Jadi Kabareskrim Polri, Ini Karier Moncer Irjen Listyo Sigit Prabowo Mantan Ajudan Jokowi

irjen listyo sigit prabowo

irjen listyo sigit prabowo

Kapolri Idham Azim resmi menunjuk Irjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri. Kursi tersebut hangat diperbincangkan oleh media Tanah Air karena sempat kosong selama beberapa waktu.

“Iya benar, sebagai penyegaran dalam organisasi,” terang Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Argo Yuwono kepada media beberapa waktu lalu, mengutip dari CNN Indonesia.

Acara serah terima jabatan langsung dipimpin oleh Kapolri di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan pada tanggal 16 Desember 2019 kemarin. Posisi Kadiv Propam Polri yang sebelumnya diisi oleh Irjen Listyo Sigit Prabowo bakal digantikan oleh Brigjen Ignasius Sigit Widiatmono.

Nah, ternyata di balik posisi strategis Listyo Sigit Prabowo sebagai Kabareskrim, pria yang lahir tanggal 5 Mei 1969 di Ambon, Maluku ini memiliki jenjang pendidikan dan karier yang terbilang moncer lho. Daripada berlama-lama lagi mending kita simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Baca juga: Jeep Rubicon hingga Yamaha Mio, Ini Kendaraan Pribadi Bupati Karanganyar Senilai Rp 423 Juta

Irjen Listyo Sigit Prabowo merupakan lulusan Akademi Kepolisian dan Universitas Indonesia

Laki-laki berzodiak Taurus ini memiliki jenjang pendidikan yang terbilang mulus dan cemerlang. Pada tahun 1991 ia menyelesaikan pendidikan di Akademi Kepolisian di daerah Semarang, Jawa Tengah.

Gak berhenti sampai di situ, Listyo Sigit melanjutkan jenjang Strata 2 di kampus ternama Tanah Air yakni Universitas Indonesia. Uniknya, tesis yang digunakan sebagai syarat kelulusan mengambil tema tentang penanganan konflik etnis di Kalijodo yang kita ketahui dulu sempat viral diperbincangkan.

Melihat latar belakang pendidikannya tersebut, gak berlebihan kalau ia berhasil menjadi Kabareskrim yang punya peran penting di tubuh Polri ya!

Baca juga: Bikin Menko Luhut Emosi, Segini Kekayaan Anggota DPR Andre Rosiade

Memulai karier kepolisiannya di daerah Jawa Tengah

Irjen Listyo Sigit Prabowo mengawali kariernya di institusi Polri wilayah Jawa Tengah. Ia tercatat sempat menjadi Kapolres Pati. Lalu selanjutnya menjadi Wakapoltabes Semarang dan Kapolres Solo.

Untuk jabatan lain yang pernah ia emban bisa dilihat dalam tabel berikut ini.

Jabatan
Kepala Bagian Pengendalian Personel Biro Personel Polda Metro Jaya
Kepala Kepolisian Resor Pati
Kepala Kepolisian Resor Sukoharjo
Wakil Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Semarang
Kepala Kepolisian Resor Kota Surakarta
Kasubdit II Dittipidum Bareskrim Polri
Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Tenggara
Ajudan Presiden RI (2014)
Kepala Kepolisian Daerah Banten
Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri
Kepala Badan Reserse Kriminal Polri

Nah itulah sedikit gambaran tentang jenjang karier Listyo di tubuh Kepolisian Republik Indonesia. Dari tabel tersebut ada hal unik yang gak semua perwira Polisi bisa duduki, apa itu? Yuk kita simak di poin selanjutnya.

Baca juga: Punya Harley Davidson dan Alphard, Kekayaan Pasha Ungu Tembus Rp 16 M Lho!

Pada tahun 2014 Irjen Listyo Sigit Prabowo sempat menjadi ajudan Jokowi

irjen listyo sigit prabowo
Saat menjadi ajudan Jokowi. (Tempo)

Siapa sangka kalau Listyo Sigit sempat menjadi ajudan Jokowi pada tahun 2014 yang lalu setelah dilantik menjadi Presiden. Tepatnya, ia diangkat pada tanggal 27 Oktober 2014.

Posisi tersebut bisa dikatakan cukup istimewa karena gak semua pejabat polisi berpangkat tinggi mendapatkan kesempatan yang serupa.

Listyo Sigit Prabowo memiliki PR menuntaskan kasus Novel Baswedan

irjen listyo sigit prabowo
Irjen Listyo. (Tempo)

Dengan terpilihnya Irjen Listyo sebagai Kabareskrim, banyak pihak mengharapkan dirinya bisa menyelesaikan kasus penyiraman air keras kepada anggota KPK yakni Novel Baswedan.

“Tentunya menyelesaikan PR kita yang tentunya ditunggu oleh rekan-rekan (wartawan) semua, di mana kemudian dari tim teknis terkait dengan masalah Novel Baswedan, tentunya akan segera kita konsolidasikan,” tambahnya, mengutip dari Detik.

Nah itulah sedikit ulasan soal karier moncer yang dimiliki oleh Kabareskrim Irjen Listyo Sigit Prabowo. Semoga ke depannya beliau bisa mencatatkan prestasi yang lebih baik ya! (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis