Cara Daftar Internet Banking BRI dan Aktivasi mToken iBank BRI

Cara daftar internet banking BRI atau iBank BRI

Banyak orang malas daftar internet banking BRI karena belum tahu caranya. Bagaimana ya cara daftar internet banking BRI atau iBank BRI?

Sebenarnya, cara daftar internet banking BRI atau iBank BRI gak ribet lho. Kamu juga bakal rugi kalau sampai gak punya akun internet banking, padahal smartphone udah canggih, tapi kok masih aja transfer lewat ATM?

Seperti kita tahu, internet banking memudahkan urusan terkait transaksi perbankan.

Internet banking bikin para nasabah perbankan bisa menghemat waktu. Mereka gak perlu lagi repot-repot cari ATM atau bank buat transfer dana.

Sebenarnya, gak ada alasan sih buat gak menggunakan internet banking. Apalagi hampir semua bank, termasuk BRI, udah menyediakan fasilitas ini. Jadi, tinggal didaftarkan aja, terus digunakan deh.

Kelihatannya sih gampang, tapi rupanya masih banyak yang bingung lho bagaimana cara daftar internet banking BRI atau iBank BRI.

Nah, buat kamu yang kebetulan nasabah BRI, ulasan kali ini bakal bantu kamu melakukan cara daftar internet banking BRI. Yuk, disimak!

Cara daftar Internet Banking BRI

Membuat akun Internet Banking BRI atau iBank BRI itu mudah dan tak akan menyita waktu seharian penuh. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Masukkan kartu ATM ke mesin dan masukkan PIN.
  • Pilih Transaksi Lain.
  • Pilih Lainnya.
  • Pilih Menu Registrasi.
  • Pilih Internet Banking.
  • Masukkan PIN yang digunakan sebagai Password Internet Banking BRI.
  • Masukkan kembali PIN yang udah di-input sebelumnya.
  • Setelah itu, muncul notifikasi kalau Registrasi Internet Banking BRI berhasil dilakukan beserta User ID yang digunakan buat Login.
  • Struk yang berisi User ID bakal keluar dari mesin ATM.

Setelah semua langkah itu dilakukan, kamu selanjutnya melakukan aktivasi di ib.bri.co.id. Kamu juga bisa melakukannya dengan install aplikasi BRI Mobile.

Lebih gampang dan lebih jelas kalau melakukan aktivasi di customer service yang berada di kantor cabang Bank BRI. Buat melakukan aktivasi tersebut, kamu cuma perlu membawa kartu ATM dan KTP.

Syarat daftar internet banking BRI dan aktivasi

  • Membawa rekening tabungan BRI.
  • Menunjukkan identitas diri semisal KTP, SIM, Paspor, KIMS.
  • Isi Formulir Aplikasi Internet Banking di Kantor Cabang BRI.
  • Punya nomor handphone dari provider yang bekerja sama dengan BRI semisal Telkomsel, Indosat, atau XL.
  • Punya alamat email yang aktif digunakan.

Semua syarat itu dibawa nanti ketika memulai cara daftar internet banking BRI di kantor cabang.

Namun, sebelum melakukan itu, kamu bisa mendaftar akun iBank BRI terlebih dahulu di ATM BRI. Tujuannya adalah supaya kamu mendapatkan User ID.

Sementara mendaftarkan diri lagi di kantor cabang BRI itu dimaksudkan agar nasabah dapat melakukan transaksi final lewat BRI iBank.

Cara aktivasi mToken BRI

Biar makin aman dalam menggunakan iBank BRI, ada baiknya kamu juga melakukan aktivasi mToken BRI. Apa itu mToken BRI?

mToken BRI adalah pengaman tambahan untuk setiap transaksi keuangan, dari transfer dana, pembayaran tagihan, pembelian, serta ubah password dan alamat email.

Aktivasi mToken BRI bisa dilakukan setelah nasabah melakukan registrasi mToken di kantor cabang BRI.

Berikut ini cara aktivasi mToken BRI.

  • Login Internet Banking BRI.
  • Kemudian pilih Aktivasi mToken.
  • Nantinya muncul kolom Email dan Password buat diisi.
  • Lalu pilih Kirim.
  • Pesan SMS dari 3300 bakal muncul di HP yang berisi kode aktivasi mToken BRI.
  • Masukkan kode tersebut.
  • SMS konfirmasi dikirimkan.
  • mToken BRI pun telah aktif.

