Kilas Balik Karier Cristiano Ronaldo hingga Menjadi Atlet Tersukses

cristiano ronaldo di juventus

Siapa yang gak kenal pesepakbola Cristiano Ronaldo? Pria berusia 34 tahun ini bisa dibilang salah satu atlet paling sukses saat ini. 

Berkat kepiawaian mengolah si kulit bundar, ia telah diganjar beragam prestasi. Gelar pemain terbaik di dunia sudah berkali-kali ia menangkan. Trofi-trofi bergengsi saat membela tim-tim besar juga telah ia raih. 

Puncak kesuksesannya adalah ketika CR7 berseragam Real Madrid. Selama sembilan musim ia bermain di sana, ia berhasil menyumbang 15 trofi. Pemain asal Portugal ini juga menyandang gelar top skorer terbanyak sepanjang sejarah Real Madrid, dengan perolehan 450 gol dari 438 laga. 

Prestasi cemerlang juga membuatnya menjadi atlet yang tajir, dengan kekayaan yang ditaksir mencapai US$ 450 juta atau Rp 6,3 triliunan. 

Tapi sebelum mencapai kesuksesan itu, jalan yang panjang dan berliku pernah ditempuh Cristiano Ronaldo. Simak perjalanan kariernya hingga sesukses sekarang! 

Baca juga: Gantikan Blackpink, Shopee Gaet Cristiano Ronaldo Sebagai Brand Ambassador

1. Memulai karier dari klub kecil Andorinha 

cristiano ronaldo di juventus
Dulu di klub kecil, kini di Juventus usai bela sejumlah raksasa lainnya. (Instagram/@cristiano)

Cristiano Ronaldo lahir di Madeira, Portugal pada 5 Februari 1985. Sejak kecil kecintaannya terhadap sepakbola sudah terlihat. Karena ia berasal dari keluarga yang terbilang miskin, bermain sepakbola jalanan adalah satu-satunya hiburannya semasa kecil. 

Sampai akhirnya di usia delapan tahun, ia bergabung ke klub lokal Andorinha, klub di mana ayahnya bekerja. Di sana ia bermain untuk klub junior selama dua tahun atau sampai umurnya 10 tahun. 

Talentanya kemudian dilirik oleh klub terbesar di Madeira, Nacional. Selama tiga musim ia bermain untuk klub junior Nacional sebelum dipinang oleh Sporting Lisbon. 

Baca juga: Nginap di Hotel Mewah Cristiano Ronaldo dan Messi, dari Rp 1,4 Juta Sampai Rp 9 Juta!

2. Kontrak pertamanya bersama Sporting Lisbon senilai 1.500 Pound sterling 

Cristiano ronaldo saat bela portugal di piala uefa
Saat bantu Portugal rebut trofi UEFA Nations League 2019. (Instagram/@cristiano)

Karier profesionalnya mulai dibangun ketika usia 13 tahun. Kala itu ia menandatangani kontrak dengan Sporting Lisbon dengan nilai 1.500 pound sterling atau Rp 26 jutaan. 

Selama di sinilah ia dilatih untuk menjadi pemain yang lebih profesional lagi. CR7 dilatih di sekolah sepakbola Alcochete, salah satu sekolah sepakbola terbaik di dunia. 

Baca juga: Harta Triliunan, Ternyata Begini 6 Cara Cristiano Ronaldo Ngabisin Duit

3. Masuk ke U-17 Portugal

Cristiano ronaldo bersama timnas portugal
Berpose bersama rekan-rekannya di timnas Portugal. (Instagram/@cristiano)

Berkat kepiawaiannya, kemudian ia dipercaya mampu membangkitkan prestasi sepakbola Portugal. Oleh karenanya pada saat usianya belum menginjak 17 tahun, ia dipercaya untuk menjadi pemain timnas dan mengikuti World Cup U-17. Setahun kemudian ia masuk ke dalam skuat senior utama Portugal. 

4. Dikontrak Manchester United senilai 12 juta pound sterling 

Cristiano ronaldo di Manchester united
Berkunjung ke Old Trafford, stadionnya saat membela Setan Merah. (Instagram/@cristiano)

Akselerasi dan ketangkasannya mulai dilirik klub-klub di luar Portugal, salah satunya Manchester United. Sir Alex Ferguson, pelatih MU saat itu berhasil memboyongnya pada tahun 2003 dengan nilai kontrak 12 juta pound sterling atau Rp 215 miliaran. 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Nilai tersebut menjadikannya sebagai pemain remaja termahal dalam sejarah sepakbola Inggris. Pilihan Sir Alex tak salah, Cristiano Ronaldo memberikan performa terbaiknya bersama Setan Merah. 

Trofi bergengsi telah disumbangkannya, dari juara Liga Primer sampai Liga Champions. Ia pun menjadi pemain terbaik Liga Premier musim 2008 silam. 

5. Kesuksesannya semakin memuncak kala membela Real Madrid 

Cristiano ronaldo di real madrid
Kala merebut Piala Champion bersama Real Madrid. (Instagram/@cristiano)

Tahun 2009, klub raksasa Real Madrid meminangnya dengan nilai kontrak yang fantastis, 80 juta pound sterling atau Rp 1,4 triliunan. Sejak saat itulah ia bertransformasi menjadi atlet paling sukses dengan torehan rekor yang membanggakan. 

Salah satunya adalah mengoleksi 4 trofi Liga Champions, dan menyumbangkan 450 gol dalam 438 laga. Total, ia membawa pulang 16 trofi ke Santiago Bernabeu selama 9 tahun. 

6. Memenangkan gelar pemain terbaik dunia sebanyak 5 kali. 

ballon d'or cristiano ronaldo
Ronaldo rebut Ballon d’Or sebanyak lima kali. (Instagram/@cristiano)

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi saling berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik. Mereka berdua sudah berkali-kali beradu menjadi kandidat kuat pemain terbaik dalam penghargaan Ballon d’Or. 

Namun, Ronaldo lebih unggul, ia berhasil memenangkannya sebanyak lima kali! 

7. Hijrah ke raksasa Italia, Juventus 

tendangan saldo Cristiano Ronaldo
Bicycle kick Ronaldo saat berjersey Juventus. (Instagram/@cristiano)

Pada tahun 2018 silam, Cristiano Ronaldo memutuskan untuk pindah ke klub raksasa asal Italia, Juventus. Rumornya sih ia pindah karena mengalami perselisihan dengan Presiden Real Madrid, Florentino Perez. 

Sang megabintang direkrut Juve dengan nilai transfer 100 juta euro atau Rp 1,7 triliunan. Angka ini tentu sangat murah untuk pemain sekelas Ronaldo, mengingat Neymar saja bisa dibayar 222 juta euro saat pindah ke PSG. 

Itulah kisah perjalanan panjang Cristiano Ronaldo di dunia sepakbola. Kini ia tengah menikmati masa emasnya bersama Juventus sembari mengurusi bisnis-bisnisnya seperti penginapan dan juga fesyen. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →