Kartu Kredit untuk Bayar Biaya Rumah Sakit? Boleh-boleh Saja dengan 5 Kartu Ini

Musibah bisa dateng kapan saja tanpa permisi. Kita cuma bisa mengantisipasinya. Salah satu caranya ya dengan menyiapkan kondisi keuangan yang memadai.

Coba seandainya ada sanak keluarga yang tiba-tiba butuh perawatan rumah sakit. Bagus kalau sudah ada perlindungan asuransi atau BPJS Kesehatan. Lha kalau gak ada? Gak kebayang dong.

Kadang biaya rumah sakit bisa melebih kemampuan kantong. Walaupun sudah terkover asuransi, kadang ada biaya excess yang mesti ditanggung. Artinya, kita kudu siap-siap sedia dana yang cukup setiap saat.

Nah, yang masih kurang dipahami masyarakat, ternyata kartu kredit juga bisa dimanfaatkan untuk membayar tagihan rumah sakit loh. Memang gak bisa sembarangan, tapi paling gak kartu kredit bisa membantumu di saat dana tunai gak ada di kantong.

Apa saja sih kartu kredit yang bisa kamu manfaatkan untuk membayar tagihan rumah sakit? Nih 5 kartu kredit yang bisa kamu andalkan.

[Baca: Pembayaran Tagihan Rutin Pakai Kartu Kredit Bikin Pengeluaran Lebih Ringan Apa Sebaliknya?]

1. Standard Chartered Visa Black Platinum

Gak cuma buat belanja atau traveling, kartu kredit Standard Chartered Visa Black Platinum juga bisa digunakan untuk membayar tagihan biaya rumah sakit. Kamu bisa leluasa mengubahnya menjadi cicilan tetap dengan bunga 0% selama 6 bulan.

2. BNI Syariah Hasanah Card Gold

Dengan kartu kredit ini, semua transaksi bebas bunga dan biaya admin jika tagihan dibayar penuh setiap bulan. Semua transaksi juga bisa diubah menjadi cicilan 0% selama 24 bulan.

Kartu kredit dengan prinsip syariah memang belum terlalu populer. Padahal banyak keuntungan yang bisa didapat seperti bebas denda keterlambatan dan gak ada biaya tahunan.

3. Danamon

Kartu kredit dari Bank Danamon memang didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Contohnya saja ada cash back 5% untuk pengisian BBM dan pembayaran tagihan rutin kayak internet, tv kabel, air dan sebagainya.

Kamu bakal mendapat 1 point rewards setiap pembelanjaan Rp 1.000. Dan setiap pembelanjaan bisa kamu ubah menjadi cicilan tetap hingga tenor 36 bulan. Tentu sangat membantu kan buat berjaga-jaga seandainya ada keperluan mendadak.

[Baca: Supaya Nyaman Belanja Tanpa Kena Surcharge Kartu Kredit Kamu Baca Ini Dulu Deh]

 

4. HSBC

Bank dari Hong Kong ini juga memberikan penawaran khusus untuk transaksi di rumah sakit. Setiap tagihan nantinya bisa diubah menjadi cicilan 0% selama 3 bulan.

Dan untuk mendukung gaya hidupmu, kartu kredit HSBC juga punya sederet fitur untuk belanja dan traveling ke luar negeri. Jadi gak rugi deh punya kartu satu ini.

 

5. ANZ Visa Kartu Cicilan

Seperti namanya, kartu keluaran bank asal New Zealand ini bakal jadi sahabat yang baik di kantong. Maklum, kamu bisa mendapatkan fasilitas cicilan 0% selama 3 bulan untuk transaksi di mana saja. Jadi ya gak terbatas untuk belanja atau makan saja. Kalau 3 bulan dirasa masih kurang, kamu juga bisa menikmati cicilan hingga 12 bulan dengan bunga kompetitif.

Lantas berapa gaji minimal untuk mengantongi kartu kredit ini? Cuma Rp 3 juta per bulan loh. So, mengatur keuangan pun makin mudah dengan fitur cicilan tetap.

Kartu kredit memang memudahkan untuk setiap keadaan darurat. Makanya, jaga performa kartu kreditmu jangan sampai jeblok. Jangan sampai overlimit apalagi menunggak tagihan.

[Baca: Cara Menggunakan Kartu Kredit Agar Gak Terjerumus ke Jurang Blacklist BI]

Bakal gak ada artinya dong kalau limit kartu kreditmu sudah mentok dan cuma membayar minimum. Kartu kredit bakal membantumu dengan catatan, kamu juga harus disiplin menggunakannya. So, bijaklah dengan kartu kredit.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →