamu dapat menabung setiap bulannya

Tabungan kamu di setiap bulan akan tergantung pada kemampuan keuanganmu dan tujuan yang ditetapkan. 

Setelah memiliki gagasan yang jelas kapan ingin mencapai tujuan keuangan, kamu harus perlahan-lahan menyisihkan jumlah tetap setiap bulan dengan mempertimbangkan jumlah yang kamu butuhkan untuk mencapai tujuan.

2. Pangkas pengeluaran dan tingkatkan pendapatan sesuai kebutuhan

Jika uang yang kamu sisihkan setiap bulan tidak cukup untuk mencapai tujuan yang diinginkan dalam jangka waktu tertentu, kamu dapat menyesuaikan anggaran dengan memotong beberapa pengeluaran atau mencari pekerjaan tambahan yang dapat memberimu penghasilan tambahan. Sehingga memungkinkanmu mengalokasikan lebih banyak tabungan setiap bulan.

3. Cobalah skenario yang berbeda menggunakan Kalkulator Waktu Menabung

Realisasi tujuanmu akan tergantung pada seberapa banyak kamu dapat menabung setiap bulan. 

Kamu dapat memeriksa Kalkulator Waktu Menabung untuk melihat berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mewujudkan tujuan jika kamu mempertahankan jumlah tabungan setiap bulan.

Daftar tabungan berjangka di Indonesia

Bunga tabungan berjangka ini bisa menjadi acuan lamanya menabung untuk mencapai target dana tabungan yang ditetapkan.

Tabungan berjangka di Indonesia memiliki jangka waktu dari 12 – 240 bulan. Ditambah lagi tabungan berjangka dilengkapi dengan proteksi keuangan dalam bentuk asuransi jiwa.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap tentang tabungan berjangka, kamu bisa membacanya di artikel lifepal.co.id/media/rekomendasi-tabungan-berjangka.

Keuntungan dari tabungan berjangka

Jenis simpanan berupa tabungan berjangka memiliki ragam keuntungan, antara lain:

Suku bunga tinggi

Tabungan berjangka banyak dipilih karena memiliki suku bunga tinggi. Setiap bulan, bank akan menerapkan angka suku bunga tertinggi, sehingga keuntungan tabunganmu semakin bertambah seiring waktu. Semakin lama menabung, semakin tinggi juga hasilnya. 

Suku bunga tabungan berjangka bisa mencapai empat hingga lima persen per tahun, lebih tinggi dari tabungan konvensional.

Melatih disiplin menabung

Transaksi autodebet tabungan berjangka bisa menjadi solusi untuk kamu yang susah atau sering lupa menabung. Pasalnya, uang akan otomatis ditarik ke rekening tabungan berjangka. 

Dengan begitu, mengatur keuangan pribadi jadi lebih mudah karena uang tabungan yang sudah disisihkan. Kamu bisa mengatur tanggal penarikan sedemikian rupa agar lebih mudah, misalnya beberapa hari setelah tanggal gajian.

Dana tabungan aman

Menabung di bank jelas terjamin keamanannya. Kamu tidak perlu menyimpan uang fisik di tempat penyimpanan yang kurang aman atau membawa uang tunai dalam jumlah besar. Sebab, aktivitas autodebet plus teknologi membuat proses menabung bisa dilakukan tanpa meninggalkan rumah.

Bank terpercaya biasanya merupakan peserta program Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Menabung lewat program tabungan berjangka berarti menjaga dana tetap aman. Ini berguna untuk mengantisipasi keamanan uangmu jika terjadi masalah atau perubahan ekstrem seperti likuidasi, misalnya. LPS akan menjamin uangmu kembali.

Bisa menyetor tabungan dengan angka kecil

Dibandingkan deposito, setoran pertama tabungan berjangka termasuk rendah. Misalnya, banyak bank meminta setoran awal sekitar Rp100.000 hingga Rp500.000, sedangkan setoran rutin biasanya mulai hanya dari Rp100.000 per bulan.

Jumlah setoran seperti ini terdengar remeh, tetapi jika dilakukan setiap bulan dan dengan suku bunga tinggi, kamu bisa mengumpulkan cukup banyak dana pada akhir periode. 

Bisa mendapat perlindungan asuransi

Tabungan berjangka biasanya ditawarkan bersama layanan asuransi, walau rinciannya mungkin berbeda-beda antar bank. 

Ada yang menawarkan asuransi jiwa untuk peristiwa seperti cacat total tetap atau meninggal dunia. Ada juga yang memberi jaminan untuk meneruskan setoran hingga periode berakhir jika nasabah, karena suatu hal, tidak bisa meneruskannya.

Dengan asuransi jiwa, kamu dan keluargamu bisa mereguk manfaat terlindungi dari beban finansial akibat tidak ada pemasukan lagi.

Perlindungan lain juga bisa kamu peroleh dari beragam produk asuransi lainnya. Untuk mengetahui selengkapnya bisa lihat di Lifepal!

Pertanyaan-pertanyaan seputar tabungan berjangka