Fitur BRI Internet Banking

Berikut ini beberapa fitur yang bisa dari fasilitas iBank BRI.

  • Informasi Rekening: cek informasi saldo tabungan, deposito, dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) serta melakukan mutasi rekening.
  • Transfer Dana: melakukan transfer ke sesama BRI, antarbank, dan RTGS.
  • Pembayaran dan Pembelian: melakukan pembayaran tagihan, seperti telepon, kartu kredit, ataupun listrik, hingga pembelian pulsa dan uang elektronik.
  • Daftar Pembayaran Pelayanan Nasabah: memuat pesan masuk, pesan yang telah dikirim, buat pesan baru, ubah password, ubah alamat email, catatan aktivitas, transfer dana, dan pembayaran tagihan.
  • Komunikasi dengan Customer Service BRI lewat Inbox Internet Banking.
  • Bayar premi asuransi, termasuk asuransi BRI Life.
  • mToken: melakuan permintaan mToken.

Bank Rakyat Indonesia(BRI) bukan cuma menawarkan layanan simpanan dan pinjaman. Bank BRI juga menawarkan layanan proteksi keuangan dalam bentuk asuransi BRI Life yang punya manfaat ekstra, antara lain:

  • uang pertanggungan mencapai 150 persen dari premi yang dibayarkan,
  • manfaat tambahan perlindungan dari 49 penyakit kritis,
  • gratis biaya medical check up,
  • santunan rawat inap di rumah sakit karena sakit atau kecelakaan sebesar Rp100 ribu per hari,
  • dan masih banyak benefit asuransi BRI Life lainnya yang menguntungkan.

Setiap kamu melakukan transaksi nantinya dikirimi SMS mToken. Pengiriman SMS ini bakal dikenakan biaya yang dipotong dari pulsa handphone.

Keunggulan iBank BRI

Kamu yang memiliki iBank BRI tentu telah mempertimbangkan segudang manfaat yang ditawarkan. Nah, selain manfaat yang telah disebutkan tadi, ada beberapa keunggulan yang ditawarkan iBank BRI.

  1. Mudah karena kamu cuma perlu melakukan registrasi iBank BRI di di ATM atau registrasi mTOKEN di customer service KCP BRI.
  2. Gampang digunakan karena kamu gak perlu baca buku manual untuk menggunakan fitur-fitur yang tersedia.
  3. Memudahkan pengguna melakukan transaksi perbankan di mana saja.
  4. Keamanan berlapis karena menerapkan teknologi kriptografi seperti penggunaan enkripsi dengan menggunakan Secure Socket Layer atau SSL yang akan mengacak dan menyandikan data transaksi.

Selain empat poin di atas, iBank BRI dilengkapi dengan mTOKEN sebagai kode pengaman tambahan yang diberikan kepada pengguna untuk dapat melakukan transaksi keuangan.

mTOKEN dikirim melalui SMS setelah pengguna melakukan permintaan mTOKEN.

Tips menggunakan layanan BRI Internet Banking

Meski punya proteksi berlapis, bertransaksi perbankan secara online tetap harus waspada. Hingga kini masih ada oknum dan peretas yang tidak bertanggung jawab bisa mengambil uang dari rekening kamu.

Lakukan tips berikut ini untuk menggunakan layanan iBank BRI secara aman.

  1. Akses layanan BRI Internet Banking hanya pada situs resmi BRI yaitu ib.bri.co.id.
  2. Jaga kerahasiaan password dan User ID BRI kamu.
  3. Jangan simpan password kamu secara otomatis di laptop atau gawai lainnya.
  4. Pastikan ganti password berkala dan jangan sampai lupa, ya!
  5. Jangan login lewat jaringan atau koneksi WiFi umum.
  6. Jika menemukan transaksi mencurigakan dan hal lainnya hubungi call center BRI di 14017 atau 1500017.

BRI Internet Banking melayani pembukaan deposito

Selain keunggulan yang disebutkan tadi, ada salah satu kemudahan yang diberikan yaitu pembukaan deposito secara online. Buat kamu yang ingin simpan uang di deposito lewat iBank BRI, simak yuk penjelasannya berikut ini.

Syarat dan ketentuan membuka deposito lewat BRI Internet Banking

  • Nominal penempatan untuk setiap rekening deposito mulai Rp5 juta – Rp100 juta.
  • Saldo minimum Rp100 ribu.
  • Jangka waktu penempatan deposito 1 dan 3 bulan dengan perpanjangan otomatis.
  • Rekening sumber dana pembukaan rekening deposito harus berasal dari Rekening Tabungan/Giro BRI.
  • Rekening deposito yang dibuka melalui Internet Banking tidak dapat dijadikan sebagai jaminan kredit (cash collateral).
  • Rekening Deposito yang dibuka melalui Internet Banking menggunakan suku bunga counter (nonnegosiasi).
  • Suku bunga Deposito pada saat perpanjangan otomatis, menggunakan suku bunga counter yang berlaku pada saat itu.
  • Rekening Tabungan/Giro Joint Account dapat digunakan sebagai rekening sumber dana pembukaan Deposito melalui Internet Banking.
  • Terdapat syarat dan ketentuan lain yang harus kamu baca sebelum membuka deposito lewat iBank BRI.

Tahapan membuka deposito lewat Internet Banking BRI

Kalau udah penuhi syarat, tahapannya mudah kok. Simak ya!

  • Klik menu “Layanan”  
  • Klik sub menu “Pembukaan Deposito”  
  • Klik telah menyetujui “syarat dan ketentuan pembukaan deposito”  
  • Pilih salah satu rekening sumber  
  • Masukkan nominal pokok deposito  
  • Pilih salah satu jangka waktu  
  • Pilih tipe perpanjangan deposito  
  • Masukkan password dan kode mToken  
  • Proses pembuatan rekening deposito selesai  
  • Klik sub menu “status deposito” untuk melihat status pembuatan rekening deposito.

Sulit merealisasikan tabungan dalam jumlah besar? Jangan khawatir! Pandulah dirimu untuk konsisten menabung tiap bulannya agar mencapai nilai tabungan dalam jumlah tertentu.

Gunakan Kalkulator Menabung Bulanan di bawah ini untuk memandumu menabung dengan jumlah dana yang pasti setiap bulannya.

Buat kamu yang mau tahu lebih banyak tentang tabungan dan topik keuangan lainnya? Lihat pertanyaan populer seputar tabungan dan topik keuangan lainnya di Tanya Lifepal.

Tanya jawab seputar cara daftar internet banking BRI

Bisakah cara daftar internet banking BRI lewat hp?

Cara daftar internet banking BRI lewat handphone (HP) saat ini belum bisa dilakukan. Pasalnya, kamu tetap harus melakukan registrasi di ATM BRI untuk mendapatkan User ID dan password yang digunakan sebagai akses ke aplikasi BRI.

Bagaimana cara mengetahui user ID BRI?

Salah satu cara mengetahui user ID BRI jika kamu lupa adalah mendatangi kantor cabang BRI. Tanyakan ke bagian customer service. Ingat untuk membawa buku tabungan, kartu ATM, KTP, dan nomor hp yang aktif dan terdaftar di BRI.

Apa bedanya mobile banking dan internet banking BRI?

Perbedaan mobile banking dan BRI iBank terletak pada fitur dan fasilitas yang disediakan untuk bertransaksi perbankan. Layanan BRI iBank dilakukan melalui mTOKEN di laman resmi yaitu ib.bri.co.id. Mobile banking BRI hanya bisa diakses lewat aplikasi yang diunduh ke smartphone kamu.

Adakah biaya saat melakukan cara daftar internet banking BRI?

Tidak ada biaya sama sekali selama pendaftaran akun iBank BRI.

Bisakah mendaftarkan akun iBank BRI tanpa harus ke bank?

Bisa saja, tapi fungsinya terbatas cuma untuk cek saldo dan cek mutasi rekening. Untuk penggunaan fitur sepenuhnya, pengaktifannya harus di bank.

Adakah biaya dalam penggunaan iBank BRI?

Tentu saja kamu akan dibebankan biaya penggunaan internet atau paket data. Sementara aktivitas cek saldo dan cek mutasi tidak dikenakan biaya, kecuali transfer uang ke rekening lain.

Bisakah mengganti nomor handphone yang terdaftar untuk mToken BRI?

Bisa. Caranya menghubungi call center BRI di nomor 14017 atau (021) 1500 017 untuk meminta penggantian nomor.

Bagaimana caranya bisa login di BRI iBank?

Ada dua cara: buka ib.bri.co.id dan aplikasi BRI Mobile.

Bisakah menggunakan iBank BRI saat di luar negeri?

Tentu saja bisa. Selama kartu yang digunakan masih aktif di negara di mana pengguna BRI iBank berada.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →