Beli Rumah Mewah? Kastil Tua Ini Lebih Murah dari Hunian Nenek Raffi Ahmad

kastil tua

Punya rumah mewah udah biasa, gimana kalau punya kastil tua saja? Emangnya ada gitu kastil yang dijual? Jangan salah, ada lho deretan kastil yang dijual dan harganya lebih murah ketimbang rumah selebriti di Indonesia.

Jawabannya ya jelas saja ada, tapi tentunya gak di Indonesia. Kamu mesti simak nih artikel yang udah dirangkum oleh MoneySmart.id hari ini. 

Ada pepatah dari Inggris mengatakan bahwa, “Rumah seorang warga Inggris adalah sebuah kastil.” Buat beberapa orang Inggris tentu saja ada benarnya. Lantas gimana kalau orang Indonesia punya kastil? Apakah dia layak dipanggil ‘sultan’? 

Berikut ini adalah deretan kastil tua di dunia yang emang dijual buat publik. Yuk, cari tahu berapa harganya. 

1. Schaloen Castle

kastil tua
Schaloen Castle salah satu bangunan yang kini tengah dijual dengan harga mencapai puluhan miliar rupiah, (therichestimages.com).

Kastil tua yang satu ini letaknya ada di Belanda dan udah dibangun sejak abad ke-14. Kastil ini sekaligus merupakan rumah dari Pangeran Louis dari Nassau. 

Schaleon Castle ini emang sempat dihancurkan pada tahun 1650 oleh pasukan Spanyol. Namun akhirnya direnovasi kembali dan wujudnya kini makin indah dan sangat klasik banget lho.

Bangunan seluas 22 ribu km persegi ini dilego di angka US$ 6,6 juta atau setara dengan Rp 93 miliar. 

Kabarnya kastil ini sekarang juga disewakan layaknya hotel lho. Jadi kalau memang belum punya uang buat membelinya, kamu bisa menginap di sini saat jalan-jalan ke Belanda.

Baca juga: Lepas Status Janda, Eks Istri Tommy Kurniawan Gelar Prosesi Pernikahan Supermewah!

2. Gilford Castle Estate

kastil tua
Gilford Castle Estate dijual kisaran Rp 39 miliaran, (therichestimages.com).

Gilford Castle terletak di Irlandia dan dibangun pada tahun 1865 silam. Desain bangunannya memang mengadopsi bangunan kuno di Skotlandia dan luas wilayahnya mencapai 28 hektare!

Yang asyik dari kastil tua ini adalah bangunannya yang dikelilingi pepohonan rimbun dan pemandangannya ciamik banget. Lokasinya juga jauh dari perkotaan, kesan desa dan asri terasa banget nih kalau kamu tingga di sini. Harga kasti ini ditaksir mencapai US$ 2,8 juta atau Rp 39 miliar.

Baca juga: Rumah Mewah Camila Cabello Rp 53 M, Begini Penampakannya!

3. Koblenz Castle

kastil tua
Koblenz Castle dijual puluhan miliar rupiah, (therichestimages.com).

Ingin tinggal di salah satu warisan dunia yang dinobatkan oleh UNESCO? Beli saja kastil tua ini. 

Kastil yang terletak di Koblenz, Jerman dan dibangun pada abad ke-19. Tentu aja, kastil ini udah menjalani proses renovasi berulangkali karena usianya yang cukup tua.

Bangunan seluas 900 meter persegi ini dibanderol US$ 4,2 juta atau Rp 59 miliar.

4. Vroenhoven Castle

kastil tua
Vroenhoven Castle bentuknya megah dan terlihat klasik banget, udah gitu dijual puluhan miliar rupiah, (therichestimages.com).

Belgia tentunya jadi salah satu negara di mana terdapat kastil-kastil bersejarah yang bisa dibeli. Salah satunya ya ini, Kastil Vroenhoven terletak di Kortenaken. Kastil ini terbilang tua banget dan klasik nih.

Kastil ini punya sembilan kamar tidur, dua kandang hewan ternak dan sebuah guesthouse. Luas tanahnya mencapai 71 hektare lho. Dan harganya US$ 4,3 juta atau Rp 60 miliaran.

Itulah empat kastil tua di dunia yang bisa kamu beli sekarang juga. Kalau bicara soal harganya, bisa dibilang masih banyak rumah di Indonesia yang lebih mahal dari kastil ini.

Rumah neneknya Raffi Ahmad saja sempat dibilang Rp 100 miliar. Kalau kastil-kastil bersejarah ini aja harganya cuma puluhan miliar rupiah. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →