Jenis-Jenis Kartu Debit BNI, Mulai dari Biaya Administrasi Rp 4.000 – Rp 10 Ribu

Kartu Debit BNI

Pilihlah kartu debit BNI sesuai dengan kebutuhanmu. Sebab Bank Negara Indonesia atau BNI menawarkan bermacam-macam kartu debit. Mulai dari kartu debit Silver, Gold, hingga Platinum.

Pastinya ketiga kartu debit tersebut punya perbedaan masing-masing. Perbedaan yang jelas terlihat sih di besaran biaya yang dipatok di tiap-tiap kartu.

Supaya kamu jangan sampai salah pilih, ada baiknya mencari tahu lebih jauh mengenai profil dan biaya-biaya di tiap-tiap debit BNI. Nah, Lifepal udah bikin ulasannya nih buat kamu. Yuk, disimak.

Apa itu kartu debit BNI? Ini kata Bank BNI

kartu debit bni dan aplikasi bni
BNI memberikan fasilitas kartu debit untuk semua nasabahnya. (Shutterstock)

Menurut bank penerbitnya dalam hal ini Bank BNI, kartu debit BNI adalah salah satu fasilitas buat semua nasabah BNI yang punya rekening BNI Taplus dan Taplus Bisnis. 

Kartu debit pada dasarnya disediakan bank dengan fungsi, yaitu memberi kemudahan buat nasabah dalam bertransaksi secara nontunai. Fungsi kartu debit itulah yang bikin kegiatan transaksi menjadi lebih simpel dan praktis.

Enaknya lagi karena Bank BNI masuk dalam Himpunan Bank Negara (Himbara), nasabah BNI dapat menggunakan kartu debit miliknya buat transaksi di ATM Link (memiliki logo Link yang tertempel di mesin).

Nah, ATM Link adalah mesin anjungan tunai mandiri yang dimiliki empat bank negara (Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN) yang tergabung dalam Himbara. Sejauh ini, ada 53 ribu ATM Link yang tersebar di seluruh Indonesia.

Ada kartu debit dan ada kartu ATM BNI, apakah keduanya berbeda? Kartu ATM BNI yang selama ini diterima nasabah pada dasarnya sama dengan debit BNI. 

Karena kartu debit dan kartu ATM BNI itu sama, itu berarti keduanya bisa digunakan buat transaksi, baik lewat mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) maupun mesin Electronic Data Capture (EDC).

Segini lho besaran-besaran biaya debit BNI Mastercard

Kartu Debit BNI Mastercards
Debit BNI Mastercards (Instagram).

Seperti yang disinggung di atas, biaya yang dikenakan pada debit BNI Silver gak sama dengan debit BNI Gold. Begitu juga dengan limit-limit yang disediakan. Tiap-tiap kartu punya limit yang berbeda-beda.

Buat lebih jelasnya, kamu bisa cari tahu lebih lanjut di ulasan berikut ini. Langsung aja yuk disimak.

1. Kartu debit BNI Silver

Kalau kamu gak mau dikenakan biaya bulanan kartu yang mahal, pilih aja debit BNI Silver ini. Kartu BNI Silver mematok biaya sebesar Rp 4.000 per bulan. Dengan biayanya yang murah tersebut, tentu aja kamu gak bisa berharap kartu ini kayak kartu BNI Gold atau Platinum.

Berikut ini adalah daftar biaya yang dikenakan dalam debit BNI Silver.

Kartu debit BNI Silver
Biaya administrasi bulanan Rp 4.000
Limit tarik tunai di ATM Rp 5 juta
Limit transfer antar rekening Rp 50 juta
Limit transfer antar bank Rp 10 juta
Transaksi belanja Rp 10 juta
Denda tunggakan biaya admin Rp 10 ribu

2. Kartu debit BNI Gold

Biaya administrasi debit BNI Gold lebih besar dibandingkan dengan BNI Silver, yaitu Rp 7.500 per bulan. Dengan biaya yang lebih besar, ada beberapa keuntungan dari segi biaya yang diperoleh pengguna kartu debit ini.

Berikut ini adalah daftar biaya yang dikenakan dalam debit BNI Gold.

Kartu debit BNI Gold
Biaya administrasi bulanan Rp 7.500
Limit tarik tunai di ATM Rp 10 juta
Limit transfer antar rekening Rp 100 juta
Limit transfer antar bank Rp 15 juta
Transaksi belanja Rp 50 juta
Denda tunggakan biaya admin Rp 10 ribu

3. Kartu debit BNI Platinum

Dibanding kedua debit BNI yang telah diterangkan di atas, kartu debit BNI Platinum memiliki biaya administrasi yang lebih besar, yaitu Rp 10 ribu per bulan. Udah pasti dengan biaya administrasi yang sebesar itu, ada keunggulan-keunggulan yang cuma ada di kartu ini.

Berikut ini adalah daftar biaya yang dikenakan dalam debit BNI Gold.

Kartu debit BNI Platinum
Biaya administrasi bulanan Rp 10 ribu
Limit tarik tunai di ATM Rp 10 juta
Limit transfer antar rekening Rp 100 juta
Limit transfer antar bank Rp 25 juta
Transaksi belanja Rp 100 juta
Denda tunggakan biaya admin Rp 10 ribu

Karena telah berlakunya Gerbang Pembayaran Nasional atau GPN, Bank BNI juga mulai menyediakan kartu debit BNI GPN. Belum diketahui dengan jelas informasi dari kartu GPN yang disediakan BNI. Cuma yang jelas, biaya administrasi debit BNI GPN sebesar Rp 4.000.

Kartu debit BNI Garuda kasih diskon tiket Garuda Airlines

Kartu debit BNI
Debit BNI semakin memudahkan wisatawan yang mau pelesiran (Instagram).

Selain debit BNI Mastercard silver, gold, dan platinum, Bank BNI juga menawarkan debit BNI Garuda. Keuntungan dari kartu ini adalah si pengguna berhak mendapat mileage yang nantinya bisa digunakan sebagai diskon pembelian tiket pesawat Garuda.

Keistimewaan-keistimewaan lainnya yang diperoleh dari menggunakan kartu BNI Garuda, antara lain:

  • 1.000 Miles Welcome Bonus.
  • 500 Bonus Miles Pembukaan Rekening.
  • Diskon 5 persen baut penukaran Award Ticket.
  • Fast Track GarudaMiles Platinum.
  • Special Check-in line sesuai dengan tier GarudaMiles yang dimiliki.
  • Setiap transaksi sebesar Rp 50,000 atau kelipatannya via POS & EDC di semua toko atau merchant BNI berhak mendapatkan 1 miles.
  • Setiap transaksi sebesar Rp 50,000 atau kelipatannya menggunakan Debit Online atau Virtual Card Number (VCN) di website Garuda Indonesia berhak mendapatkan 1 miles.
  • Setiap transaksi via e-Channel BNI seperti ATM BNI, SMS Banking dan Internet Banking untuk pembayaran tiket Garuda Indonesia akan mendapatkan 1 miles.
  • Cashback Rp 500,000 untuk 20 Top Spender setiap bulan.
  • Benefit GarudaMiles sesuai dengan tier yang dimiliki.

Apa aja syarat-syarat bikin kartu debit BNI Garuda?

  • Buka rekening BNI Taplus.
  • Kemudian kamu ganti kartu debit lamamu dengan membawa asli buku tabungan, kartu identitas diri dan Kartu BNI lama.
  • Lakukan setoran awal Rp 500 ribu dan isi formulir aplikasi.
  • Kemudian kamu diminta bayar biaya kartu perdana sebesar Rp 25 ribu.

Sebagai informasi, kartu BNI Garuda cuma tidak bisa dimiliki member GICC/Garuda Indonesia Citibank Card atau EC+. Lalu, gimana cara mendapat mileage dari kartu BNI Garuda?

Mileage diberikan buat setiap transaksi yang sesuai dengan syarat tertentu. Mileage nantinya dikreditkan ke account GarudaMiles minimal satu minggu sejak tanggal transaksi.

Kartu debit BNI Taplus Muda, berapa biaya dan limitnya?

Kartu Debit BNI Taplus Muda
BNI Taplus Muda

Bank BNI menyediakan produk yang dikhususkan buat mereka yang berusia dari 17 – 35 tahun. Produk tersebut dinamakan BNI Taplus Muda.

Seperti yang diinformasikan di website BNI, kamu bisa membuka rekening BNI Taplus Muda dengan setoran awal minimal Rp 100 ribu. Terus setoran selanjutnya bisa dimulai dari Rp 10 ribu.

Biaya administrasi rekening BNI Taplus muda terbilang murah, yaitu Rp 5.000. Sementara biaya penerbitan awal kartu debitnya yang generik sama sekali gak dikenakan biaya alias gratis.

Berikut ini adalah limit transaksi yang berlaku di debit BNI Taplus Muda.

Kartu debit BNI Taplus Muda
Limit tarik tunai di ATM Rp 5 juta
Limit transfer antar rekening Rp 10 juta
Limit transfer antar bank Rp 10 juta
Transaksi belanja Rp 10 juta
Denda tunggakan biaya admin Maksimal 3x tunggakan

Ganti kartu debit BNI yang hilang atau tertelan ada biaya, segini besarannya

mesin atm bni
Bagaimana kalau kartu tertelan mesin ATM? (Shutterstock)

Ada aja kejadian yang menyebabkan kamu kehilangan kartumu. Gak melulu gara-gara lupa mencabut kartu kamu selama beberapa menit, namun mesin ATM yang kebetulan error bisa juga mengakibatkan kartu milikmu hilang tertelan.

Seandainya mengalami kejadian buruk tersebut, kamu gak perlu panik. Lakukan pemblokiran kartu dengan menghubungi call center BNI.

Setelah kartu diblokir, kunjungi kantor BNI terdekat agar dilakukan penggantian kartu. Nah, ada biaya yang dikenakan dalam penggantian kartu debit ini. Berikut ini besarannya.

Jenis kartu debit/ATM BNI Biaya penggantian kartu
Kartu BNI Silver Rp 15.000
Kartu BNI Gold Rp 20.000
Kartu BNI Taplus Muda Rp 25.000
Kartu BNI Platinum Rp 25.000

Sampai sini udah tahu kan sekarang berapa besaran biaya dan limit yang berlaku dalam kartu debit BNI? Semoga dengan mengetahui informasi-informasi di atas, kamu jadi lebih tepat dalam memilih kartu debit yang cocok ya. (Editor: Winda Destiana Putri).