Diingat! Jangan Pernah Pakai Kartu Kredit Saat Liburan, Kenapa?

kartu kredit

kartu kredit

Akhir tahun memang menjadi momen bagi kebanyakan orang menghabiskan dengan liburan. Nah bicara biaya keperluan liburan perlukah menggunakan kartu kredit sebagai penyelamat? 

Kamu pasti udah gak asing lagi dengan ‘kartu sakti’ yang satu ini? Ya kartu kredit memang dianggap bagi orang yang memiliki perilaku konsumtif sebagai penyelamat buat membayar segala keperluan termasuk anggaran liburan. 

Pemegang kartu biasanya bakal terbuai dengan segala bentuk promo demi memuaskan hasrat berlibur. Membayar dengan menggunakan kartu kredit menjadi pilihan jalan keluar buat berlibur, kamu salah satunya? 

Seperti dikutip dari Okezone.com, Minggu, (29/12), sebenarnya menggunakan ‘kartu sakti’ buat momen liburan gak disarankan lho! Hal ini diungkapkan oleh perencanaan keuangan Agustina Fitria. 

Baca juga: Bukan Sembarang Rumus, Begini Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak dan Tepat

Jangan memaksakan liburan dengan menggunakan kartu kredit

kartu kredit
Hayo siapa yang suka pakai kartu ini saat momen liburan? Mau liburan tapi jangan maksa dong!, (Ilustrasi/Shutterstock).

Agustina Fitria mengatakan bahwa gak seharusnya nih momen liburan dipaksakan apalagi dengan memgambil jalan pintas membayar pakai kartu kredit. 

“Pakai uang yang ada saja untuk liburan, dan sebaiknya tidak dipaksakan jika keuangan tidak memadai,” ujar Fitria seperti dikutip dari Okezone.com. 

Agustina menyarankan penggunaan kartu yang mendesak apalagi momen liburan kayak gini, pengguna agar memastikan pembayarannya tepat waktu lho! Dan satu lagi nih, Agustina Fitria sebaiknya gak menggunakan gaji bulanannya buat membayar tagihan kredit. 

“Kalau bayar pakai kredit, kita harus tahu dan pastikan punya uang untuk nanti membayarnya. Dan jangan pakai gaji bulanan. Karena gaji bulanan itu kan sudah ada alokasinya masing-masing,” jelasnya. 

Selain dua poin di atas tadi, sebenarnya masih ada lho yang mesti diperhatikan bagi pengguna. Akan lebih baiknya jika membayar tagihan kredit nantinya dibayarkan secara penuh jangan dicicil alias dengan membayar minimum payment

“Karena dalam pencicilan kartu kredit, harus ada bunga yang akan dibebankan dan patut untuk dipikirkan,” pungkasnya. 

Nah gimana nih kamu yang tengah liburan atau merencanakannya ada baiknya gak menggunakan kartu kredit buat membayar segala akomodasi. Sayang banget kalau kamu harus membayar tagihan dengan uang yang ada. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis