Kartu Debit dari 5 Bank Ini Berdesain Lucu, Bikin Pengin Buka Tabungan Lagi Deh

Telah Ditinjau: Avatar Aulia Akbar

Semua masyarakat, pasti mempercayakan kartu debit sebagai sarana tarik tunai maupun bertransaksi belanja. Kartu yang memiliki ukuran standar 85,60 x 53.98 mm ini sangat bermanfaat banget untuk masyarakat. 

Cara membuatnya pun sangat mudah, bikin semua orang kepincut untuk mendapatkannya. Apalagi nih, sekarang banyak perusahaan-perusahaan perbankan yang meluncurkan kartu-kartu debit lucu untuk nasabahnya. 

Apa itu kartu debit? 

Merupakan sebuah kartu yang diluncurkan oleh perusahaan perbankan yang memiliki fungsi sebagai alat pembayaran. Di dalam kartu tersebut terdapat saldo yang besarannya sesuai dengan jumlah tabungan yang dimiliki. 

Selain alat pembayaran, kartu ini juga bisa digunakan untuk menarik uang tunai lewat mesin ATM. Ketika menarik uang di mesin, otomatis saldo di dalam tabungan bakal berkurang sesuai dengan uang tunai yang ditarik. 

Manfaatnya bagi nasabah 

Kartu debit memiliki dua manfaat yang bisa dirasakan oleh penggunanya. Apa saja? 

  • Memudahkan dan mempercepat bertransaksi di mesin ATM. Dengan kartu debit, kamu bisa melakukan penarikan uang, transfer ke rekening lain dengan sangat cepat dan tanpa ribet. 
  • Kartu ini juga memberikan kemudahan dalam bertransaksi belanja di berbagai merchant, tanpa perlu membawa uang tunai. Tinggal gesek ke mesin EDC, masukkan PIN, transaksi berhasil!

Mekanisme penggunaannya untuk berbelanja

Kartu debit bisa digunakan untuk bertransaksi pembelanjaan dengan dua cara, pertama adalah dengan tanda-tangan dan dengan PIN. 

Dengan tanda tangan 

Saat tiba di kasir untuk melakukan pembayaran, kartu kamu akan digesek ke mesin EDC. Setelah digesek, mesin akan melakukan proses verifikasi yang menunjukkan data pengguna kartu dan kecukupan saldo di kartu. 

Setelah proses verifikasi selesai, akan keluar struk transaksi dan kemudian struk tersebut kamu tanda-tangani sebagai bukti pembayaran. 

Dengan menggunakan PIN 

Kartu akan digesek ke mesin EDC saat melakukan transaksi. Lalu kasir akan memintamu memasukkan PIN ATM di mesin EDC. Selesai, struk bukti transaksi akan keluar. 

Bagaimana cara membuat kartu debit? 

Semua perusahaan perbankan pasti telah menyediakan fasilitas kartu debit bagi nasabahnya. Cara untuk mendapatkannya pun mudah, 

  1. Pergi ke perbankan yang kamu inginkan
  2. Sampaikan ke costumer service niat kamu untuk membuka tabungan 
  3. Setelah itu customer service akan memandu kamu untuk memilih tabungan jenis apa yang diinginkan
  4. Mengisi formulir 
  5. Menyerahkan beberapa fotokopi identitas diri
  6. Menyetor sejumlah uang sebagai saldo awal tabungan (beberapa bank tidak lagi mensyaratkan saldo awal) 
  7. Setelah rekening tabungan jadi, kamu bisa mendapatkan kartu debit

[Baca: Kartu Debit Itu Punya Kelebihan dan Kekurangan, Yuk Disimak!]

Kartu-kartu debit berdesain lucu

Kartu debit dan bahkan kartu kredit biasanya punya desain standar. Punya warna dasar yang ‘biasa’ tanpa motif-motif unik.

Nah, gimana kalau ternyata ada kartu debit yang punya motif unik yang berbeda dari biasanya? Bahkan, ada pula kartu debit yang bisa kamu kustom.

Penasaran bank mana aja yang luncurkan kartu debit berdesain lucu tersebut? Yuk, lihat daftarnya berikut ini. Daftar berikut bakal jadi godaan banget buat punya tabungan baru.

1. BCA Tahapan Xpresi

kartu debit
BCA Tahapan Xpresi (Tribunnews)

Tabungan Tahapan Xpresi dari BCA adalah salah satu jenis tabungan yang terkenal dengan desain kartu debitnya yang unik. Di beberapa kantor cabang, kamu bahkan bisa melengkapi kartu tersebut dengan foto kamu.

Desainnya didominasi oleh warna-warna cerah dilengkapi dengan kutipan-kutipan menarik. Duh, kamu pasti suka deh.

Pengin punya kartu ATM dengan desain atraktif dari BCA ini, syarat buka tabungan di sana cukup mudah.

Setoran awal Tahapan Xpresi cuma Rp 50 ribu dengan saldo minimal tertahan Rp 10 ribu aja. Biaya administrasi bulanannya cuma Rp 5 ribu.

2. Bank Mandiri

kartu debit - bank mandiri
Debit Mandiri ASIAN Games (Inilah)

Bank Mandiri di tahun 2018 menerbitkan kartu ATM dengan desain tema Asian Games 2018. Indonesia tahun ini emang jadi tuan rumah Asian Games sehingga Bank Mandiri turut beri dukungan,

Nah, debit tersebut berdesain tiga maskot Asian Games 2018, yaitu Bhin-bhin (Burung Cenderawasih), Kaka (Badak Bercula Satu), dan Rusa Bawean (Atung).

Kartu ATM  ini tersedia dalam jumlah terbatas. Buat kamu yang pengin kartu  edisi ini bisa segera buka tabungan di Bank Mandiri sekarang juga biar gak kehabisan.

[Baca: Ketahui 7 Jenis Tabungan Bank di Indonesia Ini Agar Tak Salah Pilih]

3. BNI Taplus Muda

kartu debit - bank bni taplus muda
Kartu ATM BNI Taplus Muda (Koko Giovanni)

Gak ketinggalan dengan bank lainnya, BNI yang telah berdiri sejak tahun 1946 ini pun ikut berkreasi dengan varian kartu mereka.

Tabungan BNI Taplus Muda merupakan jenis tabungan dari BNI yang menghadirkan kartu ATM bermacam-macam motif. Namun, tabungan ini sesuai namanya diperuntukkan buat mereka yang berusia 15 tahun sampai dengan 25 tahun.

Syarat daftarnya cukup ringan, yaitu setoran minimal Rp 100 ribu. Biaya administrasi rekening BNI Taplus Muda cuma Rp 5 ribu aja.

Bukan cuma BNI Taplus Muda, BNI sebenarnya hadirkan kartu berdesain batik buat tabungan mereka.

4. Bukopin

kartu debit - bank bukopin
Debit Komunitas dari Bukopin (Bukopinku)

Kartu debit Bukopin pun bisa dikustomisasi. Namun, jenis kartu debit yang bisa dikustom adalah kartu debit buat perusahaan.

Jadi, perusahaan atau organisasi yang pengin menampilkan nama perusahaan mereka bisa mengajukan formulir tabungan Bukopin. Nanti, identitas perusahaan bakal ditampilkan di bagian depan kartu debit Bukopin.

[Baca: 8 Tips Biar Tabungan Bisa Nambah Sekian Ratus Ribu Rupiah Tiap Bulan]

5. Bank BTN

kartu debit - btn suka suka
Debit BTN Suka Suka (Blogspot)

Bank BTN hadirkan debit dengan desain yang bisa kamu kustomisasi buat perorangan dan komunitas.

Kamu bisa ajukan kartu dengan desain kamu sendiri melalui KartuSukaSuka.btn.co.id. Kamu bisa desain kartu tersebut dengan foto kamu sendiri atau desain sendiri.

Syaratnya kamu terlebih dahulu punya tabungan BTN pastinya.

Kamu udah punya atau belum salah satu tabungan dengan kartu debit lucu di atas? Yuk, segera ajukan formulir tabungannya sekarang juga.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →