5 Kartu Kredit Khusus Orang Kaya, Ini Syarat-Syaratnya

kartu kredit orang kaya

Melemahnya rupiah hingga tembus di angka Rp15 ribu, beberapa hari lalu, memicu beragam reaksi banyak pihak. Salah satunya, Sandiaga Uno yang turut memberikan komentarnya.

Sandi mengungkapkan, gara-gara nilai rupiah melorot, ukuran tempe menjadi setipis kartu ATM. Menurutnya, pengrajin tempe jadi salah satu yang paling merasakan dampak melemahnya rupiah. Pasalnya, bahan baku tempe, yaitu kedelai selama ini masih impor.

Menanggapi komentar tersebut, Goenawan Mohamad dalam posting-an di Twitternya, mengungkapkan kalau dari zaman Soekarno hingga kini ukuran tempe udah sebesar kartu kredit.

Kok jadi kartu kredit? Bukannya Sandi bilangnya kartu ATM ya? Sastrawan ini juga mengungkapkan, Sandi sebagai multijutawan alias orang kaya yang lebih mengenal kartu kredit.

Lepas dari polemik sastrawan gaek dan pengusaha muda tersebut, rupanya ada kartu kredit yang khusus dipakai orang kaya lho. Saking khususnya, kartu kredit ini disebut-sebut edisinya terbatas alias special edition.

Apa saja kartu kredit untuk orang kaya?

Penasaran dengan kartu kredit yang dikhususkan buat orang yang benar kaya? Dikutip dari CardRates, ini dia ulasannya:

1. JP Morgan Chase Palladium Visa

Begitu melihat langsung kartu kredit ini, kamu pasti bakal menyangka kartu kredit ini milik orang kaya. Wajar aja, soalnya kartu kredit ini menggunakan palladium sebagai pelapisnya.

Sekadar diketahui, palladium adalah sejenis logam berkilau yang belakangan ini dipakai sebagai perhiasan. Logam ini juga sering disebut-sebut mirip emas putih. Nah, palladium yang melekat pada kartu kredit JP Morgan Chase Palladium Visa bernilai Rp12 juta.

JP Morgan cuma mengkhususkan kartu ini bagi nasabah-nasabahnya yang kaya. Annual fee-nya sekitar US$595 atau sekitar Rp8,8 juta. Untungnya punya kartu ini pemilik dibebaskan dari biaya foreign exchange, denda keterlambatan, hingga biaya tarik tunai.

2. Citigroup Chairman Card

Kartu kredit khusus orang kaya berikutnya adalah Citigroup Chairman Card. Kartu ini khusus dibikin buat pemegang rekening broker.

Pengguna kartu kredit berwarna hitam ini mendapat limit kredit (credit limit) hingga US$300 ribu atau sekitar Rp4,4 miliar. Sementara annual fee-nya lebih rendah dari JP Morgan Chase Palladium Visa, yaitu US$500 atau Rp7,4 juta.

Kelebihannya, kartu ini menyediakan fasilitas concierge service selama 24 jam, upgrade perjalanan, akses ke lounge bandara pribadi, dan masih banyak lagi.

3. American Express Centurion Card atau Amex Black Card

Lebih dikenal dengan sebutan Amex Black Card, kartu yang disebut-sebut legendaris ini dijamin bisa meningkatkan prestisemu.

Buat memiliki kartu ini, ada sejumlah syarat yang cuma orang kaya benaran yang bisa memenuhinya.

Syarat pertama, pengeluaran selama setahun sekitar US$250 ribu atau Rp3,7 miliar. Syarat selanjutnya, bayar uang pendaftaran US$5.000 atau Rp74 jutaan dan annual fee sebesar US$2.500 atau Rp37 jutaan.

Untuk memiliki kartu ini, nasabah sebelumnya udah punya kartu American Express Platinum Cards dengan annual fee US$450 atau Rp6,6 juta.

Pastinya kartu ini memberikan beragam keuntungan, terutama buat yang sering bepergian. Misalnya, menginap gratis di hotel tertentu, akses ke banyak klub di bandara, hingga layanan-layanan lainnya.

4. Stratus Rewards Visa

Berbeda dengan American Express Platinum Cards yang dikenal dengan Amex Black Card, Stratus Rewards Visa lebih populer dengan nama Amex White Card.

Untuk mendapatkan kartu kredit khusus untuk orang kaya yang satu ini, calon nasabah mesti menerima undangan terlebih dulu dan pastinya punya nilai kekayaan tinggi.

Annual fee-nya lebih rendah dibandingkan American Express Platinum Cards, yaitu sekitar US$1.500 atau Rp22 jutaan.

Setiap menggunakan kartu ini, nantinya nasabah bakal menerima poin yang menguntungkan nasabah menikmati fasilitas-fasilitas tertentu. Misalnya, memesan penerbangan jet pribadi atau penerbangan charter, dan keuntungan-keuntungan lainnya.

5. Coutts World Silk Card

Ada yang pernah dengan Coutts Bank? Bank ini emang asing kedengarannya. Maklum, bank ini populernya cuma di Inggris. Tapi, ini bukan sembarang bank lho. Bank ini merupakan bank khusus anggota Kerajaan Inggris.

Bank yang satu ini menerbitkan kartu kredit yang cuma bisa dipakai orang-orang kaya, namanya Coutts World Silk Card. Kartu ini hanya bisa dimiliki nasabah yang menerima undangan khusus. Dan nasabah tersebut adalah nasabah yang memiliki uang US$1 juta atau Rp14,8 miliar.

Itu tadi lima kartu kredit yang dibikin khusus buat orang kaya. Bukan kaya bohong-bohongan lho ya, melainkan kaya benaran.

Nah, kalau kamu mau memiliki salah satu kartu kredit tersebut, tentunya harus jadi orang kaya agar bisa memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Tapi, kalau belum punya kartu kredit, kamu bisa memilikinya dengan mengikuti 6 tips ampuh pengajuan credit card supaya disetujui.

Berapa ya cicilan bulanan kartu kreditmu nanti?

Untuk referensi kamu kalau penasaran, berapa ya kira-kira cicilan bulanan kartu kreditmu jika sudah punya nanti? Cari tahu dengan kalkulator bunga flat Lifepal berikut.

Lindungi keuanganmu dengan asuransi

Perlukah orang-orang kaya untuk mendapatkan jaminan keuangan? Tentu saja perlu. Justru bagi mereka yang memiliki banyak harta wajib untuk memilikinya.

Jaminan keuangan ini maksudnya pengelolaan dana yang bertujuan menghindari diri dari kerugian finansial akibat pengeluaran untuk melunasi tagihan yang terlalu mahal.

Misalnya, tagihan berobat di rumah sakit yang mahal atau kerusakan pada tempat usaha karena efek dari kebanjiran atau kebakaran.

Jaminan keuangan ini bisa didapatkan dengan menjadi nasabah asuransi. Produknya bervariatif, tergantung kepada jenis perlindungannya.

Untuk mengatasi biaya rumah sakit yang mahal, kamu bisa manfaatkan asuransi kesehatan.

Untuk perlindungan kerugian atau kerusakan pada aset usaha, kamu bisa manfaatkan asuransi properti.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai produk asuransi sekaligus berkonsultasi untuk mendapatkan tips pengelolaan utang dan kredit, kamu bisa konsultasikan di Tanya Lifepal.

FAQ seputar kartu kredit

Ada 5 pilihan produk kartu kredit untuk kamu yang biasa bertransaksi besar atau umumnya cocok untuk digunakan orang kaya, yaitu:

  1. JP Morgan Chase Palladium Visa
  2. Citigroup Chairman Card
  3. American Express Centurion Card
  4. Stratus Rewards Visa
  5. Coutts World Silk Card
Memiliki kartu kredit akan memberikan beberapa keuntungan, antara lain:

  1. Praktis dan transaksinya bisa dicicil baik di dalam maupun luar negeri
  2. Banyak promo belanja dan rewards, termasuk dapat cicilan dengan bunga 0 persen
  3. Manfaat kartu kredit menjadikan belanja online makin gampang
  4. Tersedia garansi tambahan
  5. Memudahkan penyusunan anggaran pengeluaran
  6. Pembayaran tagihan jadi makin mudah dan siap digunakan saat darurat
  7. Bisa digunakan sebagai syarat pengajuan KTA
Penerapan limit kartu kredit hampir sama dengan plafon sebuah pinjaman tunai, yaitu batas dana yang bisa didapatkan atau digunakan.

Jadi, limit kartu kredit adalah batas dana maksimal yang bisa digunakan untuk bertransaksi.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →