Agar Karyawan Betah di Perusahaan, Ini 6 Cara Mengapresiasi Kerja Pegawai Kantor yang Tepat!

karyawan

Sebagai seorang pengusaha atau pemimpin perusahaan, kamu perlu mengapresiasi kerja keras karyawan yang selama ini udah berusaha mati-matian. Hal itu bertujuan agar para pegawai merasa dihargai dan betah ngantor di tempat yang kamu pimpin. 

Sayangnya, apresiasi gak selalu didapat oleh semua pegawai kantoran yang ada hari ini. Masih banyak keluhan yang kadang kita dengar karena atasan terlalu cuek dan jarang mengapresiasi hasil kerja keras kita yang udah mencapai target.

Karakteristik pemimpin yang berbagai macam menjadi alasannya. Ada yang sifatnya otokratik atau menginginkan para bawahannya bertindak sesuai dengan keinginannya, ada yang demokratis atau yang suka mendengarkan suara bawahannya, hingga yang transaksional atau yang suka memberi penghargaan kepada pegawainya.

Nah, kalau kamu selama ini sering ditinggal oleh pegawai tanpa alasan yang jelas, ada baiknya untuk menyimak 6 cara mengapresiasi kerja karyawan berikut ini.

Baca juga: Cara Kerja Atasan Kamu Bos atau Pemimpin? Yuk, Cek Kriterianya di Sini

1. Karyawan diberi penghargaan

karyawan
Kasih penghargaan buat yang berprestasi. (Shutterstock)

Mengutip dari Business News Daily, salah satu cara paling ampuh dan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengapresiasi kinerja pegawai di kantor adalah dengan memberikan penghargaan setiap bulannya atau dalam periode tertentu. Hal ini berguna untuk memotivasi mereka agar bisa bekerja dengan lebih baik.

Selain itu, dengan diberikan penghargaan atau sertifikat bisa menjadi bukti untuk pegawai bahwa ia telah bekerja dengan baik dan membuahkan prestasi di sebuah perusahaan. Ini bisa digunakan pegawai ketika mencari pekerjaan yang lebih baik ke depannya.

Rutinitas seperti ini udah sering dilakukan oleh perusahaan besar untuk mencairkan suasana kantor yang cenderung jenuh dan penuh dengan tumpukan kerjaan setiap harinya.

Baca juga: Atasan Sering Lakukan Hal Ini ke Kamu? Itu Artinya Kinerjamu Memuaskan

2. Memposting keceriaan acara kantor bersama karyawan di media sosial

karyawan
Posting kebersamaanmu dengan mereka. (Shutterstock)

Walaupun terdengar sedikit aneh, tapi cara ini bisa membuat suasana kantor menjadi lebih cair dan membuat keberadaan pegawai lebih dihargai. 

Mengenang keceriaan bersama rekan sekantor bisa menjadi hal yang gak bisa terlupakan. Oleh karena itu kamu perlu untuk memposting hal tersebut di media sosial. 

Terdapat beberapa acara yang bisa digunakan seperti momen ulang tahun seseorang, kegiatan outing ataupun perayaan seru lainnya. Kalau perusahaan tempat kamu bekerja gak memiliki akun official, bisa memanfaatkan akun pribadi.

Baca juga: Tanyakan 7 Hal Ini ke Dirimu Sebelum Minta Naik Gaji Sama Atasan

3. Mentraktir makanan orang sekantor

karyawan
Sekali-sekali traktir boleh juga kok. (Shutterstock)

Momen makan-makan sama teman sekantor bisa menjadi jurus ampuh yang membuat pegawai semakin betah kerja di kantor kamu. Selain bisa mencairkan suasana jenuh, makan-makan juga bisa menambah keakraban antara individu satu dengan yang lain.

Hal ini bisa berdampak pada produktivitas kerja yang lebih meningkat ke depannya. Jadi, jangan pelit-pelit untuk sering mentraktir pegawai, apalagi ketika target yang ditentukan udah tercapai.

Gak perlu yang mahal-mahal, makanan kaki lima yang murah meriah bisa menjadi hal yang sangat berdampak positif kok.

4. Memberikan pujian secara langsung

karyawan
Kasih pujian. (Shutterstock)

Keempat, kamu bisa mengapresiasi kinerja pegawai di kantor dengan cara memberikan pujian secara langsung bila ia memang memberikan dampak yang positif terhadap lingkungan kantor ataupun mencapai target yang udah ditentukan. 

Kalimat paling umum dan berdampak besar kepada karyawan yang bisa kamu coba utarakan adalah “kamu melakukan tugas dengan baik!” Walau terdengar sederhana, kalimat tersebut bisa menjadi motivasi untuk melakukan kinerja yang lebih baik.

Intinya, jangan pelit-pelit untuk memuji ketika memang bawahan kamu melakukan hal yang benar ataupun membanggakan.

5. Coba memberi tantangan atau posisi baru

karyawan
Kasih tantangan. (Shutterstock)

Selanjutnya, kamu bisa memberi karyawan kamu dengan tantangan baru atau jabatan baru yang menantang. Dengan begitu kamu juga bisa melihat sebesar apa ia pengin untuk berkembang dan menunjukan kemampuan sebenarnya kepada pihak perusahaan.

Tapi sayangnya, upaya seperti ini gak selalu berhasil karena setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Ada yang suka dengan hal baru atau ada juga yang lebih memilih di tempat yang sama karena takut keluar dari comfort zone.

6. Menanyakan pendapat kepada karyawan

karyawan
Tanyakan pendapat mereka. (Shutterstock)

Dalam menjalankan proyek yang baru, pastinya kamu menghadapi tantangan yang berbeda-beda setiap harinya. Oleh karena itu, diperlukan sesi diskusi terbuka antar-departemen ataupun secara internal aja.

Selain bisa membantu memecahkan masalah yang ada, menanyakan pendapat kepada pegawai juga secara gak langsung artinya memberikan perhatian lebih kepadanya. Hal ini membuat keberadaannya diakui oleh diri kamu sendiri dan perusahaan.

Nah itulah 6 cara mengapresiasi karyawan di kantor agar menjadi lebih betah dan semangat bekerja. Dari keenam tips tersebut mana nih yang pernah kamu terapkan? (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →