Keunggulan Transportasi Laut dan Asuransi Rangka Kapal

Sebagai negara kepulauan, salah satu alat transportasi massal yang diandalkan oleh masyarakat Indonesia adalah kapal. 

Kapal yang melintasi perairan di Indonesia amat beragam dan disesuaikan dengan jenis perairannya. Misalnya untuk melintasi sungai dan danau, maka yang diperlukan adalah jenis kapal seperti sampan, kapal mesin, perahu kecil atau boat. Sementara untuk jenis kapal yang melintasi perairan luas atau laut adalah kapal feri, kapal tongkang, kapal ro-ro, hingga kapal kontainer.

Industri pelayaran nasional menjadi salah satu sektor yang strategis. Kita tidak asing dengan kata-kata Tol Laut yang merupakan program dari Presiden Joko Widodo.

Tol laut diusung sebagai program kerja Presiden untuk mengedepankan penggunaan transportasi laut dengan kapal, dalam rangka mendistribusikan logistik. Tujuannya untuk menggerakkan roda perekonomian secara efisien dan merata.

Saat ini di Indonesia pelayaran memiliki dua jenis, yakni: pelayaran niaga yang sifatnya komersial dan pelayaran nonniaga yang berkaitan dengan pemerintah dan bela negara.

Jenis-Jenis Kapal

Kapal memiliki banyak kriteria yang disesuaikan dengan medan tempuh dan kegunaannya. Klasifikasi kapal terbilang luas dan mencakup banyak kriteria. Berikut jenis-jenis kapal saat ini.

  1. Kapal layar, yaitu kapal besar yang memanfaatkan tenaga angin sebagai pendorongnya. 
  2. Kapal uap, yaitu kapal yang tenaga penggeraknya menggunakan uap. Saat ini, sejumlah kapal uap digunakan di beberapa negara untuk kepentingan wisata sebagai transportasi penumpang.
  3. Kapal diesel. Sebagaimana menggunakan mesin turbin, maka kapal ini lebih cepat dan melintas. Saat ini, kapal diesel telah menggantikan fungsi dari kapal uap untuk mengangkut barang dan penumpang.
  4.  Kapal selam. Kapal ini bergerak di bawah permukaan air dan umumnya digunakan untuk tujuan serta kepentingan militer atau ilmu pengetahuan laut. Kapal ini dirancang untuk melakukan penyelaman yang tidak dapat dijangkau manusia.

Keunggulan transportasi laut 

Transportasi laut kerap dipilih masyarakat untuk berpindah tempat atau mengantarkan barang. Selain harganya yang lebih ekonomis dibandingkan menggunakan transportasi udara, muatan barang menggunakan transportasi laut lebih banyak.

Berikut keunggulan lain menggunakan transportasi laut:

  • Menjangkau daerah pedalaman sehingga menjadi transportasi utama 
  • Tidak memerlukan biaya besar dalam membangun infrastruktur
  • Mampu mengangkut volume besar
  • Penggunaan bahan bakar efisien

Selain itu, ada pula kekurangan dari transportasi laut seperti:

  • Bergantung pada kondisi alam
  • Tingkat kenyamanan rendah
  • Investasi besar untuk kapal baru
  • Kecepatan jarak tempuh terbilang lama.

Prasarana transportasi laut

Sebagai kendaraan pengangkut penumpang, tentu kapal harus memiliki sarana dan prasarana yang mendukung operasionalnya. Pembangunan sarana dan prasarana transportasi bukan hanya untuk keberlangsungan transportasi tersebut. Tapi juga mampu membawa efek lain bagi perekonomian. 

Berikut sejumlah prasarana yang mendukung transportasi laut:

  1. Pelabuhan.

Adalah fasilitas transportasi laut yang fungsinya untuk menerima kapal, dan memindahkan barang kargo atau penumpang. Pelabuhan merupakan suatu pintu gerbang untuk masuk ke suatu daerah tertentu.

Fungsi pelabuhan juga sebagai penghubung antardaerah, pulau, dan negara. Sekaligus menjadi pusat perekonomian sebuah daerah. 

Berikut sejumlah fasilitas yang terdapat di pelabuhan.

  • Dermaga: tempat kapal bertambat untuk bongkar muat barang
  • Crane: alat untuk kegiatan bongkar muat barang
  • Transito: tempat menyimpan muatan dari kapal atau yang akan dipindahkan ke kapal
  1. Galangan kapal.

Tempat untuk memperbaiki dan membuat kapal. Galangan kapal hanya jenis kapal tertentu saja yang bersandar seperti kapal pesiar atau yacht, armada militer, cruise line.

Asuransi Rangka Kapal

Transportasi laut termasuk jenis yang berisiko terjadi kecelakaan atau kerusakan saat berlayar. Maka, diperlukan untuk melindungi risiko dan mengurangi kerugian yang terjadi atas peristiwa tersebut, lewat asuransi rangka kapal. 

Asuransi rangka kapal adalah produk asuransi yang menjamin kerugian atau kerusakan kapal laut. Termasuk juga rangka, mesin, dan atau peralatannya.

Perlindungan diberikan ketika kapal menghadapi bahaya di laut seperti cuaca buruk, tabrakan, kandas, terdampar, tenggelam, tabrakan, risiko kebakaran, ledakan, pembajakan, pembuangan barang ke laut, tabrakan, hingga kelalaian nakhoda.

Apa saja keuntungan memiliki asuransi rangka kapal? Manfaat asuransi pada dasarnya adalah memberi proteksi finansial, sebagaimana asuransi rangka kapal memberikan perlindungan rangka kapal dari kerugian finansial akibat kerusakan atas peristiwa yang telah dijabarkan di atas.

Salah satu perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi rangka kapal adalah:

Persyaratan asuransi rangka kapal

Saat membeli asuransi rangka kapal, ada sejumlah syarat-syarat khusus untuk pengangkutan dengan jenis kapal komersial, seperti kapal tongkang, LCT, kapal kayu, dan kapal besi. Berikut perinciannya:

  1. Untuk mengangkut kargo Alat-2 Berat, ada keharusan dilakukan survey oleh IMS (independen marine surveyor) terlebih dahulu. 
  2. Untuk selain alat berat jika nilai pertanggungan kargo di atas Rp500 juta, maka harus ada survey IMS.

Klaim asuransi kapal

Pemilik yang ingin mengajukan klaim atas kerusakan dan kerugian yang menimpa kapalnya wajib menyediakan sejumlah dokumen agar dapat diterima oleh perusahaan asuransi sesuai persyaratan dan ketentuannya. Pada berikut dokumen yang harus disiapkan.

  1. Sertifikat kapal.
  2. Surat pengajuan klaim secara tertulis.
  3. Formulir klaim.
  4. Polis asuransi.
  5. Berita acara kronologis kejadian.
  6. Estimasi rincian biaya kerugian.
  7. Laporan kecelakaan kapal.
  8. Surat izin berlayar dari pihak syahbandar.
  9. Laporan cuaca saat kejadian.
  10. Foto dokumentasi yang berhubungan dengan kerusakan atau kejadian. 

Sekian informasi jenis kapal, keunggulannya sebagai alat transportasi hingga perlindungan yang dapat diberikan untuk kapal. Untuk mendapatkan informasi tentang produk asuransi yang manfaat yang tepat untuk diri kita dan perusahaan lainnya, jangan ragu untuk mengunjungi .

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →